Home » Wisata » Tujuan Wisata » Goa Cerme, Objek Wisata Goa di Yogyakarta
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Goa Cerme, Objek Wisata Goa di Yogyakarta

Sunday, August 26th 2012. | Tujuan Wisata

CafeBerita.com – Sekali lagi, kota gudeg ini menyimpan wisata goa yang luar biasa bernama Goa Cerme. Goa ini disebut-sebut adalah goa dimana para WaliSongo saling berdiskusi untuk penyebaran agama Islam di pulau Jawa ini. Apa saja keunikan goa ini?


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Goa Cerme Yogyakarta
Terletak di Kecamatan Imogiri kurang lebih 20 kilometer dari Yogyakarta, Goa Cerme memiliki panjang sekitar 1,2 kilometer. Karena terletak di atas perbukitan, anda akan menghadapai rute menanjak dan berkelok. Siapkan kendaraan anda sebaik mungkin, karena rute yang akan dihadapi cukup membutuhkan keahlian berkendara dan kendaraan yang prima. Tips dari kami, siapkan beberapa peralatan dan kebutuhan ini sebelum anda berangkat. Siapkan senter, lilin, atau penerangan lain karena goa sangat gelap. Siapkan helm pengaman, baju ganti dan sepatu boot karena anda akan berbasah-basahan selama penelusuran goa. Siapkan makanan kecil seperti roti untuk dimakan dalam perjalanan. Terakhir siapkan pula kantong plastik untuk tempat melindungi barang elektronik serta tempat sampah anda. Sepanjang perjalanan anda akan merasakan segarnya sensasi suasana perbukitan hijau yang masih asri.

Sesampainya di objek wisata Goa Cerme, anda dapat memarkirkan kendaraan anda di area parkir yang teduh. Selanjutnya anda menuju pos registrasi dan membayar uang retribusi sebesar Rp. 2.500 per kepala dan menyewa jasa pemandu sekitar Rp. 30.000. Untuk mencapai mulut goa anda harus naik turun anak tangga. Sesampainya di mulut goa cerme stalagtit dan stalagmit akan menyambut anda dan penjelajahan goa pun dimulai. Lantai goa digenangi air jernih dari sumber mata air didalam goa. Semakin masuk kedalam goa, maka air akan semakin tinggi. Pemandu mengatakan kedalaman air bisa mencapai 1 meter. Berhati-hatilah dalam melangkah karena beberapa batu didalam air bisa menghalangi langkah anda.

Didalam goa cerme, stalagtit dan stalagmit tampak berkilau-kilauan terkena cahaya senter atau lilin kita. Sangat indah sekali. Sampailah kita di batu panggung. Batu putih besar yang melintang ditengah gua ini memang seolah membentuk panggung dan kita bisa naik diatasnya. Beberapa stalagtit dan stalagmit membentuk tirai-tirai yang memantulkan cahaya biru saat diterangi sinar. Samar-samar anda akan mendengar deru air mengalir cukup deras dari kejauhan.  Pemandu mengatakan bahwa air terjun mini ini bernama grojokan sewu (seribu curahan air). Cukup deras memang tapi anda masih bisa menjangkaunya dengan melewati sisi kanan dari grojokan ini. Ada titik dalam gua dimana kita harus jalan jongkok dan bergantian untuk memasukinya karena cukup sempit. Tak jarang kita harus menyelam jika air sedang tinggi. Diujung perjalanan menjelajahi goa cerme beberapa pipa tampak mengalirkan air ke luar dan perjalanan selesai dengan anak tangga menuju pintu keluar goa. Sungguh pengalaman yang menarik.


Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Goa Cerme, Objek Wisata Goa di Yogyakarta

Grosir Online Murah