Home » Wisata » Tujuan Wisata » Goa Putri – Baturaja – Sumatera Selatan
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Goa Putri – Baturaja – Sumatera Selatan

Sunday, July 1st 2012. | Tujuan Wisata

CafeBerita.com – Lagi-lagi sebuah goa yang eksotis datang dari Sumatera Selatan. Goa itu adalah Goa Putri yang terletak di Baturaja. Sekali lagi, pemerintah tampaknya kurang memperhatikan dan mengolah potensi wisata Goa Putri ini sehingga masih minim fasilitas standar objek wisata. Lantas apa keunikan goa ini?


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Goa Putri Sumatra Selatan
Terletak di jalur utama lintas Sumatera yang menghubungkan Baturaja dengan Muara Enim ini menyajikan keindahan alam yang luar biasa. Jangan ragu bertanya, karena penduduk sekitar menyadari bahwa Goa Putri memang menjadi salah satu tujuan wisata daerahnya. Sebelum memasuki area wisata kita akan disambut dengan Sungai Ogan dan harus menyebranginya dengan jembatan besi. Dari atas jembatan anda bisa melihat penduduk beraktifitas sehari-hari di Sungai Ogan ini. Anda akan menemukan sebuah batu menyerupai sosok tubuh manusia. Lantas apa hubungannya batu itu dengan goa putri ini.

Legenda masyarakat sekitar mengisahkan seorang putri raja bernama Putri Balian yang sedang mandi di Sungai Ogan. Kebetulan, pendekar sakti bernama Serunting Sakti melintas. Serunting lantas menyapa sang putri beberapa kali namun Putri Balian acuh tak acuh. Lalu Serunting Sakti menyindir “ Sombong benar putri ini, diam saja seperti batu”. Setelah mengucap itu, ia meninggalkan putri tersebut yang tiba2 tubuhnya membatu dan teronggok ditepian Sungai Ogan. Berjalanlah Serunting Sakti menuju desa di depannya. Namun sepi sunyi. Ia pun berucap, “Katanya desa, tapi tidak ada orangnya. Seperti goa saja” lalu melangkah pergi. Sejenak kemudian jadilah desa itu menjadi Goa Putri sekarang ini.

Memasuki Goa Putri kita ditarik biaya sekitar Rp. 5.000. Keadaan dalam goa cukup gelap, meskipun ada penerangan disana sini tapi kurang bisa menjangkau kegelapan dalam goa. Goa Putri cukup lebar dan nyaman untuk ditelusuri. Tinggi goa mencapai 3 hingga 4 meter. Goa Putri adalah goa buntu, jadi anda harus kembali melalui pintu masuk. Sepanjang perjalanan anda harus hati-hati karena jalanan goa licin. Beberapa kelelawar juga menyambut anda dari atas. Ditengah perut goa anda akan disuguhi indahnya stalagtit dan stalagmit yang seolah tumbuhan yang tumbuh dari atas dan bawah. Umur goa ini diperkirakan sekitar 350 tahun. Dibagian dalam terdapat sungai. Konon ini adalah sungai tempat mandi putri-putri kerajaan dan memiliki khasiat ajaib. Khasiat itu seperti mengobati sakit , enteng jodoh dan awet muda. Sempatkan diri anda untuk mencoba segarnya air sungai yang terdapat ditengah-tengah Goa Putri ini. Beberapa arkeolog menemukan bukti kehidupan prasejarah didalam goa. Beberapa tembikar, kapak batu dan benda prasejarah ditemukan disini. Milik manusia purba atau penduduk desa yang dikutuk? Sampai saat ini hal tersebut masih menjadi misteri Goa Putri.


Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Goa Putri – Baturaja – Sumatera Selatan

Grosir Online Murah