Home » Wisata » Tujuan Wisata » Goa Akbar Tuban : Goa Ditengah Peradaban
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Goa Akbar Tuban : Goa Ditengah Peradaban

Sunday, June 17th 2012. | Tujuan Wisata

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Saat terlintas kata “Goa” pikiran kita akan ditujukan pada sebuah daerah terpencil suatu kota, mendaki bukit, ditutupi rimbunnya pohon dan lebatnya hutan. Benar bukan? Namun semua itu tidak berlaku pada Goa Akbar di Kota Tuban, Jawa Timur. Goa ini terletak ditengah kota. Semua skeptis tentang letak goa terpatahkan di goa ini.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Goa Akbar Tuban : Goa Ditengah Peradaban

Goa Akbar terletak hanya sekitar 1 kilometer dari alun-alun utama Kota Tuban. Anda tidak perlu bingung untuk mencarinya di peta. Anda cukup meminta supir menuju Pasar Baru Tuban dan anda akan menemukan papan nama Goa Akbar ini.

Harga tiket masuk hanya Rp. 2.000 saja. Pemerintah Tuban telah melakukan renovasi dan perawatan agar Goa Akbar Tuban bisa dijelajahi dengan aman dan nyaman. Terdapat rute penelurusan yang disertai dengan pegangan tangan dari besi dan penerangan lampu yang diletakan secara strategis membuat perjalanan kita menembus goa sedalam 1.100 meter ini nyaman. Goa yang terkesan pengap, gelap dan penuh kelelawar tidak kita temukan di Goa Akbar.

Sebelum memasuki area goa, kita disambut dengan relief-relief di dinding yang menceritakan sejarah perkembangan dari Kota Tuban. Memasuki area Goa, pemandangan luar biasa. Stalaktit dan stalagmit yang sesekali menitikan air bening menyapa kita ditengah perjalanan. Beberapa peneliti menyebutkan umur Goa sudah lebih dari 20 juta tahun. Beberapa kali kelelawar kabur saat anda dan rombongan memasuki area goa. Seorang pemandu wisata yang ramah dan cakap dalam menerangkan sejarah goa akan memandu anda dan menerangkan sejarah goa ini. Ada fakta yang unik yaitu ternyata sebelum dikelola sebagai goa, Goa Akbar ini hanya dijadikan lubang tempat masyarakat membuang sampah hingga akhirnya dikelola pemerintah setempat. Siapa sangka lubang sampah menjadi potensi wisata yang luar biasa Kota Tuban. Titik ventilasi yang diatur dengan apik membuat udara segar masuk dan bertukar dengan udara kotor membuat kondisi dalam gua tidak pengap. Sampailah anda dalam sebuah lokasi yang dipercaya sebagai tempat pertapaan dari Sunan Kalijaga dan Sunan Bonang. Pemandu mengatakan lokasi itu disebut Pasepen Koro Sinandhi. Didalam goa ada beberapa sumber air dan sendang yang masih aktif mengalir. Bahkan beberapa sendang terdapat ikan-ikan kecil yang berenang bebas. Di beberapa sumber air pengunjung boleh langsung menikmati kesegarannya. Ada pula yang memasukannya kedalam botol-botol kecil sebagai buah tangan mereka. Setelah puas menikmati indahnya Goa Akbar anda bisa berkunjung ke Pasara Baru yang letaknya diatas Goa Akbar. Anda bisa berbelanja suvernir atau mencicipi makanan khas Tuban seperti Serabi dan Keripik Gayam.

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Goa Akbar Tuban : Goa Ditengah Peradaban

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya