Home » Wisata » Kuliner » Aneka Macam Resep Sate Bakar
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Aneka Macam Resep Sate Bakar

Wednesday, October 17th 2012. | Kuliner

CafeBerita.com – Sate adalah salah satu jenis masakan atau makanan yang sangat populer di Indonesia. Karena itu di negara ini banyak aneka macam resep sate bakar dengan bermacam teknik pembuatan sate. Masing-masing punya cita rasa serta nilai kelezatan tersendiri. Misalnya saja sate kambing dari pulau Madura yang rasanya pedas tapi ada kecutnya. Bahan yang digunakan adalah daging kambing yang masih segar dan dipotong kecil-kecil.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Resep Sate Bakar

Ada beberapa resep sate bakar dengan bumbu yang terdiri dari kecap dan jeruk limau. Sedangkan untuk sambalnya terbuat dari kacang tanah yang diberi bawang putih dan merah, cabe merah, garam dan kecap manis. Masakan khas ini akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan lontong yang diiris tipis-tipis dan satenya diberi tetesan jeruk limau.

Daging ayam juga sering digunakan untuk membuat sate. Meski ukurannya lebih kecil dibanding dengan daging kambing, namun rasanya tidak kalah nikmat. Salah satu resep yang mudah untuk dilakukan adalah yang memakai bumbu dari kecap manis dan minyak goreng saja. Kedua bahan ini dicampur dengan air lalu dipakai untuk merendam sate sebelum dibakar.

Sedangkan untuk sambalnya dibuat dari kacang tanah yang digoreng kemudian dihaluskan dan diberi beberapa jenis bumbu. Pembuatan bumbu ini menggunakan cabe merah dan keriting yang direbus lalu dihaluskan, kemiri, gula merah, garam dan air secukupnya. Ketika sudah matang dan sambalnya sudah siap, sate ini bisa dimakan dengan lontong. Jika ingin rasanya lebih lezat, bisa diberi tambahan bawang yang masih mentah diiris tipis-tipis dan ditaburkan di atas sambal.

Meski jarang digunakan, namun daging sapi juga bisa diolah menjadi sate dan rasanya juga tidak kalah nikmat dengan sate ayam atau kambing. Bahan yang dibutuhkan adalah bawang merah dan putih, lengkuas yang diparut, asam dan gula Jawa, ketumbar, garam, merica serta air untuk mencampur adonan bumbu tersebut. Untuk sambalnya dapat memakai sambal yang digunakan sate ayam atau sate kambing. Tinggal komposisinya agak dibesarkan karena daging sapi juga punya ukuran yang lebih besar.

Untuk teknik pembakarannya, sebaiknya menggunakan arang. Meski saat ini banyak kompor gas yang bisa dipakai untuk membakar sate, tapi rasanya tetap lebih lezat dan nikmat jika memakai arang yang ditaruh pada anglo tradisional. Karena arang tidak mengandung minyak sama sekali, sehingga aroma daging tidak tercemar.

Selain itu, resep sate bakar agar dagingnya bisa empuk dan matang hingga bagian dalam ketika dibakar nyala bara harus dibuat agar tidak terlalu besar. Bara yang terlalu besar bisa membuat daging menjadi cepat hangus dan bagian proses pematangannya tidak merata.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

sate bakar, resep aneka sate, foto bakar sate kambing, resep sate, bakar sate kambing, aneka macam sate, bakar sate sapi, gambar sate bakar, resep daging panggang, bakar sate

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Aneka Macam Resep Sate Bakar

Grosir Online Murah