Home » Wisata » Kuliner » Gulai Itiak Lado Mudo – Kuliner Khas Daerah Sumatra Barat
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Gulai Itiak Lado Mudo – Kuliner Khas Daerah Sumatra Barat

Sunday, August 26th 2012. | Kuliner

CafeBerita.com – Anda penggemar bebek? Jika iya maka anda harus mencoba salah satu kuliner khas daerah Sumatra Barat. Nama kerennya Gulai Itiak Lado Mudo. Secara fakta, bebek adalah salah satu jenis daging yang cukup susah dimasak. Salah cara masak, maka bebek akan berasa amis, anyir dan tidak sedap. Tekstur dagingnya cukup alot. Maka untuk mengolah bebek menjadi masakan yang enak dan digemari masyarakat bukan hal mudah. Namun hal ini ditampik oleh pemilik Warung Gulai Itiak Lado Mudo asal Bukittinggi ini. Mereka telah berpuluh tahun mengolah itiak, sebutan bebek di daerah Bukittinggi, menjadi sebuah kuliner enak dan digemari lidah Sumatra.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Gulai Itiak Lado Mudo

Warung Gulai Itiak Lado Mudo terletak berdekatan dengan lokasi wisata Ngarai Sianok. Jika anda bertolak dari Kota Bukittinggi Sumatra Barat, kurang lebih 3 km atau 15 menit perjalanan motor, anda sudah sampai di warung ini. Berdiri sejak tahun 1960, resep turun temurun Gulai Itiak Lado Mudo tetap terjaga kelezatannya. Pemilihan lokasinya yang berdekatan dengan Ngarai Sianok merupakan poin plus untuk warung ini karena setelah puas berjalan-jalan memandang indah dan agungnya Ngarai Sianok memang paling enak berwisata kuliner, nah si Gulai Itiak Lado Mudo inilah salah satu target pelampiasannya. Warung ini meskipun sangat terkenal di daerah Bukit tinggi tetap tampil sederhana. Sebuah rumah dialih fungsikan menjadi warung yang tak pernah sepi tiap harinya. Pemilik menuturkan hampir 30 ekor itiak diolah menjadi Gulai Itiak Lado Mudo. Tidak hanya itu, olahan lain seperti Bebek Goreng dan Tunjang juga menjadi favorit.

Gulai Itiak Lado Mudo terbuat dari bebek muda yang dipotong dan dibersihkan dari bulu, kotoran dan isi perutnya. Selanjutnya bebek tersebut digodok bersama bumbu halus yang terbuat dari bawang merah dan putih, lengkuas dan kunyit. Tak lupa cabai hijau. Daging Bebek digodok sehari semalam hingga semua bumbu meresap. Bau amis juga akan hilang dengan cara ini. Selanjutnya tinggal menyajikannya dengan lumuran cabai hijau segar diatasnya.

Pedas banget, itulah kesan pertama yang bisa diungkapkan saat lidah ini mengicip daging Gulai Itiak Lado Mudo. Namun pedasnya ini justru yang membuat ketagihan. Daging bebeknya tak lagi alot dan berubah jadi empuk dan pedas tentunya. Untuk menawarkan dengan rasa manis gurih, Tunjang yang berupa tongsengan sapi gurih siap menemani anda. Bebek goreng lengkap dengan lalapan dan sambal juga mantap. Gulai Itiak Lado Mudo dijual per ekor dan dihargai Rp. 50.000/ekor. Bagi anda yang ingin membawa pulang ada paket beku yang tahan hingga 6 bulan tanpa berkurang kelezatannya. Pemandangan Ngarai Sianok yang indah ditambah lezatnya Gulai Itiak Lado Mudo, Sempurna!

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

resep itik sambal ijo bukit tinggi, bumbu bebek sambal ijo khas bukittinggi, itiak lado ijau bukittinggi, resep bumbu bebek sambal ijo khas bukittinggi, resep itik lado hijau bukit tinggi

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Gulai Itiak Lado Mudo – Kuliner Khas Daerah Sumatra Barat

Grosir Online Murah