Home » Wisata » Kuliner » Bandeng Lumpur, Wisata Kuliner di Brebes
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Bandeng Lumpur, Wisata Kuliner di Brebes

Saturday, August 25th 2012. | Kuliner

Tips Agar Cepat Hamil

Bandeng Lumpur Brebes Jawa TengahCafeBerita.com – Jika berada di daerah jalur Pantura (Pantai Utara) salah satu makanan kuliner bertema ikan. Baik ikan laut atau ikan tawar hasil budidaya warga setempat. Salah satunya ada di daerah Brebes Jawa Tengah. Sebuah kafe bernama Kafe Gusti cukup terkenal di Brebes karena olahan seafood yang dimilikinya. Salah satu yang terkenal dan khas adalah Bandeng Lumpur.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Bandeng Lumpur? Beberapa akan heran dengan nama kuliner ini. Karena ada kata “lumpur” yang notabene tanah basah becek yang berwarna  coklat kehitaman. Memang lumpur digunakan untuk mengolah ikan Bandeng ini. Tapi tenang, yang jelas bukan sembarang lumpur yang digunakan. Kafe Gusti ini terletak di daerah Wisata Pantai Randusanga. Setelah puas bermain dan berenang di Pantai Randusanga, sempatkan mencicipi Bandeng Lumpur ini. Pemilik warung ini, pak Slamet mengungkapkan bahwa resep ini sudah turun temurun dan hanya dia yang bisa membuat Bandeng Lumpur ini. Menjaga kualitas rasa ungkapnya.

Varian masakan Bandeng disediakan di kafe yang full music ini. Ada Bandeng Pepes Lumpur, ada Bandeng Bakar Lumpur tanpa Jeroan,  Bandeng Bakar Lumpur Original (dengan jeroan) atau Bandeng Bakar/Pepes lumpur tanpa duri. Slamet mengatakan bahwa Bandeng Bakar Lumpur Original ini cukup populer, karena memiliki cita rasa gurih dengan kandungan lemak ikan yang lebih banyak. Lumpur yang digunakan diambil dari tambak dimana ikan Bandeng dibudidayakan. Fungsi lumpur dalam proses pembakaran untuk membungkus ikan Bandeng agar tak terkena langsung dengan api. Selain itu, dipercaya juga bahwa lumpur akan tetap menjaga rasa khas bandeng namun mengurangi rasa amis yang dihasilkan. Secara umum cara masak Bandeng Lumpur adalah Bandeng dilumuri lumpur sampai rata lalu dibakar diatas bara api. Untuk yang ingin berbumbu, maka sebelum dilumurin lumpur dibumbui dulu. Untuk Pepes, Bandeng dibumbui dulu, ditutup daun pisang, dikukus sampai hampir matang baru dilumuri lumpur dan dibakar. Secara tampilan memang kurang menarik, karena lumpur akan menghitam setelah dibakar. Namun sekarang saatnya icip-icip.

Setelah dihidangkan, pertama kita harus melepaskan lumpur gosong . Setelah lumpur dilepas, maka aroma Bandeng langsung menyeruak dan menggoda selera. Untuk Bandeng Original yang tanpa bumbu, rasa gurih khas akan langsung terasa di lidah. Sedang untuk pepes dan Bandeng bakar tanpa jerohan, bumbu-bumbu rempah lebih terasa dan meresap hingga ke daging. Sambil sesekali dicocol ke sambel spesial pasti akan membuat anda ketagihan. Selain Bandeng Bakar ada pula menu lain seperti Kepiting Bakar Asap atau Udang Galah Bakar Madu. Semua menu dihitung dari berat ikan yang digunakan, siapkan Rp. 30.000 – Rp. 70.000 untuk menikmati sajian seafood terutama sajian Bandeng Lumpur di Kafe Gusti ini. Wajib dicoba!

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

resep bandeng lumpur, Lele bakar lumpur brebes, alamat ikan bandeng bakar di brebes jateng, bandeng bakar lumpur, bandeng lumpur, peta kuliner brebes/

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Bandeng Lumpur, Wisata Kuliner di Brebes

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya