Home » Wisata » Kuliner » Ayam Panggang Mbok Tiyem Wonogiri
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Ayam Panggang Mbok Tiyem Wonogiri

Wednesday, August 22nd 2012. | Kuliner

CafeBerita.com – Berjalan-jalan ke kota Wonogiri rasanya kurang afdol kalau tidak mencoba berbagai kuliner yang ditawarkan disini. Selain nasi tiwul atau mie ayam dan bakso Wonogiri yang sudah terkenal di pulau Jawa, ada beberapa kuliner yang terkenal di daerah Wonogiri dan sekitarnya. Salah satunya adalah Ayam Panggang Mbok Tiyem Wonogiri.  Lalu apa keistimewaan Ayam Panggang Mbok Tiyem asal Wonogiri ini?


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Ayam Panggang Mbok Tiyem

Sebelum mengintip dapur Mbok Tiyem, anda perlu tahu bahwa Rumah Makan Mbok Tiyem ini banyak dipalsukan di Wonogiri. RM Ayam Panggang Mbok Tiyem hanya ada 3 cabang. Pertama RM 1 terletak di lap Sambi Jatisrono bagian barat. RM 2 terletak di masjid Sambi Jatisrono sebelah timur. Sedang RM 3 terletak di daerah Kepuh, Sukoharjo. Mengapa saya perlu memberitahu hal ini? Karena banyak sekali Rumah Makan yang mengaku sebagai RM Ayam Panggang Mbok Tiyem yang dikelola oleh cucu beliau. Dalam hal ini banyak yang menegaskan bahwa pemilik dari RM Ayam Panggang Mbok Tiyem belum memiliki cucu. Anda jelas tidak ingin tertipu bukan?

Kembali ke dapur Mbok Tiyem untuk menyibak apa sebenarnya yang membedakan Ayam Panggang Mbok Tiyem ini dengan warung ayam panggang lainnya. Menurut juru masaknya, kunci kelezatan Ayam Panggang Mbok Tiyem ini adalah cara memasaknya. Ayam yang dipilih adalah ayam kampung. Ada dua cara pemasakan. Pertama adalah ayam kampung mentah dimasukan dalam sebuah kuali sedang terbuat dari tanah liat. Lantas kuali tersebut dibakar dengan api yang berasal dari kayu bakar. Setelah setengah matang, ayam ditusuk-tusuk lalu dicelupkan bumbu rahasia. Setelah rata, ayam kembali masuk kuali untuk dibakar. Jadi ayam tidak tersentuh langsung dengan api. Cara kedua, ayam dipanggang setengah matang diatas bara api. Lalu ayam dimasukan kedalam baskok yang sudah berisi bumbu rahasia dan dipanggang lagi selama 15 menit. Satu porsi Ayam Panggang Mbok Tiyem dihargai Rp. 45.000 / ekor. Ditambah nasi, lalapan dan sambal seharga Rp. 17.000 saja. Saatnya icip-icip.

Aroma ayam panggang menyerebak ke seluruh area makan saat ayam panggang datang. Disertai lalapan dari daun pepaya dan sambal terasi yang terasinya didatangkan langsung dari Tuban. Saat mencoba ayamnya, bumbunya meresap hingga kedaging dan tetap menyisakan sensasi ulet khas ayam kampung. Sesekali dicocol dengan sambal yang disebut sambal setan yang super pedas, makin membuat lidah ini ketagihan. Lalapan daun pepaya bertabur sambal kelapa manis memberi rasa pait manis yang enak. Ditutup dengan segarnya es jeruk atau es teh pasti membuat makan siang anda kali ini berbeda dengan yang biasanya. Anda wajib mencoba Ayam Panggang Mbok Tiyem jika berada di Wonogiri. MANTAP!

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

resep ayam panggang wonogiri, resep ayam bakar mbok tiyem, ayam panggang mbok tiyem, resep ayam panggang mbok tiyem, resep ayam panggang jatisrono, resep ayam panggang kuali, ayam panggang mbok tiyem wonogiri, ayam panggang kuali, rahasia ayam panggang mbok tiyem, resep ayam panggang wonogir/

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Ayam Panggang Mbok Tiyem Wonogiri

Grosir Online Murah