Home » Wisata » Kuliner » Sate Kerbau Kudus, Mencicipi Kuliner Khas Kudus
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Sate Kerbau Kudus, Mencicipi Kuliner Khas Kudus

Wednesday, August 15th 2012. | Kuliner

CafeBerita.com – Sate apa saja yang pernah anda cicipi? Sate ayam, kambing, atau sapi? Sudah biasa, bagaimana dengan Sate Kerbau? Jika anda orang Kudus pasti sudah tidak aneh, tapi bagi anda yang terbiasa dengan 3 varian sate diatas pasti penasaran seperti apa rasanya kuliner sate yang terbuat dari daging kerbau. Kerbau, hewan mirip sapi yang memiliki kulit berwarna coklat kehitaman karena sering berendam di lumpur. Ih, bagaimana rasanya jika dikonsumsi? Apakah akan ada rasa lumpurnya? Mari kita coba berkunjung ke Kudus, tempat sate ini berada.
Sate Kerbau Kudus


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Pemilihan daging kerbau yang dijadikan sate bukan tanpa alasan. Dahulu, sebelum agama Islam masuk ke Kudus, kebanyakan penduduknya beragama Hindu. Nah, di Hindu, sapi adalah hewan yang suci dan dikeramatkan karena menjadi salah satu tunggangan dewa di agama Hindu. Saat Islam datang yang dibawa oleh Sunan Kudus, untuk menghormati penduduk sekitar, maka penggunaan sapi diganti dengan penggunaan kerabatnya, yaitu Kerbau. Berbagai olahan sapi akan jarang anda temui disini. Bahkan Idul Adha saja, penyembelihan sapi diganti dengan Kerbau. Nah itulah awal ceritanya mengapa kerbau dijadikan bahan sate di kota ini.

Warung yang cukup terkenal berada di Jalan Tanjung. Pengolahan Sate Kerbau juga tidak sembarangan dan berbeda dari mengolah sate sapi atau kambing. Misal cara memotong daging yang harus berlawanan arah dengan arah serat daging. Lalu untuk mengolahnya juga unik. Jika sate biasa yaitu daging mentah, ditusuk tusukan sate lalu dibakar, sate kerbau berbeda. Daging mentah kerbau dipukul-pukul sampai pipih baru dililitkan ke tusuk sate, bukan ditusukan. Sate lalu dilumuri bumbu dan dibakar seperti sate biasa. Setelah sate siap, sate dihidangkan dengan bumbu kacang. Eits, tunggu dulu, bumbu kacang di Sate Kerbau ini encer dan bertekstur. Berbeda dengan bumbu-bumbu sate ayam atau kambing. Bumbu kacang encer ini terdiri dari kacang tanah, bawang merah dan putih, serundeng (parutan kelapa goreng) serta kentang yang dihaluskan. Tekstur kentang inilah yang menjadi keunikan rasa saus kacang ini. Saatnya menikmati Sate Kerbau.

Secara fisik, daging sate kerbau mirip sapi. Hanya saja seratnya lebih besar. Saat mengigitnya tekstur kerbau yang sedikit keras dan alot akan terasa. Namun tenang, masih cukup empuk kok. Sambal kacangnya yang spesial memberi rasa manis, gurih dan renyah pada sate kerbau ini. Kurang pedas, cabe rawit yang telah direbus siap memanjakan lidah anda. Segelas teh tawar hangat akan menutup sajian ini dengan sempurna. Menurut penelitian, kolesterol daging kerbau ini rendah. Harga sate kerbau per porsinya mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000. Saat mampir di kota ini, anda harus coba ya!


Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Sate Kerbau Kudus, Mencicipi Kuliner Khas Kudus

Grosir Online Murah