Home » Wisata » Kuliner » Warung Uceng Sukaria Wlingi Blitar
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Warung Uceng Sukaria Wlingi Blitar

Friday, July 27th 2012. | Kuliner

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Jika anda berada di kota Blitar, baik itu mudik maupun berjalan-jalan ke Makam Bung Karno atau Candi Penataran, sempatkan menuju Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Tanyakan kepada warga sekitar tentang letak Warung Sukaria maka anda akan diberikan petunjuk jalan. Mengapa warung ini terkenal di daerah Wlingi. Karena warung ini konon adalah warung pertama yang menjual dan menyajikan olahan ikan kali khas daerah Blitar, ikan Uceng. Seenak apa sih ikan Uceng ini?
Warung Uceng Sukaria Wlingi Blitar


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Terletak dipingiran jalan Desa Babadan Wlingi Blitar, warung ini selalu ramai pengunjung. Awal ini milik Haji Sukari dan bernama Warung Sukaria. Saat ditanya awal mula warung ini, Haji Sukari menceritakan ditahun 1977 silam ia membuka warung pecel Blitar seperti warung-warung lain di kota Blitar. Namun, untuk membedakan, ia sajikan ikan Uceng dalam bentuk peyek (semacam kerupuk tipis dengan taburan isi seperti udang, ikan teri atau kacang) sebagai lauk pasangan Pecel Blitar-nya. Namun para pelanggan menyukai ikan Uceng ini dan menyarankan untuk mecoba mengolah ikan ini dalam masakan lain. Lalu beliau mencoba menggoreng Uceng dan disajikan dengan sambal pedas serta lalapan sayur segar. Menu baru ini sangat disukai pelanggan warungnya dan akhirnya menyebar ke seluruh kota Blitar dari mulut ke mulut.  Ikan Uceng berbentuk seperti ikan lele tapi kecil dan tak bersisik. Setidaknya 40-50 kg ikan Uceng dibutuhkan Warung Uceng Sukaria untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terus bertambah. Selain digoreng, ada pula sayur Uceng dengan bumbu khas masakan desa Wlingi.

Saat memilih menu andalan, Lalapan Uceng Goreng anda akan disajikan ikan Uceng yang sudah digoreng setengah matang lengkap dengan nasi, sambal terasi segar, “trancam” dan lalapan. Mengapa setengah matang? Hal ini untuk memberikan sensasi renyah tanpa menghilangkan kelembutan tekstur ikan Uceng.  Begitu melahap sesuap, terdengar suara“krik-kriuk” dari renyahnya ikan air tawar ini. Rasa ikan Uceng gurih, lembut dan sedikit rasa tanah. Namun inilah rasa yang dirindukan para pecinta ikan Uceng ini. Dipadu dengan pedas gurihnya sambel trasi yang mantap. Sensasi segar muncul dari lalapan dan juga “trancam”. Trancam adalah berupa cacahan timun dan daun kemangi yang dicampur dengan parutan sambal kelapa. Rasa manis dari kelapa ditambah segarnya timun memberikan sensasi yang nikmat. Ditutup dengan minuman dingin seperti es jahe yang memberikan kesegaran di tenggorokan sekaligus sensasi pedas jahe di lidah. Mantap.

Satu porsi lalapan/sayur ikan Uceng plus minuman es jahe di Warung Uceng Sukaria bisa anda nikmati cukup dengan Rp. 10.000 saja . Anda bisa membungkus ikan Uceng goreng seharga Rp. 15.000 untuk seperempat kilo sebagai oleh-oleh.  Warung ini juga membuka cabang di Jalan Raya Talun. Harus dicoba!

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

warung uceng sukaria, uceng wlingi, ayam lalapan wlingi, warung uceng blitar, warung sukaria, uceng sukaria wlingi, uceng khas blitar, makanan uceng blitar, makanan khas wlingi kabupaten blitar, lauk pasangan trancam

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Warung Uceng Sukaria Wlingi Blitar

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya