Home » Wanita » Kehamilan » Mengenali Tanda-Tanda Keguguran
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Mengenali Tanda-Tanda Keguguran

Thursday, June 7th 2012. | Kehamilan

Tanda tanda keguguranCafeBerita.com – Sebagian tanda-tanda keguguran muncul beberapa waktu sebelum kehamilannya benar-benar gugur. Dengan mengetahui tanda-tanda tersebut, ada kemungkinan bagi Anda untuk mengambil tindakan siaga untuk menghindarkan resiko yang lebih parah. Keguguran yang tidak ditangani dengan benar dan segera dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan ibu. Beberapa kasus keguguran bahkan dapat menyebabkan sang ibu tidak bisa hamil lagi di masa selanjutnya.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh tanda-tanda keguguran;

  1. Kram Perut: Sekilas, rasa kram ini terasa seperti kram perut yang dirasakan ketika datang menstruasi. Bedanya, pada kasus tanda-tanda keguguran, kram ini terjadi cukup lama dan berkali-kali. Jika kondisinya lebih parah, ada kemungkinan juga sang ibu akan mengalami kejang-kejang.
  2. Nyeri pada Perut Bawah: Ibu yang akan mengalami keguguran biasanya merasakan nyeri pada perut bagian bawah sekitar beberapa hari sebelum keguguran. Semakin lama, nyeri ini akan terasa semakin menyakitkan sampai akhirnya keguguran benar-benar terjadi.
  3. Perdarahan: Salah satu tanda-tanda keguguran yang sangat jelas adalah terjadinya pendarahan pada vagina atau saluran lahir. Perdarahan yang terjadi bisa berupa bercak-bercak darah saja, atau bahkan banyak darah yang mengalir seperti ketika sedang menstruasi. Perdarahan yang hanya berupa bercak-bercak saja belum tentu menandakan akan terjadinya keguguran. Perdarahan seperti ini kadang terjadi pada trimester awal kehamilan. Namun, jika bercak-bercak tersebut terus keluar sampai tiga hari, maka Anda perlu waspada. Segeralah konsultasikan dengan dokter kandungan atau bidan Anda.
  4. Gumpalan: Pendarahan kadang disertai oleh keluarnya gumpalan-gumpalan kecil berwarna abu-abu melalui vagina. Gumpalan tersebut adalah gumpalan-gumpalan darah dari proses gugurnya kandungan. Pada beberapa kasus, gumpalan-gumpalan tersebut keluar tanpa disertai pendarahan.
  5. Kelelahan yang Amat Sangat: Kelelahan adalah hal wajar yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Untuk itu, Anda tidak perlu panik dan khawatir jika kelelahan menghampiri Anda di saat hamil. Cukup beristirahat sebentar, tenaga Anda pun akan pulih lagi. Namun, jika kelelahan yang dirasakan teramat sangat dan istirahat pun tidak menyelesaikan masalah, maka Anda perlu waspada dan segera berkonsultasi pada dokter.
  6. Tidak Ada Gerakan Bayi: Ketika kehamilan memasuki trimester kedua, setiap ibu pasti akan merasakan janin dalam kandungannya bergerak-gerak setiap beberapa saat sekali. Namun, jika janin tersebut tidak bergerak lagi, ada kemungkinan janin tersebut sudah tidak bernyawa.

Keguguran mungkin adalah salah satu hal yang paling menyedihkan yang bisa dialami oleh seorang ibu hamil. Kebahagiaan dan harapan yang meluap-luap karena menunggu si kecil lahir, hilang sudah. Tentunya, Anda akan merasa sedih dan stress jika hal ini terjadi pada kandungan Anda, terutama bila kehamilan ini sudah sangat dinanti-nantikan. Namun, Anda harus bisa ikhlas. Kuatkan diri Anda jika menyadari bahwa tanda-tanda keguguran terjadi pada kandungan Anda dan segeralah meminta bantuan pada tim medis.


Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Mengenali Tanda-Tanda Keguguran

Grosir Online Murah