Home » Wanita » Kehamilan » Melahirkan di dalam Air (Water Birth) – Teknik Modern yang Alami
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Melahirkan di dalam Air (Water Birth) – Teknik Modern yang Alami

Wednesday, June 6th 2012. | Kehamilan

Grosir Balmut Sprei Murah

CafeBerita.com – Akhir-akhir ini, teknik melahirkan di dalam air atau water birth sering menjadi sorotan. Banyak ibu-ibu hamil yang ingin mencoba menggunakan teknik ini. Konon katanya, melahirkan dengan cara ini tidak akan membuat ibu merasa terlalu sakit. Beberapa ibu bahkan tidak akan merasakan sakit sama sekali. Konon katanya juga, metode ini sangat aman karena diadaptasi dari cara alami. Namun, bagaimanakah fakta yang sebenarnya? Berikut adalah ulasannya :


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

melahirkan di dalam air

Pada dasarnya, teknik melahirkan di dalam air sama saja dengan teknik persalinan normal. Bedanya, persalinan tersebut tidak dilakukan di atas kasur, melainkan di dalam kolam atau bath tub berisi air hangat. Biasanya, sang ibu mulai masuk ke kolam ketika kandungannya sudah mencapai bukaan ke-enam.

Air hangat dalam kolam akan membuat kulit menjadi lebih elastis sehingga jalan lahir dapat terbuka dengan lebih mudah. Air hangat juga akan membantu merangsang produksi hormon endorphine pada ibu, yaitu hormon yang dapat membangkitkan perasaan bahagia dan semangat. Keadaan ini juga dapat mengurangi syaraf-syaraf ibu dalam merasakan nyeri.

Beberapa ibu yang lain mungkin justru akan merasa ngeri mendengar istilah “melahirkan di dalam air”. Tidak terbayangkan dalam benak mereka bagaimana bayi yang baru lahir dan masih tidak tahu apa-apa harus bernapas dalam air. Belum lagi, air dalam kolam tersebut nantinya akan bercampur darah dan ketuban.

Anda tidak perlu risau karena hal-hal di atas tidak akan terjadi sama sekali. Walaupun melahirkan secara santai di dalam air, sang ibu tidak mungkin sendirian. Dalam prosesnya, sejak pertama kali menceburkan diri ke kolam, sang ibu akan ditemani minimal dua orang tenaga medis, misalnya dokter kandungan dan suster. Mereka akan terus mengawasi Anda hingga anak Anda lahir. Proses kelahiran akan berlangsung lebih cepat sehingga bayi bisa dengan segera ditarik keluar dari air.

Setelah lahir, bayi tersebut akan diletakkan pada dada si ibu untuk disusui. Plasentanya masih dibiarkan tersambung supaya bayi masih bisa bernapas dan tidak tersedak saat minum. Plasenta tersebut kadang akan terlepas dengan sendirinya secara alami.

Melahirkan di dalam air tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus menggunakan kolam dan air dengan kriteria khusus supaya persalinan dapat berlangsung baik. Kolamnya harus memiliki tonjolan-tonjolan di bagian dasarnya untuk mencegah si ibu melorot atau merosot selama persalinan. Airnya harus menggunakan air yang sudah disuling agar terjaga kehigienisannya untuk menghindari kontaminasi pada bayi.

Suhu air dalam kolam water birth pun harus tetap terjaga sehingga diperlukan pemanas air dan termometer untuk menjaga kestabilan suhunya. Airnya harus selalu bersuhu 37 Celcius. Suhu ini mirip dengan suhu dalam kandungan sehingga sang bayi tidak akan “kaget” merasakan perbedaan suhu di luar kandungan. Jika menggunakan air biasa, suhunya akan terlalu dingin bagi bayi sehingga bisa terjadi hipotermia.

Metode ini diadaptasi dari cara alami yang sudah biasa dilakukan ratusan tahun silam. Cara ini bahkan lebih alami dibandingkan dengan cara persalinan dengan posisi mengangkang. Karena, persalinan dengan posisi mengangkang ini didasari oleh teori logika saja, tanpa ada contoh sejarahnya.

Metode water birth tidak disarankan bagi ibu yang sedang memiliki penyakit herpes. Karena, kuman herpes tidak akan mati dalam air bersuhu 37 derajat Celcius dan dikhawatirkan akan menimbulkan infeksi dan penularan pada bayi. Ibu-ibu dengan kondisi medis tertentu juga akan disarankan untuk tidak mengambil metode ini.

Cara melahirkan di dalam air ini sudah sangat mendapat dukungan dari WHO. Asal dilakukan dengan cara yang benar, proses ini 100% aman. Untuk itu, jika Anda tertarik untuk melahirkan dengan cara ini, rajin-rajinlah untuk berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kandungan Anda. Jangan lupa juga untuk segera mencari dokter kandungan yang sudah cukup berpengalaman dalam hal ini. Pastikan juga rumah sakit tempat Anda melahirkan nanti memiliki semua fasilitas dan alat-alat yang diperlukan untuk melahirkan di dalam air yang sesuai standar keamanan internasional.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

proses wanita melahirkan dalam air, foto orang melahirkan, orang melahirkan, cara orang melahirkan, foto orang melahirkan di air, Cara ibu melahirkan, cara orang wanita melahirkan dengan cara alami, poto orang melahirkan, foto ibu melahirkan, ibu melahirkan normal

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Melahirkan di dalam Air (Water Birth) – Teknik Modern yang Alami