Home » Wanita » Kehamilan » Perawatan dan Pemulihan Pasca Operasi Caesar
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Perawatan dan Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Saturday, June 2nd 2012. | Kehamilan

Pemulihan Pasca operasi caesarCafeBerita.com – Para ibu seringkali mengalami berbagai macam keluhan pasca operasi caesar. Keluhan tersebut biasanya berupa lemas dan rasa nyeri yang sering timbul akibat luka-luka yang didapat ketika operasi. Bahkan, gerakan kecil seperti tertawa dan menghela napas pun dapat menimbulkan nyeri bagi ibu yang baru saja melahirkan dengan operasi caesar.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Jangan khawatir jika hal semacam ini terjadi pada Anda karena hal tersebut merupakan efek samping yang cukup normal dari operasi caesar. Namun, hal itu tetap saja akan mengurangi kenyamanan Anda. Padahal, tentunya Anda sudah tidak sabar lagi untuk mengurus buah hati Anda yang baru saja lahir. Untuk dapat kembali pulih dengan cepat, berikut adalah tips-tips yang dapat dilakukan pasca operasi caesar :

  • Rawat Luka dengan Baik : Operasi caesar tentunya menyebabkan Anda memiliki banyak luka-luka bekas sayatan pada bagian perut. Luka inilah yang sangat mengganggu karena akan sering terasa nyeri. Untuk dapat segera sembuh, luka ini harus dijaga kebersihannya. Caranya adalah dengan sering-sering mengganti perbannya. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan lukanya terlebih dahulu dengan cairan antiseptik setiap kali akan dipasangi perban baru.
  • Berdiri : Berdiri memang akan membuat Anda merasa pusing. Oleh karena itu, berdiri harus dilakukan secara berhati-hati. Coba mulailah berdiri beberapa jam pasca operasi caesar. Gerakkan jari-jari dan pergelangan kaki Anda untuk melancarkan sirkulasi darah. Lakukan dengan perlahan dengan didampingi perawat atau orang lain.
  • Berjalan : Setelah Anda merasa cukup kuat dan nyaman ketika berdiri, Anda kemudian dapat mulai mencoba untuk berjalan. Hindari langkah-langkah lebar yang tergesa-gesa karena fisik Anda masih belum cukup kuat untuk itu. Sebagai permulaan, cukup geser kaki Anda ke depan satu per satu. Kemudian, Anda bisa mulai mencoba melangkah secara perlahan-lahan hingga normal. Namun, jangan terlalu memaksakan diri. Segeralah kembali beristirahat jika Anda merasa lelah.
  • Aktif : Setelah mampu berjalan dengan baik, Anda harus sering-sering melakukan gerakan-gerakan untuk melatih otot dan syaraf Anda supaya dapat segera pulih. Namun, jangan sampai Anda terlalu lelah. Selain itu, Anda juga perlu menghindari mengangkat beban yang terlalu berat karena akan menyebabkan otot perut Anda terlalu tegang.
  • Hindari Seks : Seperti halnya badan, organ seksual Anda pasca operasi caesar pun masih lemah. Berhubungan seks akan membawa dampak yang buruk dan menyebabkan Anda semakin lemah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari seks pada 4-6 minggu pertama setelah operasi.
  • Tegakkan Badan : Luka-luka pada perut tentunya akan membuat Anda cenderung membungkuk untuk menghindari rasa nyeri yang ditimbulkannya. Namun, Anda harus membiasakan diri menegakkan badan untuk dapat melatih otot perut Anda supaya dapat kembali kuat dengan segera.
  • Banyak Minum dan Perbanyak Serat : Salah satu efek samping yang mungkin timbul pasca operasi caesar adalah sembelit. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih untuk dapat melancarkan pencernaan. Sembelit juga bisa diatasi dengan cepat dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-mayur.

Dari sekian banyak hal yang bisa dilakukan, hal yang paling penting untuk Anda lakukan adalah tetap relaks. Emosi Anda mungkin akan naik-turun sebagai akibat dari luka-luka dan rasa lemah yang muncul setelah menjalani operasi caesar. Padahal, kondisi pikiran atau emosi yang tegang akan membuat otot dan syaraf Anda juga ikut tegang. Ini akan mengakibatkanm kondisi Anda akan sulit untuk pulih. Oleh sebab itu, relaks merupakan kunci utama untuk pemulihan pasca operasi caesar. (Cit)

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

sinopsis pemulihan pasca operasi caesar, mengatasi pusing pasca operasi caesar, pusing pasca operasi, pusing Paskaoperasi cesar, cara mengatasi sembelit pasca operasi caesar, Sembelit pasca caesar, setelah cesare badan terasa lemas dan ngilu, pusing pasca operasi sesar, setelah operasi sc memperbanyak minum air putih, pemulihan pasca caesar

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Perawatan dan Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Grosir Online Murah