Home » Wanita » Kehamilan » Mengatasi Bayi Sungsang; Bagaimana Memutar Posisinya ke Posisi Normal
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Mengatasi Bayi Sungsang; Bagaimana Memutar Posisinya ke Posisi Normal

Saturday, May 26th 2012. | Kehamilan

Tips Agar Cepat Hamil

Mengatasi bayi sungsangCafeBerita.com – Jika seorang ibu tidak tahu sama sekali tentang cara mengatasi bayi sungsang, ibu tersebut kontan akan panik dan stress jika mendengar posisi bayinya yang sungsang di dalam kandungan. Lalu, berbagai macam pikiran dan kekhawatiran pun akan muncul. “Apakah bayiku akan selamat?”, “Apakah aku akan selamat?”, “Berapa banyak uang yang harus aku keluarkan untuk mengatasi masalah ini?”, dan berbagai macam kekhawatiran lainnya.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Padahal, bayi sungsang belum tentu kasus yang serius. Kasus bayi sungsang bahkan bukanlah kasus yang langka. Menurut hasil statistik, sekitar 50% bayi pernah mengalami sungsang ketika berada di dalam kandungan. Namun, hanya 3-4% bayi yang terlahir dalam keadaan sungsang.

Beberapa kasus bayi sungsang bahkan dapat diatasi dengan alami dan tidak terlalu sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memutar posisi bayi kembali ke posisi normal. Berikut adalah beberapa cara mengatasi bayi sungsang :

  • Metode Knee Chest, Metode ini adalah metode yang paling sering digunakan untuk mengatasi bayi sungsang karena memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, yaitu mencapai 92%. Selain itu, cara ini juga alami sehingga tidak berbahaya, baik bagi sang ibu maupun bayi yang dikandungnya. Sang ibu membentuk posisi seperti orang sedang bersujud dengan posisi lutut sejajar dengan dada dan posisi kaki sejajar dengan pinggul. Posisi ini akan menyebabkan kepala bayi terpengaruh gravitasi dan akhirnya memutar ke bagian bawah rahim. Metode ini sebaiknya dilakukan ketika kehamilan mencapai usia 32-35 minggu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan metode ini pada saat bayi sedang aktif bergerak. Lakukan selama 10-15 menit, tiga kali sehari.
  • Memutar Musik, Cara ini bisa dilakukan dengan cara memutar musik dengan posisi speaker berada di dekat vagina. Musik akan menstimulir otak bayi dalam kandungan sehingga bayi akan bereaksi dengan mendekatkan diri pada sumber suara. Dengan begini, posisi kepala bayi akan turun ke tempat yang seharusnya. Jenis musik yang paling baik untuk metode ini adalah musik klasik karena musik ini memiliki kemampuan stimulus yang lebih tinggi daripada jenis musik lainnya. Lakukan metode ini beberapa kali sehari untuk memancing ketertarikan si bayi pada musiknya.
  • Hypno-Birthing, Pada dasarnya, metode ini dilakukan dengan komunikasi antara ibu dan bayi melalui pikiran. Caranya, sang ibu harus berkonsentrasi penuh untuk memikirkan sang janin dan membujuknya agar mau memutar posisinya. Jika perlu, sang ibu bisa memvisualisasikan cara bayi tersebut untuk memutar posisinya. Metode ini bisa dilakukan berulang kali selama beberapa hari. Dalam melakukan metode ini, sang ibu tidak boleh tegang karena hal itu akan menakutkan si bayi.
  • Berenang bisa membantu mengatasi bayi sungsang. Ibu hamil yang berenang bisa membuat rahimnya rileks. Dengan begini, bayi akan lebih mudah untuk mengatur posisinya.
  • Minuman Manis, Pada dasarnya, gula dapat memberikan energi sehingga bayi menjadi semakin aktif. Jika bayi sudah aktif bergerak, ada kemungkinan dia dapat memutar posisinya menjadi normal kembali. Cara ini juga dapat digabungkan dengan metode lain untuk memperbesar kemungkinan keberhasilannya.
  • Pijatan Lembut, Memberikan pijatan lembut pada kandungan Anda juga bisa membantu Anda untuk mengatasi bayi sungsang. Mulailah dengan memijat bagian bawah perut Anda dengan satu tangan. Kemudian, geser pelan-pelan tangan Anda hingga memutari permukaan perut Anda dengan tetap memijat dengan lembut. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan lotion sebagai pelumas pijatan. Lakukan metode pemijatan ini setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Selain itu, pastikan pijatan Anda tidak terlalu keras karena hal ini dapat memperburuk kehamilan Anda. Hentikan pemijatan jika Anda merasa sakit atau nyeri.

Untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilannya, beberapa cara di atas dapat digabungkan dengan satu sama lain. Jika cara-cara tersebut bisa tidak berhasil, maka terpaksa Anda harus melahirkan dengan keadaan bayi sungsang. Persalinan seperti ini memang beresiko, baik bagi sang ibu maupun bagi sang bayi. Oleh karena itu, kemungkinan dokter akan menyarankan untuk melakukan persalinan dengan operasi caesar. Namun, operasi caesar belum tentu harus dilakukan. Beberapa kasus bayi sungsang masih dapat dilahirkan dengan cara alami atau per vaginal. Persalinan alami seperti ini dapat dilakukan jika:

  • Persalinan ini bukanlah persalinan pertama bagi sang ibu. Jika sang ibu sudah pernah beberapa kali melahirkan secara alami, besar kemungkinan ibu tersebut akan cukup kuat untuk mendorong bayinya keluar meskipun kondisinya sungsang.
  • Ukuran bayi tergolong kecil. Jika bayinya besar (berat badan mencapai 3,5 kg), maka besar resikonya bagi leher bayi tersebut untuk tersangkut dan tercekik. Jika hal ini terjadi, besar kemungkinannya bagi bayi tersebut untuk kehabisan napas dan meninggal.
  • Posisi kepala bayi tidak menghadap tegak lurus ke depan. Karena, melahirkan secara alami dengan posisi bayi seperti ini bisa menyebabkan patahnya tulang punggung bayi. Selain itu, cara ini juga dapat menyebabkan radang otak pada bayi.

Apapun cara yang Anda lakukan, hal yang paling penting ketika menghadapi bayi sungsang adalah tetap tenang dan tidak panik. Karena, kondisi psikologis Anda dapat mempengaruhi kondisi buah hati Anda dalam kandungan. Yang penting, pastikan dokter kandungan atau bidan ada memiliki kompetensi yang cukup dalam bidangnya, terutama dalam hal mengatasi bayi sungsang.(Cit)

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

cara mengatasi bayi sungsang, mengatasi bayi sungsang, cara ampuh mengatasi bayi sungsang 32minggu, memperbaiki posisi bayi sungsang, cara mengatasi bayi nyungsang, cara mengatasi bayi sungsang dalam kandungan, cara penaganan bayi sungsan, janin 8 bulan sungsang, solusi bayi sungsang, posisi bayi 7 bulan

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Mengatasi Bayi Sungsang; Bagaimana Memutar Posisinya ke Posisi Normal

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya