Home » Wanita » Kehamilan » Pahami dan Hindari Penyebab Bayi Sungsang
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Pahami dan Hindari Penyebab Bayi Sungsang

Friday, May 25th 2012. | Kehamilan

Tips Agar Cepat Hamil

Penyebab bayi sungsangCafeBerita.com – Sebagian besar ibu hamil tidak mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab bayi sungsang. Padahal, posisi bayi sungsang adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh setiap ibu. Akhirnya, jika hal ini benar-benar terjadi pada seseorang, ibu tersebut kontan akan merasa panik lantaran khawatir akan keselamatan dirinya dan buah hatinya. Ibu tersebut juga akan merasa bersalah karena mengira bahwa dia tidak menjaga kehamilannya dengan baik. Padahal, bayi sungsang belum tentu disebabkan oleh kesalahan ibu.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Yang dimaksud dengan sungsang adalah posisi bayi yang tidak normal di dalam rahim. Normalnya, kepala bayi terletak di bawah dan bokongnya terletak di atas. Pada bayi sungsang, biasanya letak kepala justru ada di atas. Pada beberapa kasus sungsang yang lain, letak kepala dan bokong sudah benar, namun letak kakinya terlalu menjulur ke bawah hingga hampir menyentuh jalan lahir.

Letak bayi yang sungsang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa penyebab bayi sungsang :

  • Rahim Terlalu Luas : Di dalam rahim, bayi dapat bergerak, dan membentuk posisi sedemikian rupa. Jika rahimnya luas, maka gerakan bayi menjadi lebih leluasa. Ini berarti memungkinkan bayi untuk memutar posisinya sehingga terjadi sungsang. Kondisi seperti ini bisa disebabkan karena ukuran rahim ibu yang besar. Karena, beberapa wanita memang terlahir dengan ukuran rahim yang besar. Namun, ukuran rahim yang lebar juga bisa disebabkan oleh ibu yang sudah sering mengalami kehamilan. Karena, sering hamil akan menyebabkan rahim melar dan melebar. Bayi yang sungsang karena rahimnya yang terlalu lebar biasanya dapat kembali normal dengan sendirinya. Hal ini karena bayi bisa dengan mudah bergerak dan mengatur posisinya sendiri di dalam rahim.
  • Bayi Terlalu Kecil : Rahim yang terlalu luas bagi bayi juga bisa disebabkan ukuran bayi yang terlalu kecil. Pada awal kehamilan, ukuran bayi memang masih kecil sehingga sering terjadi kasus bayi sungsang pada awal kehamilan. Kondisi sungsang di awal kehamilan ini wajar karena pada umumnya, posisi bayi akan sering berubah hingga kehamilan mencapai usia 34 minggu. Namun, kondisi bayi yang terlalu kecil seperti ini juga bisa terjadi karena bayi kekurangan gizi sehingga pertumbuhannya menjadi terhambat dan tidak sempurna. Untuk itu, penting bagi si ibu untuk selalu memperhatikan asupan gizinya untuk menghindari hal-hal semacam ini.
  • Air Ketuban yang Banyak : Bayi dapat bergerak di dalam rahim karena adanya air ketuban. Jika air ketuban terlalu sedikit, maka bayi akan mengalami kesulitan untuk bergerak. Sebaliknya, semakin banyak air ketuban, akan semakin mudah pula bagi bayi untuk bergerak ke sana ke mari, walaupun ukuran rahimnya tidak tergolong lebar.
  • Ukuran Bayi yang Besar : Bayi yang terlalu besar juga dapat menyebabkan posisi bayi sungsang. Jika bayi terlalu besar, maka posisi yang normal akan membuatnya merasa kesempitan. Akhirnya, dia akan memutar tubuhnya sehingga posisinya lebih nyaman. Bayi yang berukuran besar biasanya disebabkan oleh ibu yang terlalu gemuk saat hamil, biasanya si ibu disarankan untuk mengatur pola makannya lebih baik lagi supaya berat badannya dapat sedikit dikurangi.
  • Bayi Kembar : Mengandung bayi kembar juga dapat menjadi penyebab bayi sungsang. Hal ini karena jumlah bayi yang lebih dari satu di dalam satu rahim akan menyebabkan bayi-bayi tersebut saling berdesak-desakan. Sehingga, masing-masing akan mencari posisinya sendiri dalam rahim tersebut yang dirasa nyaman. Hal ini biasanya berakibat salah satu bayi akan menjadi sungsang.
  • Plasenta Previa : Plasenta previa adalah kondisi ketika plasenta terletak pada posisi yang salah sehingga mengurangi luas rahim. Hal ini dapat menyebabkan bayi merasa kesempitan. Akibatnya, bayi tersebut cenderung mencari area lain yang lebih luas supaya dapat merasa nyaman.
  • Tali Pusar yang Melilit : Pada beberapa kasus, terdapat bayi yang terlilit tali pusar di dalam kandungan. Ini menyebabkan bayi tidak bisa bergerak bebas untuk memposisikan kepala di bagian bawah rahim.
  • Panggul Sempit : Sebagian wanita terlahir dengan bentuk panggul yang sempit. Bentuk ini tentunya juga akan mempengaruhi bentuk rahim. Sempitnya ruang rahim pada bagian panggul ini akan menyebabkan bayi kesulitan untuk memposisikan kepalanya di bawah. Jika bayi tersebut memaksakan diri, posisi kepalanya akan terpantul kembali ke atas.
  • Cacat Bayi : Kondisi bayi yang cacat secara alami juga dapat menjadi salah satu penyebab bayi sungsang. Kecacatan tersebut biasanya berupa bayi yang memiliki kepala besar (hidrosefalus), bayi dengan tulang tengkorak tidak sempurna, atau bayi yang memiliki anggota tubuh yang tidak proporsional. Cacat-cacat semacam ini pada umumnya disebabkan karena bayi tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk proses pembentukan badannya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa penyebab bayi sungsang yang bisa dihindari. Namun, beberapa penyebab lain terjadi secara alami sehingga tidak banyak bisa dilakukan untuk menghindarinya. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memeriksakan kehamilan Anda secara rutin sehingga bila ditemukan posisi bayi yang sungsang, dapat segera diambil tindakan untuk mengatasinya. Dan yang paling penting, tetaplah berdoa agar Tuhan menjauhkan hal-hal penyebab bayi sungsang dari kandungan Anda.(Cit)

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

janin sungsang, bayi sungsang pahami hindari dan mengatasinya, sungsang, menjaga agar bayi tidak sungsang, hindari bayi sungsang, hamil sungsang, rahasia tali pusar bayi, Penyebab bayi berubah posisi dalam kandungan, penyebab bayi lahir terlilit tali pusar, penyebab janin terlalu kebawah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Pahami dan Hindari Penyebab Bayi Sungsang

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya