Home » Wanita » Kehamilan » Beberapa Cara untuk Mengatasi Mual Saat Hamil
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Beberapa Cara untuk Mengatasi Mual Saat Hamil

Friday, May 11th 2012. | Kehamilan

CafeBerita.com – Bagi para ibu hamil, cara mengatasi mual saat hamil adalah hal yang cukup penting untuk diketahui. Bagaimana tidak? Rasa mual ini bisa membuat sang ibu lemas dan tidak bersemangat sepanjang hari. Selain itu, mual di saat hamil juga bisa menyebabkan sang ibu kehilangan nafsu makan. Padahal, ibu hamil perlu banyak makan makanan yang bergizi untuk mensuplai gizi yang cukup untuk buah hati dan juga dirinya sendiri.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Pada dasarnya, rasa mual ini muncul sebagai akibat dari pembesaran rahim. Rahim yang membesar ini akan menekan usus sehingga sebagian makanan yang ada pada usus bergerak naik. Selain itu, rasa mual ini juga disebabkan oleh perubahan hormon estrogen dan hCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang terjadi pada ibu hamil. Produksi kedua hormon tersebut cenderung meningkat dengan cepat pada saat seorang wanita mulai hamil.

Cara Mengatasi mual saat hamil

Jumlah kedua hormon tersebut bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Dan jika terjadi kehamilan, tingkat kenaikan produksi kedua hormon tersebut juga bisa berbeda-beda. Oleh sebab itu, rasa mual yang akan dirasakan oleh setiap ibu hamil pun juga akan berbeda-beda, baik dari segi intensitas maupun tingkat keparahan mualnya. Ada sebagian wanita yang tidak mengalaminya sama sekali. Ada pula yang mengalaminya sesekali. Pada beberapa wanita, gejala ini bisa juga menyerang sepanjang hari hingga sang ibu sering muntah dan memerlukan pengobatan khusus.

Dalam bahasa Inggris, mual di saat hamil biasa disebut dengan morning sickness, yang berarti mual di pagi hari. Hal ini disebabkan karena kadar hormon-hormon tersebut cenderung tinggi pada pagi hari. Sehingga, resiko mual biasanya muncul pada pagi hari. Walaupun pada sebagian wanita, rasa mual ini bisa menyerang sepanjang waktu.

Gejala seperti ini biasanya menyerang pada kehamilan usia muda. Rata-rata, ibu hamil mulai merasakan gejala ini sejak usia kandungan satu minggu. Rasa mual ini akan berhenti pada usia kehamilan yang tidak menentu, tergantung dari kondisi sang ibu. Namun, pada umumnya, gejala ini akan berhenti saat usia kandungan mulai memasuki trimester kedua.

Jika gejala semacam ini menyerang Anda, jangan khawatir. Rasa mual ini dapat diatasi dengan berbagai macam cara. Berikut adalah beberapa contoh cara mengatasi mual saat hamil yang bisa Anda coba:

  1. Makan Sedikit tapi Sering : Saat hamil, Anda harus makan lebih banyak dari porsi Anda biasanya, karena Anda harus memberi makan dua orang yaitu Anda sendiri dan janin Anda. Padahal, rasa mual akan membuat Anda tidak nafsu makan. Belum lagi, porsi makan yang besar akan membuat Anda mual terlebih dahulu bahkan sebelum Anda mulai memakannya. Untuk itu, makanlah sedikit demi sedikit. Porsi makanan yang kecil tentunya akan memudahkan Anda untuk memaksakan diri. Untuk mencukupi kebutuhan gizi, makan dengan porsi kecil ini perlu Anda lakukan dengan lebih sering. Cobalah untuk makan setiap beberapa jam sekali, ketika rasa mual anda tidak terlalu terasa.
    Dengan begini, Anda dapat memastikan perut Anda tidak pernah kosong. Namun, jangan lupa untuk menghitung seberapa banyak makanan yang sudah Anda konsumsi. Pastikan jumlah makanan yang Anda santap hari itu cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda dan buah hati Anda.
    Minum susu pun juga demikian. Minumlah sedikit demi sedikit setiap kali Anda merasa lebih baik.
  2. Kraker Sehat : Mengemil dapat mengurangi rasa mual. Untuk ibu hamil, kraker dapat menjadi solusi cemilan yang menyehatkan. Cobalah untuk mengemil kraker setiap bangun tidur atau setelah Anda muntah di malam hari. Jika cara ini berhasil, pastikan Anda memiliki persediaan kraker, terutama di dekat tempat tidur Anda.
  3. Bangun Perlahan : Ketika Anda bangun tidur, jangan terburu-buru untuk berdiri dan beranjak dari tempat tidur. Cobalah duduk perlahan-lahan dan beristirahat sejenak. Jika Anda merasa mual, makanlah kraker yang sudah Anda sediakan tadi. Setelah Anda merasa cukup stabil, barulah Anda bisa berdiri dan beranjak dari tempat tidur Anda.
  4. Sering Sikat Gigi : Menyikat gigi akan membuat napas Anda segar sehingga rasa mual juga akan berkurang. Selain itu, menyikat gigi juga dapat menghilangkan bakteri-bakteri pada lidah yang dapat memperparah rasa mual Anda.
  5. Sabun Batangan : Rasa mual dapat dikurangi dengan mencium aroma-aroma yang lembut dan menyenangkan. Aroma semacam ini biasanya ada pada sabun batangan. Simpanlah sebuah sabun batangan di dekat tempat tidur Anda sehingga Anda bisa membauinya saat bangun tidur. Jika Anda bepergian, jangan lupa untuk membawanya dalam tas tangan Anda.
  6. Hindari Makanan Beraroma Tajam : Ibu hamil yang mengalami gejala mual cenderung memiliki indera penciuman yang sangat sensitif. Aroma makanan sedikit saja sudah terasa menusuk hidung dan menyebabkan mual. Untuk itu, hindarilah makanan dengan aroma dan rasa yang tajam. Hindari juga makanan yang terlalu panas karena aroma makanan akan cenderung lebih tajam ketika makanan tersebut masih panas.
  7. Minum di Sela-Sela Makan : Untuk mengurangi rasa mual saat makan, Anda bisa sesekali minum di sela-sela makan. Air akan menyapu makanan yang tertinggal di lidah dan tenggorokan Anda sehingga rasa mual dapat hilang sejenak. Namun, jangan meneguk terlalu banyak air karena akan menyebabkan Anda lebih cepat kenyang. Cukup minumlah seteguk air setiap beberapa suap makanan.
  8. Lemon : Pada orang normal, makan lemon adalah sesuatu yang sangat menyiksa karena rasanya yang kecut. Tapi, bagi ibu hamil, lemon bisa membantunya mengatasi mual saat hamil. Cara yang paling efektif adalah dengan menyesap lemon di saat Anda merasa mual. Namun, jika cara itu terdengar terlalu gila bagi Anda, cobalah untuk mencampur air perasan lemon dengan air, baik dingin maupun hangat, dan meminumnya.
  9. Jahe : Jahe merupakan ramuan tradisional yang biasa digunakan untuk mengatasi mual saat hamil. Hal ini karena jahe memiliki aroma dan rasa yang dapat melegakan tenggorokan. Untuk mengkonsumsinya, Anda perlu memarut dan menyeduh jahe tersebut dengan air panas, kemudian meminumnya. Anda juga bisa menambahkan gula pada minuman ini jika Anda suka. Namun, jangan menyeduh jahe tersebut dengan teh. Walaupun teh jahe memang menyegarkan, teh bukanlah minuman yang baik untuk ibu hamil karena teh memiliki kandungan thiamin yang dapat menghambat proses penyerapan vitamin. Solusi yang lebih mudah adalah dengan membeli jahe bubuk yang dijual di supermarket sehingga Anda bisa langsung menyeduhnya. Jika Anda sedang bepergian dan tidak mungkin untuk menyeduh jahe, Anda bisa membeli permen jahe dan menyimpan beberapa dalam tas tangan Anda.
  10. Susu Anti-Mual : Saat ini, sudah ada beberapa produk susu yang mampu mengatasi mual saat hamil. Susu semacam ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak mau mengkonsumsi obat-obatan anti muntah yang diberikan dokter.
  11. Vitamin B6 : Beberapa riset menemukan bahwa vitamin B6 dapat mengurangi resiko mual di awal kehamilan. Mengkonsumsi 25 miligram vitamin B6 per hari terbukti dapat mengatasi mual saat hamil. Vitamin B6 banyak tersedia di apotik-apotik maupun supermarket.
  12. Relaksasi : Jika pikiran Anda tegang, maka kondisi tubuh Anda juga akan menjadi tegang. Akhirnya, rasa mual pun akan muncul kembali. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga pikiran dan tubuh Anda selalu tenang. Cobalah bersandar sejenak atau melakukan meditasi untuk menjernihkan pikiran Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan kegiatan tersebut dengan iringan musik klasik dan aromaterapi.
  13. Jangan Kelelahan : Kelelahan akan memperparah rasa mual yang Anda rasakan. Selain itu, kelelahan juga akan membuat tubuh Anda lemah dan rentan. Oleh karena itu, pastikan Anda sering beristirahat.
  14. Periksa ke Dokter : Gejala mual saat hamil bisa menjadi begitu parah. Jika Anda sudah merasa sangat terganggu dengan rasa mual yang Anda alami, cobalah konsultasikan masalah tersebut pada dokter Anda.
    Rasa mual ini seharusnya akan mulai menghilang jika kandungan sudah memasuki usia empat bulan. Jika setelah 4 bulan rasa mual Anda tidak kunjung hilang, Anda juga perlu mengkonsultasikannya ke dokter.

Rasa mual di saat hamil ini umumnya memang akan menghilang pada trimester kedua. Namun, jangan pernah berpikir untuk membiarkan gejala ini untuk hilang sendiri jika saatnya tiba. Padahal, trimester pertama kehamilan merupakan saat-saat yang paling kritis dan paling menentukan nasib sang janin secara permanen. Jika Anda mengalami mual pada saat-saat ini, Anda akan merasa malas untuk makan atau minum susu. Akibatnya, baik tubuh Anda maupun janin Anda tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Jika hal ini terjadi, kehamilan Anda akan menjadi lemah. Anda akan merasa sangat menderita dan resiko keguguran pun akan tinggi. Jika mual terjadi secara terus-menerus, tentunya Anda juga akan menjadi stress. Padahal, stress dapat membawa dampak buruk bagi kehamilan Anda.

Selain itu, perlu Anda ketahui pula bahwa pada usia kehamilan ini, janin sedang mengalami proses pembentukan organ-organ. Proses ini akan sangat membutuhkan nutrisi yang cukup. Kekurangan nutrisi pada proses ini dapat menyebabkan organ-organ tubuh janin tidak sempurna. Hal ini juga bisa mengakibatkan bayi terlahir dengan IQ yang rendah atau sistem kekebalan tubuh yang rendah. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan bayi terlahir dengan berat badan yang ringan.

Tentunya, Anda tidak ingin jika resiko tersebut menimpa buah hati Anda nantinya, bukan? Oleh karena itu, pastikan Anda untuk segera mengatasi mual saat hamil sehingga nutrisi dan kesehatan Anda dan buah hati senantiasa terjamin. (Citra)

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

atasi rasa kecut d mulut, apa penyebab mulut ibu hamil kecut setelah muntah, knapa lidah rasany kecut stiap hari, lidah kecut saat hamil, lidah terasa beda saat awal kehamilan, mengatasi mual dan mulut jeleh saat hamil muda, mengatasi mual2 untuk ibu hamil, mual hamil dan rasa lidah, mual saat hamil muda, mulutseringkecutmasahamilmuda

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Beberapa Cara untuk Mengatasi Mual Saat Hamil

Grosir Online Murah