Home » Wanita » Anak » Tips Jitu Untuk Mengatasi Anak Gak Mau Makan
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Tips Jitu Untuk Mengatasi Anak Gak Mau Makan

Tuesday, November 26th 2013. | Anak

Grosir Balmut Sprei Murah

Tips Jitu Untuk Mengatasi Anak Gak Mau MakanCafeBerita.com – Perlu kesabaran ekstra bagi para orang tua untuk menghadapi anak gak mau makan. Anak-anak sangat memerlukan asupan gizi yang cukup karena masih dalam masa pertumbuhan. Si kecil memang belum paham betul mengenai pentingnya mengkonsumsi makanan pokok secara teratur. Bujuk si kecil dengan berbagai cara, namun tentu saja anda perlu menghindari cara-cara yang tidak baik seperti dengan menghajar, memukul, mengancam, mencemooh hingga berkata-kata kasar kepada anak. Ada banyak cara positif yang bisa diterapkan untuk meningkatkan nafsu makan si kecil.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Simak tips untuk mengatasi anak gak mau makan berikut ini :

  1. Sajikan makanan sedikit demi sedikit : Berbeda dengan orang dewasa yang dianjurkan untuk makan hanya 3 kali dalam sehari, anak-anak cederung memiliki frekuensi makan lebih dari itu. Hanya saja porsi yang disajikan sedikit. Si kecil masih memiliki lambung yang belum bisa bekerja dengan efektif dan efisien. Oleh sebab itu anda perlu meminta si kecil untuk makan lebih dari 3 kali supaya lambungnya mampu menampung makanan dengan baik. Pastikan saja porsi yang disajikan setiap sesi makan sesuai dan tidak berlebihan. Biarkan si kecil berhenti makan bila ia sudah kenyang. Anda bisa menyajikan makanan lainnya nanti pada sesi makan berikutnya.
  2. Makan teratur : Meskipun anak tidak makan 3 kali sehari, anda harus membuatkan jadwal makan yang perlu dipatuhi. Anda perlu membiasakan anak gak mau makan untuk makan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah dibuat. Berikan ia pengertian bahwa jadwal makan ini sama dengan jadwal mandi, bangun, tidur, ataupun pergi ke sekolah yang perlu dipatuhi oleh si kecil.
  3. Perkenalkan anak dengan makanan padat untuk bayi di atas 6 bulan : Selain mengkonumsi susu, anda bisa mulai memperkenalkan makanan lunak pada pada si kecil sehingga ia lebih antusias untuk merasakan beragam jenis masakan. Namun anda perlu mengolah bahan makanan yang baru tersebut dengan cukup lembek sehingga si kecil mudah mencernanya. Lambungnya yang masih belum sempurna pun bisa bekerja dengan baik. Beberapa makanan yang bisa dicoba mencakup pir, wortel, beras, prune, alpukat, apel, kentang, kol, gandum, bayam, jagung, lobak cina hingga pisang. Hindari menyajikan makanan yang beresiko membuat si kecil terkena alergi seperti kacang tanah, putih telur, udang, kepiting dan ikan laut. Pastikan anda telah memblender atau melumatkan bahan makanan tersebut sebelum disajikan untuk si kecil sehingga ia tidak perlu terlalu lama mengunyah makanan. Seringkali anak gak mau makan saat harus menguyah makanan terlalu lama.

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Tips Jitu Untuk Mengatasi Anak Gak Mau Makan