Home » Wanita » Anak » 7 Tips Mengatasi Pertengkaran Kecil Antara Kakak Dengan Adik
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

7 Tips Mengatasi Pertengkaran Kecil Antara Kakak Dengan Adik

Monday, October 8th 2012. | Anak

CafeBerita.com – Pertengkaran kakak adik  sering terjadi di dalam keluarga. Umur yang masih kecil adalah penyebab keduanya tak mau mengalah satu sama lain. Tentu anda sebagai orang tua merasa stres dengan kondisi tersebut. Menenangkan keduanya supaya tidak lagi terlibat konflik cukup susah untuk dilakukan karena mereka ingin menang sendiri. Anda tak boleh membiarkan saja kondisi ini terjadi. Lakukan sesuatu supaya kakak beradik ini bisa hidup dengan rukun dan damai.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Pertengkaran Kakak Adik

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mengatasi pertengkaran kakak adik :

  1. Berlaku adil: Adil dalam hal ini bukan menyamaratakan hak yang diperoleh adik dan kakak. Sebagai orang tua yang adil anda perlu memberikan hak pada anak sesuai dengan umurnya. Misalnya, anda memberikan uang saku lebih pada kakak yang harus pulang sore karena kegiatan ekstrakulikuler. Sedangkan si adik mendapatkan uang jajan yang lebih kecil karena jam pulang sekolahnya lebih cepat.
  2. Ajarkan Pentingnya Negosiasi: Supaya pertengkaran kakak adik ini tidak berkelanjutan, anda bisa menerangkan pentingnya berkompromi dan bernegosiasi. Arahkan mereka mengenai cara mengatasi masalah tanpa menggunakan kekerasan fisik maupun kata-kata kasar. Dudukkan mereka berdua dan minta satu sama lain untuk mengeluarkan uneg-uneg yang dirasakan. Pastikan anda bisa mengambil solusi terbaik dengan melibatkan keduanya. Sebagai contoh, bila kakak beradik ini saling berkelahi memperebutkan video game, anda bisa mengatur waktu bagi mereka berdua untuk main sehingga tidak berbenturan.
  3. Berikan Perhatian: Seringkali kedua orang tua merasa sibuk dan tak memiliki banyak waktu untuk memperhatikan si kecil. Hal ini berakibat buruk karena secara psikolog kakak beradik bisa saja membenci satu sama lain bila pertengkaran yang terjadi tidak berkesudahan. Luangkan waktu di sela-sela kesibukan anda untuk menjadi pendengar yang baik bagi anak.
  4. Tetapkan Peraturan: Setiap tempat memiliki peraturan tersendiri termasuk dalam lingkungan keluarga. Tentukan peraturan dan hukuman bagi mereka yang melanggar. Peraturan yang dibuat bisa mencakup waktu bermain game, membereskan tempat tidur saat bangun pagi dan menaruh piring bekas makan di bak pencuci. Bila anak berkelakuan baik jangan lupa apresiasi mereka dengan pujian.
  5. Pisahkan: Setiap orang yang berkelahi baik itu anak-anak maupun orang dewasa perlu dipisahkan terlebih dahulu. Bila kejadian ini menimpa kedua anak anda, segera bawa mereka ke kamar masing-masing supaya bisa menenangkan diri.
  6. Tidak Membanding-bandingkan Anak: Membanding-bandingkan anak perlu dihindari supaya pertengkaran dalam keluarga tidak terjadi. Perlakuan tersebut malah bisa menyulut emosi salah satu pihak yang merasa tak dihargai. Anda perlu lebih bijak lagi dengan menyadari bahwa setiap anak itu unik dan memiliki pribadi yang beragam.
  7. Berdiskusi: Bercengkrama ataupun berdiskusi mengenai pokok bahasan tertentu bisa meningkatkan kualitas tali persaudaraan antara kakak dengan adiknya. Berikan kesempatan bagi setiap anggota keluarga untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi. Dengan begitu, pertengkaran kakak adik pun dapat diminimalkan dengan cara yang positif.

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 7 Tips Mengatasi Pertengkaran Kecil Antara Kakak Dengan Adik

Grosir Online Murah