Home » Wanita » Anak » 6 Tips Mengajarkan Anak Mencuci Tangan Yang Benar
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

6 Tips Mengajarkan Anak Mencuci Tangan Yang Benar

Tuesday, September 4th 2012. | Anak

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Anda bisa mengajari anak mencuci tangan dengan cara yang menarik dan menyenangkan sehingga anak tidak merasa terpaksa untuk melakukan kegiatan wajib ini. Tangan yang bersih bisa menjaga kesehatan baik itu bagi anak ataupun orang dewasa. Membiasakan si kecil untuk rajin membersihkan tangan dengan air bisa menurunkan resiko si kecil sakit. Kebiasaan ini perlu ditanamkan sejak dini.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

6 Tips Mengajarkan Anak  Mencuci Tangan Yang Benar
Terapkan tips berikut agar si kecil dengan senang hati selalu mencuci tangan:

  1. Terangkan Pentingnya Kegiatan ini: Sebelum anda mengajarkan anak tentang cara mencuci tangan yang benar, pastikan si kecil paham akan tujuan dan manfaat dari kegiatan ini. Jangan memberikan penjelasan hanya dengan kata-kata yang mirip ceramah sebab anak tidak akan tertarik untuk mendengarkan anda. Beli buku bergambar yang banyak di jual di toko buku. Anda bisa menerangkannya seperti sedang mendongeng sehingga kegiatan ini semakin seru dan membuatnya antusias.
  2. Biarkan Anak Memilih Sabun Dengan Aroma Kesukaannya: Ajak si kecil untuk memilih sabun dengan aroma yang ia sukai yang banyak dijual di supermarket. Pada umumnya sabun pencuci tangan yang dijual memiliki aroma buah-buahan mulai dari anggur, apel, jeruk atau stroberi. Pilih sabun cair yang lembut untuk mencuci tangan mungil si kecil.
  3. Akses Mudah Memakai Wastafel: Anak yang masih kecil masih kesulitan untuk menjangkau wastafel yang tinggi dengan mudah. Bantu anak dengan memberikan akses yang mudah saat ia ingin mencuci tangan. Anda bisa menaruh bangku kecil yang aman dan kokoh sebagai tempat si kecil berpijak.
  4. Sediakan Lap Bersih di dekat Wastafel: Setelah cuci tangan dengan bersih, ajarkan anak untuk selalu mengeringkan tangannya dengan menggunakan lap bersih yang anda pasang di dekat wastafel. Lap ini bisa menghindari adanya ceceran air di lantai. Untuk menjaga kebersihan, ganti lap tersebut dengan yang bersih setiap tiga hari. Saat membeli lap, biar si kecil yang memilih sebab banyak handuk yang didesain dengan berbagai bentuk hewan yang lucu dengan gambar dan warna yang memikat hati.
  5. Pasang Poster Lucu di Dekat Wastafel: Anda bisa memotivasi anak supaya rajin cuci tangan dengan cara memasang beragam poster lucu mulai dari hewan, buah-buahan, tokoh kartun favorit atau berbagai motif bunga di dekat wastafel. Biarkan ia memilih sendiri poster yang disukai.
  6. Gunakan Hand Sanitizer: Jika keluarga anda sedang mengadakan acara liburan dan tidak mendapat akses untuk cuci tangan, anda bisa mengajarkan si kecil untuk menggunakan hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan saat keadaan darurat. Akan tetapi terangkan padanya bahwa cara membersihkan tangan yang paling baik dari kuman dan kotoran adalah dengan cara mencuci tangan menggunakan air.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

metode untuk mengajarkan mencuci tangan buat anak, poster cuci tangan untuk anak

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 6 Tips Mengajarkan Anak Mencuci Tangan Yang Benar

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya