Home » Wanita » Anak » 7 Tips Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

7 Tips Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak

Wednesday, July 25th 2012. | Anak

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com - Meningkatkan kemampuan membaca anak bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Anda perlu menjadi orang tua yang kreatif sehingga anak bisa dengan cepat memahami bacaan walaupun ia belum memasuki usia sekolah. Latihan sejak dini tentunya akan berdampak positif sehingga anak bisa memahami pelajaran di sekolah lebih cepat dari pada anak seusianya di kemudian hari.
7 Tips Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Melatih ketrampilan ini tidak sulit. Anda hanya perlu menerapkan tips berikut ini agar anak bisa meningkatkan kemampuannya dengan cara yang menyenangkan dan tanpa tekanan.

  1. Membacakan buku untuk anak: Anda bisa menumbuhkan keinginan si kecil untuk belajar membaca dengan membacakan buku cerita yang menarik untuk anak setiap hari. Bacakan buku cerita tersebut dengan suara lantang. Akan lebih baik jika anda bisa menirukan mimik yang tepat saat harus melafalkan dialog antar tokoh dalam sebuah cerita. Pembelajaran semacam ini sangat menyenangkan untuk anak dan pastinya ia akan semakin ingin untuk bisa membaca buku cerita sendiri.
  2. Mengajak anak untuk membaca bersama: Jika anak sudah mulai bisa membaca walaupun masih belum lancar, anda perlu aktif untuk meningkatkan kemampuan membaca ini. Ajaklah ia untuk membaca buku favoritnya bersama-sama. Minta si kecil untuk memilih buku yang disukai dan koreksi jika ia melakukan kesalahan saat membaca buku tsb.
  3. Menyediakan berbagai barang yang membantu kemampuan membaca anak: Motivasi si kecil untuk membaca akan lebih besar jika orang tua menunjangnya dengan menyediakan berbagai macam barang yang berguna. Anda bisa membeli beberapa macam buku cerita yang menarik dan dipenuhi gambar warna warni. Anda juga bisa mengajaknya untuk pergi ke perpustakaan di tengah kota. Si kecil pastinya akan tertarik untuk ikut serta membaca buku cerita.
  4. Biarkan anak mencoba untuk menulis: Meningkatkan kemampuan membaca bukan hanya dengan melafalkan suara dengan lantang. Anda juga bisa mengajarkan ketrampilan yang satu ini dengan mengajari si kecil untuk menulis. Minta ia untuk menggabungkan beberapa huruf  untuk membentuk kata yang sederhana. Biarkan ia melafalkan kata tersebut. Jika dirasa kemampuan ini sudah berkembang, si kecil bisa mulai menulis kalimat.
  5. Menyediakan ruang baca: Anda bisa menyulap salah satu sudut di rumah menjadi ruang baca untuk keluarga. Hiasi ruang tersebut dengan unik agar si kecil semakin tertarik untuk mengasah kemampuan. Jangan lupa isi ruang baca tersebut dengan berbagai jenis buku yang menarik dan edukatif.
  6. Menyanyikan lagu-lagu: Menyanyikan lagu anak-anak membantu si kecil untuk memahami sajak yang terdapat dalam lagu dan juga membantunya untuk menggabungkan huruf menjadi satu kata. Kegiatan ini cukup menarik sebab si kecil dapat bergembira, bertepuk tangan, sampai bersenandung.
  7. Belajar sambil bermain: Ciptakan suatu permainan yang menarik dimana tujuan dari permainan ini adalah untuk mendorong si kecil belajar membaca. Misalnya anda bisa mengajari anak untuk mencocokkan akhir dari suku kata dengan awalannya. Dengan begitu meningkatkan kemampuan membaca si kecil ini bukanlah sesuatu kegiatan yang membosankan untuknya.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

kemampuan anak usia sekolah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 7 Tips Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya