Home » Wanita » Anak » Tips Menghukum Anak
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Tips Menghukum Anak

Sunday, June 24th 2012. | Anak

CafeBerita.com – Menghukum anak saat berbuat salah tentunya bukan hal yang mudah terlebih lagi jika anak terkesan malah memusuhi anda. Tingkah laku anak yang tak terpuji dapat dikendalikan dengan pemberian hukuman yang sesuai. Hukuman tersebut tentu saja bukan hal yang bersifat fisik seperti menggunakan pukulan sebab anak akan merasa trauma. Prinsip pemberian hukuman yang baik adalah dengan membuat anak menyadari kesalahannya dan tak akan mengulanginya di kemudian hari.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Tips Menghukum Anak

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan di rumah untuk menghukum anak yang bandel.

  1. Tentukan Hukuman: Tentukan hukuman yang tepat bagi anak. Buatlah kesepakatan mengenai peraturan yang ada di rumah serta hukuman apa yang akan diberikan jika anak melanggar peraturan tersebut. Anda harus melibatkan anak saat menentukan peraturan dan hukuman. Dengan begitu anak akan lebih bisa mengerti konsekuensi yang ia terima jika berbuat salah.
  2. Tidak menunda sanksi: Jika ternyata si kecil melanggar peraturan yang telah disepakati bersama, berikan hukuman saat itu juga. Hukuman yang ditunda-tunda terkesan seperti mengungkit-ungkit kesalahan yang dilakukan sebab hal tersebut sudah cukup basi untuk diperhitungkan. Ketegasan dan kedisplinan tentunya sangat diperlukan pada saat memberikan hukuman.
  3. Terapkan hukuman yang sesuai: Hukuman yang diberikan orang tua kepada anak tentunya harus sesuai dengan kesalahan yang telah ia lakukan. Jangan terlalu keras dalam memberikan hukuman. Anak akan merasa anda tak sayang padanya. Hukuman yang diterapkan harus mendidik. Misalnya, saat ia tak sengaja menghilangkan mainan sahabatnya, anda tak perlu memarahinya habis-habisan dan mengurungnya di kamar. Anda bisa menghukum anak dengan memintanya untuk memberikan salah satu mainannya sebagai pengganti mainan yang telah ia hilangkan.
  4. Tunjukkan akibat: Anak yang masih kecil tentunya sangat susah diatur. Saat anda menyuruhnya untuk makan, ada anak yang menolak dengan keras  bahkan membuang makanan tersebut ke lantai. Anda tak perlu emosi dalam menghadapi situasi semacam ini. Biarkan si kecil merasakan akibat alami yang ditimbulkan karena ketidakmauannya untuk menyantap hidangan yang telah disajikan. Dengan sendirinya, si kecil akan merasa lapar dan meminta makanan. Contoh yang lain adalah saat anak tak mau mengenakan pakaian. Ia pada akhirnya akan merasa kedinginan. Dengan menyadari hubungan sebab akibat ini, anak akan lebih menurut pada orang tua.
  5. Pujilah anak saat ia telah sadar akan kesalahannya: Mendapatkan hukuman dari orang tua bukanlah hal yang menyenangkan bagi si kecil. Ketika anak menunjukkan kesadaran bahwa perilaku yang ia terapkan itu salah, berikan penghargaan supaya anak termotivasi untuk berperilaku baik. Pujian, pelukan, ataupun ciuman dari orang tua terasa sangat berarti sebab ia merasa bahwa anda sangat menyayanginya. Dengan begitu, menghukum anak tidak akan membuat si kecil menjauh dari orang tuanya.

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Tips Menghukum Anak

Grosir Online Murah