Home » Wanita » Anak » Manfaat Dongeng Untuk Anak
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Manfaat Dongeng Untuk Anak

Thursday, June 21st 2012. | Anak

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Manfaat dongeng untuk anak sangat beragam. Kegiatan mendongeng saat ini mulai ditinggalkan akibat majunya perkembangan teknologi dimana anak lebih mementingkan untuk menonton cerita lewat TV daripada membaca buku atau mendengarkan cerita langsung dari orang tua mereka. Sebenarnya orang tua bisa memulai kebiasaan membaca dongeng sejak anak masih berusia dini. Kegiatan positif ini jika dilakukan secara teratur akan selalu tertanam di dalam hati si kecil.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Manfaat Dongeng Untuk Anak

Berikut kami sajikan manfaat dongeng bagi perkembangan buah hati anda:

  1. Mengasah daya pikir dan imajinasi: Imajinasi merupakan hal yang sangat penting untuk anak-anak. Banyak dongeng yang beredar menyuguhkan imajinasi tingkat tinggi, contohnya Harry Potter, Rapunzel, Snow White, dll. Imajinasi yang ada di buku dongeng tidak semuanya bisa direalisasikan dalam kehidupan nyata. Untuk itu anda perlu mendampingi anak saat mereka tengah membaca cerita. Tunjukkan pada mereka hal yang nyata dan yang bukan. Cerita dongeng seperti Cinderella yang tiba-tiba menjadi seorang putri tentunya tidak akan terjadi dalam kehidupan nyata. Pancinglah anak untuk mengasah daya pikirnya mengenai khayalan dan kenyataan.
  2. Menanamkan berbagai nilai dan etika: Banyak sekali dongeng yang dibuat untuk menanamkan budi pekerti pada anak. Cerita rakyat seperti Malin Kundang bisa memberikan petuah bagi anak untuk tidak menjadi seseorang yang tidak durhaka pada orang tua. Sedangkan cerita dongeng dari negeri seberang, Pinokio mengajarkan nilai etika bahwa berbohong merupakan hal tercela. Ketika anda membacakan sebuah buku dongeng saat menjelang tidur, selalu tanyakan pada anak mengenai nilai moral yang bisa dipetik dari cerita tersebut. Dengan begitu, lama kelamaan anak akan mulai sadar dan peka terhadap nilai-nilai dan etika yang ada pada sebuah cerita.
  3. Menumbuhkan minat baca: Banyak anak yang tidak suka membaca karena berbagai alasan. Anak lebih menyukai menonton TV karena tidak mengharuskan mereka untuk berpikir. Dengan membacakan cerita dongeng untuk anak, anda bisa menumbuhkan minat baca. Jika umur anak masih terlalu kecil, pilih buku cerita dengan berbagai gambar berwarna warni yang menarik. Cerita yang anda pilih pun harus membuat anak bersemangat. Baca dulu buku cerita yang akan anda kisahkan. Hal ini untuk menghindari adanya pesan negatif yang ada pada buku cerita.

Dengan mengetahui manfaat dongeng, diharapkan orang tua lebih peka lagi dalam memberikan pengetahuan bagi anak.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

Foto membacakan dongeng anak

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Manfaat Dongeng Untuk Anak

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya