Home » Wanita » Anak » Dampak Negatif Pacaran Yang Membuat Orang Tua Khawatir
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Dampak Negatif Pacaran Yang Membuat Orang Tua Khawatir

Tuesday, June 12th 2012. | Anak

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Banyak orang tua melarang anak mereka memiliki hubungan khusus dengan lawan jenis dikarenakan kekhawatiran orangtua terhadap dampak negatif pacaran. Pacaran merupakan suatu gejala sosial yang terjadi ketika anak sudah mulai menginjak usia pubertas. Pendewasaan dini terhadap hubungan dengan lawan jenis ini terjadi disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah stimulasi dari media. Banyak sekali sinetron, progam TV, artikel, dan reality show yang menggambarkan kehidupan percintaan ABG yang secara tidak langsung mempengaruhi pola pikir anak.
Dampak Negatif Pacaran Yang Membuat Orang Tua Khawatir


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Berikut kami sajikan beberapa dampak negatif pacaran yang sering dikhawatirkan orang tua.

  1. Takut hamil: Ketakutan orang tua jika remaja putri mereka hamil merupakan alasan utama larangan berpacaran. Anak gadis yang hamil di luar penikahan dianggap sebagai aib yang dapat membuat keluarga malu. Akibatnya masa depan anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi seseorang yang sukses sudah tak ada lagi. Ketakutan semacam ini sungguh sangat wajar dirasakan oleh orang tua yang memiliki anak gadis di rumah mengingat gaya berpacaran anak zaman sekarang yang kelewat batas.
  2. Terjerumus ke dalam pergaulan bebas dan narkoba: Pergaulan bebas dan narkoba berkaitan erat dengan pacaran. Pacaran dianggap sebagai jembatan yang bisa menghubungkan anak dengan pergaulan bebas dan narkoba yang bisa merusak jiwa generasi muda. Sebagai contoh, pergi ke diskotek berduaan dengan pacar tentunya meningkatkan resiko anak mengkonsumsi alkohol, pil koplo, ataupun ekstasi.
  3. Pernikahan dini: Pernikahan dini bisa jadi merupakan salah satu dampak negatif pacaran. Kadangkala cinta yang terlalu kuat antara anak dengan pacarnya membuat mereka ingin menikah dini dan mengabaikan masa depan. Saat anak dianjurkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mereka malah memilih untuk bersama pasangannya dengan jalan menikah. Umur yang tergolong masih belia serta masa depan yang masih dalam tanda tanya besar membuat orang tua ketar ketir.
  4. Mengganggu waktu belajar: Orang tua selalu menomorsatukan pendidikan bagi anak. Namun belum tentu si anak ini juga memprioritaskan pendidikan mereka di atas segala-galanya. Penyakit yang dinamakan cinta ini bisa membutakan dan membuat waktu belajar terabaikan. Konsetrasi anak akan terpecah belah. Mereka akan lebih sering memikirkan kencan dan hubungannya dengan pacar daripada belajar untuk menghadapi ujian. Dampak negatif pacaran yang satu ini membuat orang tua gelisah sebab mereka menganggap bahwa tugas utama seorang anak adalah belajar.
  5. Takut anak salah pilih pacar: Pacaran merupakan bertemunya dua pribadi yang memiliki latar belakang yang berbeda. Orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anak, termasuk dalam memilih pasangan. Terkadang mereka melarang keras anak berpacaran karena takut si anak ini akan salah pilih pacar. Orang tua menggangap bahwa anak hanya perlu bergaul dan mengenal berbagai karakter orang yang mereka temui di sekolah tanpa adanya hubungan yang serius. Pacaran ini sebenarnya akan membatasi ruang gerak anak. Mereka harus terikat dengan pacarnya dalam usia yang masih relatif muda. Pengaruh pacar yang belum tentu positif pun juga menjadi pertimbangan orang tua. Untuk itu baik orang tua maupun anak perlu menyikapi dampak negatif pacaran dengan bijak.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

dampak pendidikan orang tua menjadi kelangsungan anak menikah dini, gambar orang pacaran, karangan tentang pengaruh berpacaran di usia dini, orang tua melarang keras pacaran

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Dampak Negatif Pacaran Yang Membuat Orang Tua Khawatir

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya