Home » Wanita » Anak » 6 Cara Melatih Anak Percaya Diri Sejak Dini
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

6 Cara Melatih Anak Percaya Diri Sejak Dini

Tuesday, June 12th 2012. | Anak

CafeBerita.com – Anda perlu melatih anak percaya diri sejak ia masih kecil. Kebiasaan dan perilaku yang ditanamkan orang tua saat kecil merupakan pondasi dasar pengembangan diri dan pembentukan perilaku anak. Banyak sekali remaja Indonesia yang mengalami krisis kepercayaan diri sebab saat masih kecil, orang tua tidak memotivasi anak untuk belajar mengungkapkan pendapat dan tampil di depan umum.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

6 Cara Melatih Anak Percaya Diri Sejak Dini

Berikut adalah cara melatih anak percaya diri untuk tampil di depan umum:

  1. Membiasakan anak tampil di acara berskala kecil: Menumbuhkan rasa percaya diri tak bisa dilakukan dalam waku semalam. Mulailah memotivasinya untuk tampil di acara berskala kecil seperti mengikuti berbagai lomba yang diadakan saat HUT RI di lingkungan tempat anda tinggal, pesta ulang tahun, dan acara keluarga.
  2. Tampil ramai-ramai: Tampil sendirian di depan umum tentunya membuat anak merasa takut, cemas, malu dan gugup. Anjurkan ia untuk tampil beramai-ramai bersama teman-temannya di atas panggung. Dengan demikian, ia akan terbiasa menjadi pusat perhatian.
  3. Latih anak sebelum tampil: Agar penampilan anak anda di panggung tidak mengecewakan, latihlah dia terlebih dahulu untuk menguasai kegiatan yang akan ditampilkan. Bisa dibilang ini semacam gladi resik dimana anda mengajari anak tentang cara berjalan ke atas panggung, mengucapkan terima kasih, tersenyum, mengambil mike, meninggalkan panggung atapun memberi hormat.
  4. Daftarkan anak ke klub: Bekali anak anda dengan ketrampilan yang menjadi minat dan bakatnya. Mendaftarkannya ke klub yang berhubungan dengan olahraga maupun seni bisa melatih anak percaya diri. Banyak klub yang memberikan kesempatan anggotanya untuk tampil di depan umum. Klub tersebut akan menunjukkan pada orang tua bahwa anak mereka memiliki kemajuan yang berarti.
  5. Hindari mengkritik jika anak belum berani tampil: Jika anak menolak untuk tampil karena berbagai alasan, jangan langsung mengkritiknya. Katakan pada anak bahwa anda bisa mengerti. Sampaikan padanya bahwa anda akan selalu ada untuk menemani dan membantu saat ia siap tampil di depan umum.
  6. Ajak anak melihat penampilan anak seusianya: Menyaksikan anak-anak seusianya beraksi di atas panggung bisa membuat iri. Hal ini pada akhirnya akan memotivasi anak untuk berani tampil di atas pentas. Jika ia tertarik untuk segera menunjukkan bakat yang dimiliki, anda jangan menunda lagi.  Daftarkanlah ia dalam berbagai kompetisi atau lomba-lomba yang sesuai dengan bakat dan minat.

Mudah bukan untuk melatih anak percaya diri?


Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 6 Cara Melatih Anak Percaya Diri Sejak Dini

Grosir Online Murah