Home » Wanita » Anak » 5 Penyebab Utama Anak Tidak Mau Makan
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

5 Penyebab Utama Anak Tidak Mau Makan

Tuesday, June 5th 2012. | Anak

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Banyak ibu-ibu yang tak menyadari penyebab anak tidak mau makan. Masalah ini biasanya akan terjadi pada anak yang masih berumur sekitar 1-5 tahun. Berbeda dengan orang dewasa, anak mengkonsumsi suatu makanan bukan karena ingin memenuhi kebutuhan gizi dan energi melainkan karena tantangan dan rasa ingin tahu. Untuk mengatasi anak yang susah makan, anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya dan menentukan solusi yang tepat.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

5 Penyebab Utama Anak Tidak Mau Makan

Berikut adalah 5 penyebab anak susah makan:

  1. Anak sudah kekenyangan saat jam makan malam tiba: Tak sedikit anak-anak yang melewatkan makan malam karena berbagai hal. Pada umumnya, mereka sudah kekenyangan saat jam makan malam tiba. Mengapa? Kebiasaan anak untuk jajan di luar seperti membeli coklat, minuman ringan, permen dan snack sesaat sebelum makan akan membuat perut serasa penuh. Agar anak tak terbiasa melewatkan makan malam, anda perlu mengatur konsumsi camilan tersebut. Anjurkan anak untuk menyantapnya beberapa jam sebelum makan malam. Jauhkan anak dari camilan yang tak sehat. Hidangkan sayur kukus, potongan buah, es krim, cake buatan sendiri ataupun yogurt sebagai alternatif camilan yang mengenyangkan dan menyehatkan.
  2. Anak sedang sedih atau sakit: Ketika anak tidak mau makan, anda perlu melihat aktifitas sehari-sehari yang dilakukan selama anak di rumah. Bisa jadi ia tak nafsu makan dikarenakan sedang sakit atau sedih. Jika terjadi perubahan pada mood anak yang semula cerewet, riang and aktif menjadi pribadi yang malas, pendiam, dan pasif , anda harus melakukan sesuatu. Cara yang paling tepat adalah  mengkomunikasikannya dengan baik. Jangan memaksa anak untuk makan jika ia memang tak ingin. Tanyakan mengenai permasalahannya jika ia sedang bersedih. Jika ternyata ia sakit, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  3. Bosan dengan menu makanan: Penyebab anak tidak mau makan selanjutnya berkaitan dengan menu yang tak variatif. Sebagai ibu, anda pintar-pintarlah dalam menghidangkan masakan. Balita biasanya akan cepat bosan jika yang tersaji di meja makan itu-itu saja. Belum lagi mereka merasa tidak nyaman dengan makanan campur aduk yang disajikan dengan cara diblender. Sebagai solusi, anda perlu sedikit kreatif. Pilih menu yang berbeda-beda setiap harinya. Anda bisa mencari inspirasi resep yang tepat di internet. Buatlah  notes tentang menu yang akan anda sajikan untuk anak dalam kurun waktu seminggu ke depan. Jika anak terlihat bosan dengan nasi, anda bisa menghidangkan roti, bakmi, pasta ataupun makaroni. Anak akan lebih lahap jika anda memisahkan antara lauk pauk dengan nasi. Kalau perlu hidangkan makanan dengan berbagai bentuk dan warna supaya anak tertarik. Anda bisa mencetak nasi atau lauk pauk menggunakan cetakan khusus yang berbentuk bunga, bintang, dll.
  4. Minum susu terlalu banyak: Konsumsi susu yang terlalu berlebihan bisa menjadi penyebab anak tidak mau makan. Banyak orang tua menganggap susu sebagai makanan serba guna yang bisa menggantikan makanan utama seperti lauk pauk, sayur, dan nasi. Kebanyakan orang tua cenderung tidak bisa bersabar ketika akan memberikan makanan tersebut pada anak sehingga mereka memilih jalan praktis dengan memilih susu yang mudah dibuat dan gampang dicerna anak. Pada anak yang telah memasuki usia 1 tahun, susu bukanlah makanan pokok. Susu hanya bisa memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium. Bagaimana dengan kebutuhan anak akan vitamin, mineral, protein dan karbohidrat? Apakah harus diabaikan begitu saja? Cara yang tepat untuk menyeimbangkan gizi adalah dengan mengurangi asupan susu pada anak. Cukup sajikan dua gelas susu setiap hari untuk anak berusia di atas satu tahun. Mulailah melatih anak untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang menyehatkan.
  5. Munculnya sikap pembangkangan anak: Ketika anak menginjak usia lebih dari dua tahun, sikap melawan, tidak patuh dan membangkang orang tua akan lebih sering muncul ketika ia dipaksa untuk menyantap makanan yang tak disukai. Bahkan ada juga anak yang dengan sengaja melempar dan melepeh makanan. Perilaku ini disebut sikap negativistik. Sikap semacam ini cukup normal terjadi pada anak yang masih balita. Anda harus lebih mengerti dan tidak memaksa anak dengan menggunakan cara-cara yang mengandung unsur kekerasan. Jangan sampai anak trauma dengan kekerasan saat ia masih kecil. Solusi dari problem tersebut adalah dengan berusaha memahami kondisi anak. Jangan menjadi orang tua yang diktator. Anda perlu mendengarkan pendapat dari sudut pandang mereka. Dengan komunikasi yang baik, tanyakan pada anak makanan yang disuka dan tidak suka. Dengan demikian, sikap negativistik sebagai penyebab anak tidak mau makan dapat terselesaikan dengan baik.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

penyebab anak tidak mau makan, penyebab anak melepeh makanan, agar anak usia 2 5 th mau makan jangan dot terus, penyebab orang tidak mau makan, penyebab bayi dua tahun aktif anak tidak mau makan, penyebab balita dari aktif menjadi pendiam, Orang sakit tak mau makan nasi Apa penyebabnya, mengapa bayi suka melepeh makanan, makanan alternatif anak usia 1 5 yang tidak suka nasi, kenapa bayi umur 1 tahun suka melepeh makanannya

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 5 Penyebab Utama Anak Tidak Mau Makan

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya