Home » Wanita » Anak » Tingkatkan Kreatifitas Anak dengan Latihan Menggambar
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Tingkatkan Kreatifitas Anak dengan Latihan Menggambar

Monday, May 28th 2012. | Anak

Tips Agar Cepat Hamil

Tingkatkan Kreatifitas Anak dengan Latihan Menggambar !CafeBerita.com – Latihan menggambar merupakan salah satu cara untuk mengasah dan meningkatkan kreatifitas anak. Anda dapat melatih anak sejak dini agar ia terbiasa mengungkapkan ide dan imajinasinya ke dalam kanvas. Anak yang tak dilatih sejak dini menjadi kurang peka akan kreatifitas. Saat ibu guru menyuruh menggambar suatu objek biasanya akan terkesan meniru dan seragam dengan anak-anak yang lain. Menggambar dan mewarnai merupakan kegiatan yang sangat penting untuk anak usia dini. Saat mereka belum bersekolah, tentu banyak sekali waktu yang luang. Ajaklah ia untuk menggambar dan mewarnai daripada hanya bermain atau menonton TV yang belum tentu bermanfaat untuk perkembangan buah hati. Kegiatan ini dapat meningkatkan fungsi emosi, sosial, kognitif dan fisik pada anak. Berikan ruang yang cukup bagi anak untuk mengekpresikan dirinya. Jangan pernah mendiktenya untuk menggambar subjek tertentu. Mari kita simak tips bagi orang tua yang ingin melatih anak menggambar dan mewarnai di rumah.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik
  1. Sediakan bahan yang aman : Sebagai langkah awal dalam latihan menggambar, anda perlu menyediakan peralatan dan bahan yang memadai. Pergilah ke toko untuk membeli buku gambar khusus atau kertas kanvas. Jika ini pertama kalinya bagi anak untuk mengenal warna, anda bisa membeli buku mewarnai. Peralatan yang digunakan harus aman dan tidak menggangu kesehatan si kecil. Pilih krayon, spidol, atau pensil warna yang berlabelkan nontoxic.
  2. Kerja sama ibu dan anak : Kerja sama antara ibu dengan anak sangat penting. Si ibu perlu membimbing anak ketika akan memberikan goresan di atas kertas. Jika ia menggambar sesuatu yang tidak berbentuk, anggaplah bahwa itu merupakan lukisan abstrak. Jangan pernah meremehkan hasil karyanya. Pada tahap awal, anak belum bisa menggambar sesuatu yang komplek seperti rumah, sawah, matahari ataupun pepohonan. Anda bisa membantunya untuk meningkatkan daya imajinasi. Misalnya, ketika ia menggambar huruf T, anda bisa membuat huruf tersebut menjadi lebih menarik dengan menambahkan gambar jembatan, gedung bertingkat, dan mobil. Dengan demikian, si anak akan terinspirasi untuk melakukan suatu terobosan baru dalam menambahkan guratan dan goresan di atas kertas.
  3. Jadilah teladan yang baik : Menjadi teladan bagi si kecil juga sangat penting dalam latihan menggambar. Anda tidak perlu mendiktenya untuk membuat sebuah objek yang sama persis. Cukup tunjukkan pada si kecil bahwa anda sangat menyenangi kegiatan menggambar dan mewarnai. Si kecil pun akan ikut-ikutan untuk menyukainya. Jangan lupa ajarkan konsep dan teknik menggambar yang baik. Anda bisa memberikan pengarahan tentang garis dan bentuk yang tebal, tipis, sempit, gelap, kontur, dan terang.
  4. Motivasilah anak agar kreatif : Ketika anda mendapati si kecil telah menyelesaikan gambarnya, mintalah ia untuk menceritakan gambar tersebut. Jangan pernah bertanya “ itu gambar apa sih?” atau “apa kamu yang gambar itu, kok aneh?”. Pertanyaan semacam ini akan membuat anak merasa telah melakukan kesalahan. Jangan membuatnya merasa malu dan tak percaya diri untuk menunjukkan hasil karyanya. Motivasilah dia untuk menerangkan gambar berdasarkan bentuk garis dan warna-warna cantik yang ia gunakan.
  5. Apresiasi hasil karyanya : Pujilah hasil karyanya, maka anak akan merasa senang dan termotivasi untuk menggambar sesuatu yang baru. Apresiasi terhadap karya si kecil juga bisa dilakukan dengan memajangnya di ruang keluarga. Bingkai gambar tersebut agar kelihatan menarik. Menempelkannya pada pintu lemari es juga merupakan suatu apresiasi yang membuat si kecil percaya diri dan bangga akan kemampuannya. Jika ada sanak famili yang datang ke rumah, anda bisa menunjukkan kepada mereka hasil karya anak anda.
  6. Memilih subjek yang ia suka : Biarkan ia memilih subjek yang disukai. Jangan memaksanya untuk menggambar pemandangan jika saat itu dia ingin menggambar tokoh kartun kesukaannya seperti Shaun the Sheep ataupun Sponge Bob. Jika anak masih terlalu kecil, gunakan lembar mewarnai untuk mengasah kreatifitas motorik halus anak. Biasakanlah dia untuk mengambil warna krayon atau spidol sesuai keinginan. Tekankan pada anak bahwa mewarnai tidak harus selalu sesuai dengan yang ada dalam kehidupan nyata. Misalnya, sponge bob selalu identik dengan warna kuning. Anak bisa mengambarnya dengan warna kombinasi biru, pink, dan merah jika memang itu merupakan ekspresi dari dalam dirinya. Kreatifitas merupakan sesuatu orisinil yang ada dalam imajinasi anak. Saat latihan menggambar, jangan pernah memaksanya untuk mengikuti keseragaman karena dapat membunuh bakat dan kreatifitasnya. (Agt)

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

latihan gambar anak, mewarnai gambar rumah bertingkat

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Tingkatkan Kreatifitas Anak dengan Latihan Menggambar

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya