Home » Wanita » Anak » Penyebab Pubertas Dini Pada Anak Perempuan
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Penyebab Pubertas Dini Pada Anak Perempuan

Sunday, May 27th 2012. | Anak

Penyebab Pubertas Dini Pada Anak PerempuanCafeBerita.com – Pubertas dini merupakan salah topik hangat yang diperbincangkan orang tua masa kini. Sebagai perbandingan, kebanyakan anak perempuan akan mendapatkan menstruasi pertama saat berumur 13 tahun pada tahun 1980-an. Saat mereka menginjak usia 11 tahun, payudara pun baru mulai tumbuh. Lalu bagaimana dengan anak jaman sekarang? Tentu terdapat perbedaan yang sangat mencolok. Tak perlu menunggu usia 13 tahun karena banyak anak perempuan sekarang yang telah mengalami menstruasi saat berumur 11 tahun. Tumbuhnya payudara pun banyak terlihat pada anak yang berumur 8 tahun. Jika anak mengalami pertumbuhan payudara saat berusia 9 tahun, maka anda tak perlu khawatir pertumbuhan tersebut masih normal. Biasanya setelah dua tahun anak akan mengalami menstruasi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pubertas dini pada anak perempuan. Mari kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik
  1. Nutrisi yang cukup : Kecukupan nutrisi ternyata sangat mempengaruhi pubertas pada anak perempuan. Bisa dibilang hal ini merupakan berita yang cukup menyenangkan bagi orang tua. Zaman sekarang ini perkembangan teknologi serta tingkatan ekonomi yang lebih baik membuat orang tua bisa memberikan makanan dengan gizi cukup. Beberapa dekade sebelumnya banyak anak mengalami kelaparan dan gizi buruk karena tingkatan ekonomi yang masih rendah. Hal ini menyebabkan anak zaman sekarang lebih cepat mendapatkan menstruasi pertamanya.
  2. Stimulasi seksual dari media : Media memiliki pengaruh besar terhadap pubertas anak perempuan. Sebagian besar penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyatakan bahwa media baik dalam bentuk film, majalah, video klip, program televisi maupun buku cerita memberikan stimulasi seksual pada anak. Mengakses media tanpa filter merupakan hal yang kurang baik bagi anak karena tubuh mereka menjadi dewasa sebelum waktunya. Stimulasi seksual yang berkelanjutan menyebabkan tubuh mereka merespon rangsangan tersebut.
  3. Angka obesitas pada anak yang semakin tinggi : Jika anak anda memiliki berat badan berlebih, kemungkinan ia akan mengalami pubertas dini. Obsesitas merupakan sebuah fenomena yang tak terbantahkan lagi. Tidak hanya anak laki-laki, tetapi juga banyak anak perempuan yang mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan kurangnya rolahraga, konsumsi makanan berlemak dan berminyak yang terlalu berlebihan. Proses pendewasan tubuh seperti menstruasi dan tumbuhkan payudara dipengarungi hormon yang dikeluarkan oleh sel lemak dalam jumlah yang berlebihan. Jadi jangan heran jika banyak anak perempuan berbadan subur yang lebih dulu merasakan menstruasi dibanding anak yang kurus dan kecil.
  4. Radiasi bahan-bahan kimia : Penyebab yang terakhir adalah radiasi atau paparan bahan-bahan kimia. Bahan kimiawi tersebut bisa terdapat dari berbagai sumber seperti makanan, lingkungan, dan kosmetik. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan menunjukan bahwa pengaruh bahan kimia bisa mempercepat terjadinya proses pendewasaan tubuh. Bahan-bahan kimia tersebut mengkontaminasi estrogen. Akibatnya, tanda-tanda pubertas dini seperti pertumbuhan payudara dan pinggul tak terelakkan lagi saat usia anak perempuan masih belia. (Agt)

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Penyebab Pubertas Dini Pada Anak Perempuan

Grosir Online Murah