Home » Wanita » Anak » 4 Cara meningkatkan prestasi belajar anak
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

4 Cara meningkatkan prestasi belajar anak

Wednesday, May 23rd 2012. | Anak

Tips Agar Cepat Hamil

Cara meningkatkan prestasi belajar anakCafeBerita.com – Orang tua yang peduli dengan keberhasilan anak perlu menerapkan cara meningkatkan prestasi belajar anak bukan hanya bergantung pada lingkungan di sekolah tetapi juga lingkungan di rumah dan masyarakat. Sekolah memang merupakan tempat belajar yang utama bagi anak. Serangkaian materi pelajaran pun diberikan oleh guru dengan tujuan untuk mengasah kemampuan otak dan mendewasakan anak. Keberhasilan anak di sekolah bukan hanya tanggung jawab guru tetapi juga orang tua di rumah. Pendidikan yang memadai bagi anak harus melibatkan orang tua. Oleh karena itu orang tua perlu memberikan dukungan yang tepat agar prestasi belajar anak semakin meningkat.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan prestasi belajar anak yang dapat di lakukan orang tua:

  1. Mengajarkan Disiplin dan Tanggung Jawab : Kedisiplinan dan tanggung jawab merupakan sikap yang perlu dimiliki orang tua yang menginginkan anak mereka berprestasi. Anda hanya perlu berlaku tegas, konsekuen dan displin, namun penuh dengan kasih sayang dan pengertian. Jangan memanjakan anak karena itu hanya akan membuatnya tidak mandiri dan tidak bertanggung jawab. Contoh kedisiplinan bisa dimulai dengan hal-hal kecil. Ketika anak mendapatkan pekerjaan rumah, ajarkan bahwa ia harus mengerjakan tugas rumahnya sendiri. Ketika ada yang tak ia mengerti, baru ia bertanya pada orang tua. Selain itu anda juga bisa memberinya sedikit tanggung jawab di rumah. Misalnya, membereskan mainan setelah dipakai, menyapu halaman, ataupun membersihkan tempat tidurnya secara rutin. Anda pun juga turut berperan aktif. Ingatkan anak jika waktu belajar telah tiba. Buatlah jadwal kegiatan belajar sehingga anda bisa memeriksanya setiap saat. Kegiatan yang kurang bermanfaat seperti main game dan menonton TV perlu dibatasi. Dengan demikian, si anak akan belajar untuk memenuhi kewajibannya bukan hanya sebagai seorang murid di sekolah tapi juga sebagai seorang anak di rumah.
  2. Menyediakan waktu untuk anak : Berkumpul bersama anak merupakan hal yang sangat utama. Sediakan waktu yang cukup untuk memperhatikan perkembangan pendidikannya di sekolah. Usahakan anak bisa bertemu dengan orang tua setiap pulang sekolah karena ia pasti punya beban tersendiri yang dirasakan saat di sekolah. Pancinglah anak agar ia menceritakan apa yang terjadi di sekolah entah itu mengenai pelajaran ataupun hubungannya dengan teman. Saat obrolan itu terjadi, anda bisa memberikan nasehat, bimbingan, serta pengertian.
  3. Perhatian orang tua : Perhatian orang tua yang cukup terhadap pendidikan anak bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan prestasi belajar. Anda perlu menerangkan pada anak mengenai tujuan dan nilai pendidikan untuk menyadarkannya bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting dan berharga. Berkunjung ke sekolah merupakan salah satu hal bijak yang bisa anda lakukan untuk memahami lingkungan sekolah. Selain itu dukunglah apa yang menjadi minat dan bakat anak. Misalnya, ketika ia ingin mengikuti kursus melukis, berenang, ataupun kursus bahasa inggris. Selama kegiatan tersebut positif, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk selalu mendukung. Pendekatan dan cara meningkatkan prestasi belajar semacam ini akan membuat anak semakin tertarik untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang ia miliki.
  4. Menjaga Kesehatan anak : Pastikan anak mendapatkan gizi yang baik dan seimbang. Kesehatan anak juga berpengaruh pada prestasi belajar. Anak yang sehat cenderung responsif dan bisa menyerap pelajaran yang diberikan ibu guru dengan lebih baik. Perbanyaklah menu yang mengandung protein dan serat. Jangan menjejali perut anak dengan junk food atau makanan cepat saji karena dapat mempengaruhi kecerdasan otak dan konsentrasi anak di sekolah. Anda pun juga bisa mengajak anak untuk berolah raga pagi bersama keluarga pada hari minggu. Lari-lari kecil di lingkungan rumah, bersepeda, ataupun berenang bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan dan mampu menyehatkan pikiran anak dari rutinitas sekolah. Anak memerlukan refresing sama seperti orang dewasa yang selalu sibuk bekerja.

Agar anak berprestasi, anda bukan hanya harus menjadi orang tua tetapi juga menjadi teman yang baik. Komunikasi yang tepat antara orang tua dengan anak merupakan cara meningkatkan prestasi belajar yang telah terbukti ampuh untuk diterapkan di rumah. (Agustina)

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

cara agar prestasi di sekolah semakin meningkat, cara prestasi semakin meningkat

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 4 Cara meningkatkan prestasi belajar anak

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya