Home » Wanita » Anak » 5 Cara Mengasuh Anak yang Salah
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

5 Cara Mengasuh Anak yang Salah

Thursday, May 3rd 2012. | Anak

Mengasuh Anak dengan cara yang salahMengasuh anak dengan baik tentu bukan hal yang mudah bagi orang tua. Kesabaran merupakan kunci utama dalam mendidik buah hati di rumah. Setiap orang tua memiliki cara masing- masing dalam mendidik anak. Perbedaan tersebut merupakan hal yang wajar mengingat setiap orang memiliki sudut pandang yang unik. Namun demikian, jangan sampai Anda mendidik anak dengan cara yang salah. Kesalahan tersebut dapat berakibat buruk bagi perkembangan buah hati di masa depan. Tentu Anda sebagai orang tua tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada anak Anda bukan? Kadangkala apa yang orang tua lakukan baik dalam bentuk perkataan, perbuatan, dan sikap dalam mendidik anak justru membuat mereka mengalami stres yang hebat. Memanjakan anak terlalu berlebihan dengan menuruti segala keinginannya juga bukan hal yang baik.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Mari kita simak lima cara mengasuh anak yang salah sehingga Anda tidak akan melakukan kesalahan tersebut di rumah.

  1. Terlalu sering memberi hadiah : Orang tua manapun pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati. Hadiah berupa mainan merupakan sesuatu yang digemari anak-anak. Akan lebih baik jika Anda tidak terlalu gampang memberikan hadiah pada Anak tanpa diikuti adanya prestasi yang memuaskan di sekolah. Gunakan hadiah sebagai motivasi agar anak tertantang untuk mengembangkan prestasinya. Anda cukup berjanji pada anak jika dia bisa mendapat nilai bagus, Anda akan memberikan hadiah. Dengan demikian Anda bisa membuat anak menyadari pentingnya pendidikan di masa mendatang.
  2. Mengabaikan anak karena kesibukan : Di zaman sekarang ini para orang tua sangat sibuk dengan pekerjan masing-masing sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk anak. Kesulitan ekonomi pun menjadi masalah utama yang tak kunjung terpecahkan. Demi membantu memenuhi kebutuhan keluarga, seorang ibu juga ikut bekerja mencari nafkah. Dengan demikian si anak tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Anda harus pintar membagi waktu. Tidak perlu seharian menemani anak untuk belajar atau berrmain. Perhatian kecil pun bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Contohnya, Anda bisa berdiskusi tentang kegiatan anak di sekolah. Tanyakan pada anak mengenai kesulitan-kesulitan yang dialami. Tekankan pada anak bahwa Anda sebagai orang tua akan selalu siap membantu untuk memberikan solusi jika mereka memiliki masalah. Dengan demikian anak tidak akan merasa sendiri karena Anda akan selalu ada untuk mereka.
  3. Terlalu menuntut : Hindari kebiasaan yang terlalu menuntut anak menjadi individu yang perfeksionis. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Namun, jangan sampai Anda terlalu memaksakan kemampuan anak. Ujian di sekolah sebenarnya merupakan beban yang sangat berat. Keinginan yang terlalu besar dari orang tua akan membuat si anak stres. Janganlah menuntut anak dengan nilai yang bagus. Sebaliknya motivasilah mereka untuk berusaha yang terbaik dan tekankan bahwa nilai yang buruk hanya sebuah kegagalan yang tertunda. Tentunya masih banyak waktu bagi si anak untuk memperbaiki diri.
  4. Membandingkan-bandingkan anak : Cara mengasuh anak selanjutnya yang perlu Anda hindari adalah membanding-bandingkan mereka. Secara tidak sadar para orang tua terlebih lagi seorang ibu seringkali membanding-bandingkan anak dengan teman sekelas, tetangga ataupun saudara. Perlu disadari bahwa setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda. Membandingkan anak tentunya akan membuat mereka semakin merasa terpuruk dan tidak berharga. Yang perlu dilakukan orang tua seharusnya adalah membantu anak untuk menemukan potensi dan bakat pada dirinya. Kembangkan bakat tersebut sehingga si anak bisa menunjukkan kelebihan dari pada kekurangan.
  5. Terlalu membebani anak dengan rutinitas yang menjemukan : Kegiatan akademik yang berlebihan tidak baik untuk perkembangan buah hati. Banyak orang tua yang terlalu membebani anak dengan jadwal les dan kursus yang terlalu padat. Anak juga memerlukan waktu untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman sebaya mereka. Anda juga perlu memberikan waktu yang cukup bagi anak untuk menyalurkan hobi yang disukai seperti berenang, bermain music dan menonton kartun.

Sudahkah Anda mengasuh anak dengan benar? ( CafeBerita.com)

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

cara mengasuh anak dengan benar, cara mengasuh

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 5 Cara Mengasuh Anak yang Salah

Grosir Online Murah