Home » Wanita » Anak » Jangan menghukum Anak Dengan kekerasan
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Jangan menghukum Anak Dengan kekerasan

Thursday, April 12th 2012. | Anak

Grosir Balmut Sprei Murah

menghukum anak dengan benarCafeBerita.com – Setiap anak pasti pernah melakukan kesalahan dan membuat geram orang tua. Namun, sangat tidak dibenarkan kalau bunda memberi hukuman fisik atau pukulan kepada si kecil. Semua psikolog membenarkan bahwa memukul atau hukuman fisik lainnya akan berdampak sangat buruk pada perkembangan mental dan emosi anak dimasa mendatang. Untuk itu orang tua perlu mengetahui cara-cara yang benar untuk menghukum anak agar tidak berdampak negatif bagi si anak.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Bunda harus menjadi figur yang tidak menyeramkan tetapi juga di segani oleh si kecil. Disegani bukan berarti bunda harus menjadi seorang diktaktor tetapi lebih menjadi orang tua dan teman yang menyenangkan. Kuncinya adalah bunda harus selalu konsisten dan mengajarkan si kecil untuk disiplin. Berikan contoh tentang kebiasaan baik seperti mencuci tangan, menggosok gigi, membereskan mainan, tidur siang tepat waktu dan sebagainya sehingga anak akan terbiasa disiplin dan konsisten seperti yang dicontohkan orang tuanya.

Apabila bunda memukul atau menyakiti si kecil ketika dia melakukan sebuah kesalahan, dampak negatifnya akan membuat si kecil mempunyai kecenderungan untuk melakukan hal yang sama. Ketika temannya atau orang lain melakukan kesalahan, si anak bisa saja memukul karena dia menganggap menghukum orang lain dengan cara seperti itu adalah benar. Intinya, mungkin bunda bisa menghentikan kenakalan atau kesalahan si kecil dengan memukul, tetapi bunda akan menemukan masalah lain pada perkembangan mental si kecil di kemudian hari.

Cara yang paling efektif adalah dengan mendiamkan si kecil ketika dia melakukan kesalahan dan tidak bisa menurut pada bunda. Cara ini ternyata cukup efektif dan telah sukses dilakukan oleh banyak bunda dengan si kecil berusia dibawah 5 tahun. Sedangkan, kalo si kecil sudah lebih besar dan lebih susah ditangani. Bunda bisa menghukumnya dengan memberi tugas rumah tambahan atau larangan untuk melakukan aktifitas favoritnya.

Dengan begitu, si kecil akan menyadari kesalahannya dan tidak melakukan hal yang sama di kemudian hari. Tapi ingat ya bun! Bunda harus selalu konsisten dan disiplin. Jangan menghukum secara keras baik fisik maupun mental, seperti memukul, mengurung si kecil di tempat tertutup dan sebagainya. Cara menghukum yang kasar atau kejam akan memberikan trauma dan dampak negative lainnya pada si kecil. (CafeBerita.com)

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Jangan menghukum Anak Dengan kekerasan