Home » Teknologi » Tips dan Tutorial » Cara Merawat Kartu Memori – Alat Penyimpan Data Digital
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Cara Merawat Kartu Memori – Alat Penyimpan Data Digital

Tuesday, November 27th 2012. | Tips dan Tutorial

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com -  Tips dan cara merawat kartu memori karna kartu memori merupakan media penyimpanan yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai perangkat digital untuk menyimpan data berupa foto, video, musik, dan lainnya, mulai dari ponsel hingga kamera saku pun menyematkan benda kecil ini. Kartu memori sendiri sudah menjadi komponen primer yang wajib ada pada setiap smartphone masa kini. Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang baik agar kartu memori tetap awet dan data didalamnya tetap terjaga dengan aman.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Lexar, salah satu dari sekian banyak produsen kartu memori (micro SD) beberapa waktu lalu membeberkan tips dan trik mengenai bagaimana cara memelihara dan merawat kartu memori agar tetap awet, aman, dan berjalan dengan baik. Berikut beberapa diantaranya :Tips - Cara Merawat Kartu Memori

  1. Gunakan ‘card reader’ berkualitas baik : Banyak diantara pengguna yang langsung mentransfer data dari kartu memori ke komputer melalui perangkatnya. Hal ini dianggap kurang efisien dan akan menguras baterai perangkat itu sendiri. Lexar menyarankan agar pengguna memakai card reader yang memiliki performa kencang, agar proses pentransferan data tidak memakan waktu yang cukup lama.
  2. Cabut kartu memori dengan cara yang benar : Setelah kegiatan transfer data dari kartu memori ke komputer selesai, pastikan bahwa Anda telah mengikuti proses pencabutan kartu memori dari card reader dengan cara yang benar dan aman untuk merawat kartu memori anda. Misalnya untuk pengguna Mac OS X, gunakan opsi ‘eject’, dan ‘safely remove hardware’ bagi pengguna Windows.
  3. Jangan mengganggu kartu memori ketika sedang mentransfer data : Seperti pada kamera digital maupun ponsel, perhatikan layar yang terdapat di kamera, terlebih lagi jika Anda telah memakai mode continuous shooting atau burst. Sebab disaat kamera sedang mengambil banyak gambar, kamera memerlukan waktu beberapa saat untuk menuliskan data ke dalam kartu memori. Jangan sekali-sekali Anda mematikan kamera saat bufering image, karena kemungkinan foto akan lenyap bila Anda mematikannya. Hal ini juga berlaku saat Anda melakukan transfer data melalui card reader agar Anda tidak mencabut card reader atau mematikan komputer saat proses upload sedang berlansung.
  4. Jangan panik bila kartu terkena air : Lexam mewanti-wanti agar pengguna tidak panik ketika memory card terkena siraman air. Lebih baik biarkan saja dulu hingga kartu mengering, kemudian pergunakan card reader untuk memindahkan data ke komputer.
  5. Update kartu memori : Kartu memori telah mendapatkan peningkatan usia dari waktu ke waktu, namun tetap disarankan agar pengguna selalu mengupdate kartu memori yang dimilikinya.
  6. Lakukan format : Lexar menyarankan agar pengguna selalu mem-format kartu memori secara periodik. Lakukan hal ini jika Anda telah membackup data yang ada di dalamnya. Sebab proses pemformatan akan menghapus seluruh data yang tersimpan pada memory card.
  7. Perhatikan kapasitas : Kapasitas kartu harus Anda perhatikan. Jangan menjejali kartu memori sampai penuh hingga tak ada lagi ruang yang tersisa. Akan lebih baik jika Anda mempunyai kartu memori cadangan, sehingga Anda tidak perlu mengandalkan satu kartu saja.
  8. Gunakan software penolong : Pernahkah Anda secara tak sengaja menghapus file yang Anda anggap begitu penting ? Tak perlu khawatir, untuk merawat kartu memori, sekarang telah banyak software yang menawarkan kemampuan untuk mengembalikan data yang telah terhapus.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

aplikasi untuk menjaga kartu memori, merawat kartu micro sd, merawat micro sd

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Cara Merawat Kartu Memori – Alat Penyimpan Data Digital

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya