Home » Serba-Serbi » Serba Unik » Sejarah Hukuman Mati dengan Kursi Listrik di Amerika
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Sejarah Hukuman Mati dengan Kursi Listrik di Amerika

Monday, January 21st 2013. | Serba Unik

CafeBerita.com – Sejarah hukuman mati dengan kursi listrik di Amerika. Setidaknya ada sekitar 22 negara di dunia yang memberlakukan hukuman mati, diantaranya di Cina, Indonesia, Arab Saudi, Amerika Serikat, Mesir, Pakistan, Jepang, Malaysia dan lain-lain. Bagi kebanyakan negara Eropa barat, Australia, Kanada, Filipina dan Argentina sudah tidak ada praktik hukuman mati. Hukuman mati bagi para terpidana kejahatan umumnya dilakukan dengan metode dipancung, digantung, suntik mati, dirajam dan yang paling sering adalah ditembak.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Namun di negara Amerika Serikat ada praktik hukuman mati dengan metode yang cukup unik, yaitu menggunakan “kursi listrik” (Electric Chair). Penggunaan kursi listrik ini pernah digunakan di beberapa negara bagian Amerika serikat, diantaranya adalah South Carolina, Virginia, Alabama, meskipun saat ini seseorang dapat memilih antara metode ini atau suntikan mati. Sedangkan di negara bagian Kentucky dan Tennessee kursi listrik pernah digunakan di masa lalu, namun sudah dipensiunkan, terkecuali bagi mereka yang melakukan kejahatan sebelum tahun 1998, karena pada tahun tersebutlah penggunaannya sudah tidak lagi praktekan. Dan satu-satunya negara bagian Amerika Serikat yang tetap gigih mempertahankan metode kursi listrik hukuman mati secara umum untuk terhukum adalah Nebraska.Amerika Serikat Berlakukan Hukuman Mati Dengan Kursi Listrik

Dalam eksekusi hukuman mati dengan kursi listrik ini sang terhukum diikat ke sebuah kursi khusus (biasanya terbuat dari kayu) dan disetrum melalui eketroda-elektroda yang sudah ditempelkan pada tubuhnya. Arus listrik bolak-balik akan melewati tubuh agar dapat mengakibatkan kerusakan pada organ-organ vital sang terhukum, termasuk otak. Pada sengatan listrik pertama dilakukan untuk membuat ketidaksadaran diri. Namun proses kematian lebih sering disebabkan karena rangsangan yang berlebihan dari listrik ke jantung.

Kursi listrik pertama kali dibuat oleh para pegawai “Thomas Alva Edison” di laboratoriumnya, Harold P.Brown dan dibantu “Arthur Kennely” seorang pegawai Edison’s chief engineer di West Orange. Ide untuk membuat kursi listrik sebagai metode “hukuman mati dengan kursi listrik” dicetuskan oleh seorang dokter gigi bernama Alfred P. Southwick tahun 1881. Ia memprihatinkan metode hukuman mati yang saat itu masih sangat tidak manusiawi yaitu eksekusi gantung. Ide menggunakan listrik muncul setelah ia mendengar ada seorang pemabuk yang tewas akibat menyentuh kabel listrik, dan kematiannya itu terjadi secara cepat serta tidak menimbulkan rasa sakit berlebihan.

Orang yang pertama kali menjalani hukuman mati dengan kursi listrik adalah seorang tahanan dari penjara Auburn, New York William Kemmler dan Ia di eksekusi tanggal 6 Agustus 1890. Sayangnya pada percobaan pertama ini dianggap kurang sukses, pada 17 detik pertama Kemmler hanya pingsan dan tidak meninggal. Setelah itu tahap kedua Kemmler dikejutkan dengan sengatan listrik sebesar 2000 volt, hal ini justru menyebabkan pembuluh darah di bawah kulitnya pecah dan berdarah, ditambah kulit disekitar elektroda hangus. Beberapa wartawan yang saat itu turut menyaksikan berkomentar “ini adalah tontonan yang sangat mengerikan, dan jauh lebih buruk daripada hukuman gantung”. Kursi listrik akhirnya diperbaiki lagi untuk membuatnya bekerja lebih efektif, tanpa menimbulkan kesakitan lama bagi terhukum.

Seorang wanita yang pertama kali di “eksekusi kursi listrik” adalah Martha M.Place pada tanggal 20 Maret 1899 di Sing Sing Prison.

Ada beberapa orang terkenal yang pernah di eksekusi hukuman mati dengan kursi listrik, diantaranya adalah Donald Henry Gaskin sang pembunuh terkenal, Hamilton Howard Fish seorang kannibal dan pemerkosa anak, Richard Hauptmann tersangka kasus penculikan dan pembunuhan anak, Gerald Eugene Stano yang membunuh 22 wanita dengan total korban sebanyak 41, dan masih banyak lagi.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

hukuman mati, hukuman kursi listrik, hukuman mati kursi listrik, kursi listrik hukuman mati, eksekusi disetrum, hukuman mati listrik, hukuman mati setrun listrik mp4, hukuman setrum, hukuman setrum mati, orang hukum mati listrik

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Sejarah Hukuman Mati dengan Kursi Listrik di Amerika

Grosir Online Murah