Home » Serba-Serbi » Serba Unik » 10 Fakta Unik Tentang Menara Eiffel
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

10 Fakta Unik Tentang Menara Eiffel

Friday, January 4th 2013. | Serba Unik

CafeBerita.com – Fakta unik tentang Menara Eiffel yang telah lama menjadi ikon negara Perancis dan kota Paris khususnya, menara besi ini dianggap sebagai bangunan tertinggi kota mode tersebut. Dalam bahasa Perancis, Menara Eiffel disebut “Tour Eiffel”, letak persisnya berada di Champ de Mars, tepi sungai Seine. Ketika selesai dibangun pada tahun 1889, struktur menara Eiffel menjadi yang tertinggi di dunia sampai pada tahun 1930 gelar ini digeser oleh “Chrysler Building”, di New York, Amerika Serikat.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

10 Fakta Unik Tentang Menara Eiffel

Dibalik itu ternyata ada banyak fakta-fakta atau kejadian unik yang dapat kita gali tentang menara Eiffel,dan berikut kami tuliskan 10 fakta unik tentang menara Eiffel:

  1. Nama Eiffel ternyata diambil dari seorang insinyur sipil asal Perancis terkenal bernama “Gustave Eiffel”. Dialah orang yang merancang Menara Eiffel dari awal hingga usai. Selain Menara Eiffel Patung Liberty di Amerika Serikat juga dibuat atas komandonya.
  2. Perawatan Menara Eiffel secara keseluruhan setidak-tidaknya membutuhkan 50-60 Ton cat untuk setiap 7 tahun sekali. Hal ini dilakukan guna mencegah Menara dari karat dan penampilan, warnanya pun dirubah menjadi warna cokelat kelabu.
  3. Dalam menara Eiffel terdapat 2 buah restauran mewah, yakni restauran Altitude 95 ditingkat pertama dan restauran Jules Verne. Kedua restauran tersebut hanya dikunjungi kalangan menengah ke atas karena sangat mahal.
  4. Pada tanggal 3 Juni 1902 pukul 21.20 Menara Eiffel pernah tersambar petir. Hal ini membuat kerusakan pada bagian yang berada di ketinggian 100 meter, lampu menaranya pun harus diganti setelah kejadian ini.
  5. Pada tanggal 4 Februari 1912 Seorang penjahit dan perintis pembuatan terjun payung asal Austria bernama Franz Reichelt tewas saat melakukan uji coba dengan parasut buatannya sendiri. Ia saat itu melompat dari ketinggian 60 meter dari dek pertama.
  6. Menara Eiffel pernah dijadikan papan iklan oleh sebuah perusahaan mobil Perancis, Citroen dari tahun 1925 sampai 1934. Tulisan besar Citroen memenuhi tiga sisi menara, ini juga sekaligus menjadi papan iklan terbesar sedunia.
  7. Pada masa Perang dunia II pernah ada rencana untuk meruntuhkan seluruh Menara Eiffel bulan Agustus 1944. Tidak lain dan tidak bukan ini adalah perintah dari diktator Jerman Nazi “Adolf Hitler”, yang saat itu ia terdesak oleh tentara sekutu ketika sudah mendekati Menara. Namun perintah ini ditolak oleh bawahan Hitler sendiri, yaitu Dietrich von Choltitz.
  8. Kebakaran pernah terjadi di puncak menara pada tanggal 3 Januari 1956. Insiden ini bermula dari sebuah percikan listrik yang berada di sudut puncaknya.
  9. Ada sebanyak 72 nama yang tertulis di Menara Eiffel, mereka terdiri dari para insinyur, ilmuwam dan tokoh-tokoh terkenal lain asal Perancis. Beberapa nama diantaranya ada fisikawan Charles Coulomb, matematikawan Jean Baptiste Fourier, fisikawan Andre-Marie Ampere, dan masih banyak lagi.
  10. Sejak selesai dibangun tahun 1889, Menara Eiffel setidak-tidaknya sudah dikunjungi oleh 200 juta wisatawan, dan rekor terbanyak adalah pada tahun 2006 yang saat itu pengunjungnya mencapai 6,7 juta.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

fakta unik negara perancis, fakta eiffel, fakta unik eiffel, foto menara eiffel unik, letak patung eiffel prancis, nama lain memara eiffel, patung eiffel di prancis, serba 10 fakta unik

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 10 Fakta Unik Tentang Menara Eiffel

Grosir Online Murah