Home » Serba-Serbi » Lingkungan » Dampak Positif Dan Negatif Eceng Gondok
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Dampak Positif Dan Negatif Eceng Gondok

Tuesday, November 20th 2012. | Lingkungan

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Dampak positif dan negatif eceng gondok. Eceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan air yang mengapung, nama Latinnya adalah Eichhornia crassipes. Jaman dahulu di Brazil sebenarnya Eceng gondok pernah dijadikan tanaman hias. Pengenalan secara universal dilakukan oleh seorang ahli Botani asal Jerman bernama Carl von Martius di sungai Amazon tahun 1824.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Dampak Positif Dan Negatif Eceng Gondok

Keunggulan Eceng gondok adalah kecepatan pertumbuhannya yang sangat tinggi dan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lain. Namun sering kali Eceng gondok disebut sebagai Gulma, yakni tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan.

Ada banyak dampak negatif yang disebabkan oleh Gulma Eceng gondok, diantaranya adalah

  • Dapat meningkatkan habitat bagi veckor penyakit pada manusia, khsusnya.
  • Mengganggu transportasi air, terutama di wilayah yang masih memanfaatkan sungai sebagai jalur transportasi.
  • Membuat berkurangnya jumlah cahaya yang masuk ke dalam air sehingga dapat menyebabkan level kelarutan oksigen dalam perairan atau disebut Dissolved Oxygen.
  • Kematian tumbuhan Eceng gondok akan mempercepat proses pendangkalan karena turun ke bawah dasar perairan.
  • Terjadinya evapotranspirasi yang cepat, karena penguapan dan hilangnya air lewat daun tanaman.
  • Mengganggu pemandangan, khususnya jika pada danau maupun sungai.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan Eceng gondok, selain dengan cara manual. Diantaranya adalah menggunakan Herbisida, yaitu senyawa material yang memang khusus digunakan memberantas Gulma. Selain itu juga dapat memanfaatkan ikan predator yang suka memakan Eceng gondok, yakni ikan Grass carp. Ikan jenis tersebut dikenal ampuh menyingkirkan Eceng gondok karena memakan akarnya, pemanfaatannya pernah dilakukan di danau Kerinci, provinsi Jambi.

Meski dianggap sebagai Gulma, namun saat-saat ini mulai banyak masyarakat yang benar-benar memanfaatkan Eceng gondok untuk kepentingan komersil. Pemanfaatan Eceng gondok tersebut diantaranya sebagai bahan pembuatan pupuk kompos, maupun organic, bahan bakar biogas, bahan pembuatan kertas, sebagai kerajinan tangan bahkan juga sebagai bahan baku pakan ternak dan unggas.

Sebuah penelitian pernah dilakukan mengenai Eceng gondok sebagai penangkal bahan kimia berbahaya. Ditemukan bahwa Eceng gondok cukup ampuh dalam menyerap polutan dari logam berat. Pada tahun 1977 dua ahli kimia asal Indonesia bernama Susilo dan Widyanto menyimpulkan bahwa dalam waktu kurang lebih 24 jam, Dampak positif eceng gondok dapat menyerap kandungan Merkuri, Nikel, logam Kadmium, dengan tingkat masing-masing 1,77 Mg/g, 1,16 Mg/g dan 1,35 Mg/g. selain itu penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Indonesia lainĀ  pada tahun 1986 menyebutkan bahwa logam Chrom dapat diserap secara maksimal oleh Eceng gondok pada pH7. Pada eksperimennya, logam Chrom yang semula mempunyai kadar 15 ppm dapat turun hingga mencapai kurang lebih setengahnya. Bahan kimia yang yang mampu diserap Eceng gondok adalah Residu pestisida.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

dampak positif eceng gondok, dampak eceng gondok terhadap lingkungan, efek positif eceng gondok?, mengapa eceng gondong di sebut sebagai gulma, dampak positif dan dampak negatif tumbuhan air, enceng gondok bahaya apa tidak untuk ternak ikan, dampak positif dan negatif tanaman air, eceng, dampak positif tumbuhan eceng gondok, dampak positif gulma air

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Dampak Positif Dan Negatif Eceng Gondok

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya