Home » Serba-Serbi » Komunitas » Komunitas Cosplay Indonesia
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Komunitas Cosplay Indonesia

Wednesday, November 28th 2012. | Komunitas

CafeBerita.com – Komunitas Cosplay Indonesia. Cosplay sebenarnya adalah istilah bahasa Inggris yang dibentuk dari tata bahasa Wasei-eigo  Jepang yang berarti penggabungan kata. Jadi secara literal Cosplay berasal dari gabungan dua kata “Costume” dengan “Play”, dan bisa diartikan hobi mengenakan pakaian beserta aksesoris maupun rias wajah sampai menyamai tokoh-tokoh kartun manga, anime, permainan video, manhwa, film kartun, tokoh idola bahkan penyanyi idola. Para pelaku Cosplay sering disebut sebagai Cosplayer, atau juga disebut “Layer”. Saat ini para penggemar dan pelaku Cosplay tidak hanya ada di Jepang, namun sudah banyak tersebar ke berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Cina, Filipina, negara-negara Eropa dan Indonesia.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Komunitas Cosplay Indonesia

Sejarah Cosplay di Jepang berawal dari penyelenggaraan konveksi fiksi ilmiah dalam bentuk peragaan busana pada tahun 1970’an. Saat itu prefektur Kanagawa menjadi tuan rumah kontes Cosplay untuk pertama kalinya. Beberapa tahun setelahnya majalah-majalah Anime di Jepang mulai memuat tentang artikel dan gambar Cosplay, bahkan pernah ada liputan besar-besaran Cosplay oleh majalah Fanroad edisi Agustus 1980. Majalah tersebut menyoroti para Cosplayer “Tominoko-zoku” di kawasan Harajuku. Hobi Cosplay akhirnya semakin meluas di Jepang sekitar tahun 1985 yang saat itu juga sedang populernya karun Kapten Tsubasa. Para Cosplayer banyak yang mengadopsi gaya berpakain kapten Tsubasa yang cukup sederhana dengan memakai kaos sepakbola timnas Jepang.

Di Indonesia sendiri budaya Cosplay tidak terlalu populer dan cukup jarang ditemui. Namun tetap saja ada peminatnya, dan memang sudah berkembang sejak tahun 2002. Kebanyakan mereka adalah para penggemar tokoh anime, manga, dan tokoh dalam video game. Awalnya penggemar Cosplay  sering menggelar aktivitasnya di kampus-kampus yang tedapat jurusan Sastra dan uniknya komunitas ini tidak membentuk  kepengurusan organisasi. Setiap kelompok bebas mendirikan komunitasnya masing-masing. Yang membuat Cosplay jarang diminati adalah karena biaya untuk membeli maupun menyewa kostum terbilang cukup mahal, para Cosplayer harus merogoh kocek sampai jutaan hanya untuk membeli satu kostum lengkap.

Saat ini telah tersedia fans page Facebook Komunitas Cosplay Indonesia, dan membernya sudah mencapai 2.000 orang lebih. Fans page tersebut menjadi pusat informasi kegiatan, event, dan pertemuan para Cosplayer Indonesia. Tercatat ada beberapa event Cosplay yang rutin digelar di Indonesia, khususnya di kota Jakarta dan Bandung, diantaranya adalah

  • Event Bunkasai, yang digelar di Kampus
  • Hellofest
  • Animonster event
  • Gelar Jepang di UI
  • Acara Extravaganza di salah satu stasiun televisi swasta.

Dirilis dari detik.com (7/8/2012), Cosplayer asal Indonesia berhasil meraih juara 3 dalam kompetisi kejuaraan World Cosplay Summit di Nagoya, Jepang. Cosplayer Indonesia yang diwakili oleh Yesaya Marito dan Rizki Karismana ini sukses menyingkirkan ratusan Cosplayer lain dari sekitar 20 negara yang ikut serta. Mereka hanya kalah dari dua Cosplayer dari tuan rumah Jepang yang menggunakan kostum karakter Hijikata Toshiz dan Kazama Chikage dari tokoh Hakuoki. Sedangkan Cosplayer Indonesia dari Komunitas Cosplay Indonesia menggunakan karakter tokoh Ingram serta Griffon yang diambil dari serial Patlabor Mobile Police.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

gambar cosplayer indonesia, komunitas cosplay

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Komunitas Cosplay Indonesia

Grosir Online Murah