Home » Serba-Serbi » Komunitas » Komunitas Jalan Sutra Komunitas Peduli Kebudayaan dan Boga
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Komunitas Jalan Sutra Komunitas Peduli Kebudayaan dan Boga

Monday, November 19th 2012. | Komunitas

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Komunitas Jalan Sutra adalah sebuah komunitas yang mempunyai kepedulian terhadap hal-hal yang menyangkut kebudayaan dan boga. Komunitas ini rajin berjalan-jalan mengelilingi Nusantara dengan tidak lupa untuk mencicipi kuliner khas daerah yang kunjungi. Sesuai dengan semboyannya komunitas Jalan Sutra “Sekali jalan-jalan terus makan-makan”.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Komunitas Jalan Sutra

Pendirian komunitas Jalan Sutra berawal dari sebuah artikel di media tentang pengalaman berwisata sambil kuliner oleh Bondan Winarto yang saat ini juga menjadi ketua komunitas. Kemudian dilanjutkan oleh Wasis Gunarto yang membuat milis yahoo di tahun 2003, inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya komunitas Jalan Sutra secara resmi. Sampai saat ini diperkirakan anggota komunitas Jalan Sutra diperkirakan sudah mencapai 12.000 orang. JSers adalah sebutan bagi para anggota komunitas Jalan Sutra.

Selain berinteraksi lewat dunia maya, komunitas Jalan Sutra juga kerap mengadakan pertemuan-pertemuan antar anggota setiap bulannya. Hal yang dibahas tentu saja adalah rencana untuk kegiatan berjalan-jalan dan tentang makanan. Setiap pengurus dan anggota dibebaskan untuk memberi usul mengenai tujuan wisata. Komunitas Jalan Sutra mencoba mengunjungi tempat-tempat yang unik dan menarik, bahkan bisa sampai ke pelosok Nusantara hanya untuk menikmati kulinernya.

Komunitas Jalan Sutra juga terdiri dari para reviewers yang handal mengenai dunia kuliner. Merekalah yang menganalisa, mengapresiasi dan memberi komentar mengenai makanan yang telah dinikmati. Mereka inilah yang dijuluki mempunyai “Lidah cerdas”. Beberapa waktu yang lalu komunitas Jalan Sutra mengunjungi pulau Dewata Bali untuk menikmati makanan khas Bali bersamaan saat upacara adat. Salah satu makanan yang dicicipi adalah Megibung, yang ditaruh pada satu talam yang berisi nasi serta lauk pauk, lalu dimakan secara bersama-sama. Cara makan yang unik ini memberi sensasi keunikan tersendiri bagi mereka. Selain Bali, beberapa tempat telah dikunjungi oleh komunitas Jalan Sutra seperti di Tanah Minang, Madura dan lain-lain.

Karena kekompakan antar anggotanya membuat komunitas ini dapat berkembang, bahkan bisa memunculkan bisnis baru kulier. Pada tahun 2009 saja sudah didirikan Koperasi Jalan Sutra yang bersifat independent karena berdiri sendiri dan tidak bermitra dengan institusi lain. Anggota lain juga pun turut berupaya mempopulerkan komunitas Jalan Sutra, beberapa diantaranya adalah seorang penulis Blog kuliner dan ada pula yang berprofesi sebagai fotografer. Lewat kerja sama inilah komunitas Jalan Sutra semakin banyak diminati oleh khalayak ramai.

Sebuah prestasi lain juga ditorehkan komunitas Jalan Sutra, yaitu masuk ke dalam 24 komunitas pilihan dengan judul “Indonesian Most Recommend Consumer Community” tahun 2011. Sebelumnya telah dilakukan wawancara dengan perwakilan komunitas oleh majalah SWA tentang Bisnis dan Komunitas. Hasil akhirnya, komunitas Jalan Sutra masuk dalam ranking ke 6, setelah dilakukan penilaian dengan 7 variabel, yaitu

  1. Kesolidan Komunitas
  2. Manfaat bagi para anggota
  3. Kepedulian terhadap lingkungan dan sosial.
  4. Eksistensi dan kopetensi dalam bidangnya
  5. Mau menerima hal-hal yang baru
  6. Kinerja dalam bekerja sama
  7. Kontribusi komunitas terhadap dunia bisnis

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Komunitas Jalan Sutra Komunitas Peduli Kebudayaan dan Boga

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya