Home » Serba-Serbi » Komunitas » Komunitas Reenactment – Si Kompeni Modern
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Komunitas Reenactment – Si Kompeni Modern

Tuesday, June 5th 2012. | Komunitas

CafeBerita.com – Ada berbagai cara orang dalam berpakaian, berexpresi, dari sekedar hobby atau sudah menjadi gaya hidup, semua sah-sah saja dilakukan, Umumnya, mereka ternaungi dalam sebuah kelompok atau komunitas tertentu yang sepaham, sepikiran maupun se-ideologi. Komunitas Reenactment, ya, tampaknya sangat asing di telinga tentang nama komunitas yang satu ini. Ada yang bilang ini adalah komunitas yang paling aneh dan unik, awalnya mereka adalah orang-orang yang suka mempelajari sejarah, terutama kemiliteran kolonial abad 19 dan awal abad 20 di mana saat itu adalah saat di mana satuan militer seluruh dunia memamerkan kehebatannya yaitu dekade perang dunia I dan perang dunia II. Mereka memerankan tokoh-tokoh militer dalam sejarah, dengan tujuan sebagai aktivitas pembelajaran sejarah yang lebih detail.
reenactment


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Komunitas Reenactment berusaha untuk saling mengenalkan sejarah kemiliteran lewat dandanan seragam militer mereka, juga reka ulang adegan-adegan militer lalu di dokumentasikan seolah-olah seperti foto-foto jaman dulu. Sebelum komunitas Reenactment menggelar adegan-adegannya, mereka terlebih dulu menentukan peristiwa sejarahnya dan mempelajari kejadian-kejadiannya agar terlihat seperti asli, Ya, kadang adegan-adegan ini bisa dibilang permainan perang-perangan.

Setiap anggota Reenactment memiliki seragam militer yang berbeda-beda, ada yang menggunakan seragam militer ala Belanda, jepang, Inggris, Amerika Jerman Nazi bahkan ada pula yang mengenakan seragam serdadu ala Ksatria salib (knight templar), lengkap pula dengan pernak-pernik pangkat, topi, helm bahkan senjata-senjatanya, meski bukan senjata asli.

Mereka mendapatkan barang-barang militer tersebut dari pasar loak, pameran-pameran, museum sampai di jual beli online melalui internet, Sering kali mereka harus impor barang-barang tersebut karena tidak terdapat di Indonesia. Namun ada pula yang harus membuatnya sendiri dengan bordiran dan jahitan seadanya.

Salah satu komunitas Reenactment terbesar di Indonesia adalah komunitas yang berada di Surabaya, Jawa timur, didirikan pada tahun 2002 yang merupakan pengembangan dari komunitas Airsofter Surabaya. Selain aktivitas peragaan adegan-adegan militer, dalam komunitas ini juga sebagai wadah berbagi informasi properti militer, dan jual beli apa saja yang berhubungan dengan Reenactment.

IDR (Indonesia Reenactors) adalah komunitas para Reenactment seluruh Indonesia, Jumlah anggotanya yang terdaftar dalam situs jejaring sosial Facebook adalah sebanyak kurang lebih 1300 orang. Ada jadwal untuk pertemuan setiap bulannya, untuk melakukan adegan-adegan, setiap anggota membawa koleksi-koleksi propertinya sendiri yang kadangkala di dokumentasikan dalam film-film pendek, juga sering kali IDR menggelar event pameran-pameran.

Beberapa adegan-adegan sejarah yang digelar diantaranya adalah Reka ulang TKR, peristiwa 10 november, perobekan bendera Belanda, pertempuran sekutu melawan Nazi Jerman yang kala itu diduga terdapat beberapa serdadu asal Hindia Belanda yang direkrut ke dalam divisi Waffen SS. Dalam hal ini kekompakan dan keseriusan antar anggota menjadi hal penting guna menjadikan adegan-adegannya seperti asli. Salah satu hasil karya film pendek komunitas Reenactment adalah The Volunters yang bercerita tentang satuan patroli Indonesia yang tiba-tiba di serang oleh tentara sekutu yang bersembunyi dibalik rumput ilalang, lalu menembakinya dengan senapan mesin dan mortir.

Komunitas Reenactment ini kerap kali disindir karena di anggap orang-orangnya Neo-Nazi, mungkin karena beberapa anggotanya sering menggunakan seragam tentara Nazi Jerman. Sangat menarik mempelajari dan meneliti sejarah dengan melakukan dramanya kembali, karena hal ini dapat meningkatkan jiwa nasionalisme dan semangat perjuangan, Lagipula sudah lama Indonesia tidak mengadakan kegiatan wajib militer sejak perang kemerdekaan terutama bagi generasi muda.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

jual seragam perang jaman dulu, komunitas reenactment indonesia, jual topi tentara jerman, cari jaket nazi surabaya, seragam kompeni belanda, seragam kompeni, kostum militer, kostum kompeni jaman belanda, Komunitas Pencinta Barang Militer, jual seragam TKR

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Komunitas Reenactment – Si Kompeni Modern

Grosir Online Murah