Home » Serba-Serbi » Budaya » Kesenian Ondel-Ondel, Kesenian Asli Masyarakat Betawi
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Kesenian Ondel-Ondel, Kesenian Asli Masyarakat Betawi

Thursday, December 20th 2012. | Budaya

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Mendengar kesenian ondel-ondel, pasti akan langsung terbayang Betawi atau Jakarta. Ondel-ondel memang lekat sekali kaitannya dengan Betawi atau Jakarta. Ondel-ondel merupakan ikon dari Ibu Kota Indonesia ini. Kesenian ondel-ondel merupakan pertunjukan Kesenian Asli Masyarakat Betawi yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Mengingat usia ondel-ondel yang tidak lagi muda, namun masih terpakai hingga kini, pastilah kesenian ini mempunya makna yang sangat dalam.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Ondel-Ondel, si Raksasa yang Sarat Makna

Ondel-ondel merupakan sebuah teater tanpa tutur yang dipersonifikasikan sebagai leluhur atau nenek moyang. Pada awalnya, ondel-ondel diciptakan sebagai pengusir roh halus atau sebagai media permohonan meminta keselamatan.

Ondel-ondel memiliki fisik sebagai boneka besar, dengan tinggi sekitar 2 meter hingga 3 meter. Bentuknya yang besar dan menyerupai raksasa tersebut terbuat dari rangka bambu. Rambutnya terbuat dari ijuk, dan wajahnya dilukis berwarna merah atau putih. Ada dua jenis ondel-ondel, ada yang berbentuk lelaki, biasanya berwajah merah dan yang perempuan yang wajahnya dicat berwarna putih atau kuning.

Kini, ondel-ondel sudah tidak digunakan sebagai “pengusir roh halus” atau sebagai bentuk permohonan meminta keselamatan lagi, namun sebagai arak-arakan dalam pesta pernikahan atau perayaan sunatan anak laki-laki. Tidak hanya itu, kini ondel-ondel selalu hadir setiap Ibu Kota Jakarta merayakan hari ulang tahunnya.

Bagai sepasang pengantin, ondel-ondel menari dengan gerakannya yang khas. Satu ondel-ondel digerakan oleh satu orang yang berada di dalamnya. Musik yang digunakan untuk mengiringi ondel-ondel tidak tentu, terkadang “gamelan”, “tanjidor”, ada pula yang diiringi “rebana ketimpring”. Ondel-ondel biasa pula dikolaborasikan dengan “pencak Betawi”.

Meskipun sebagian orang menganggap wajah ondel-ondel menyeramkan, namun kesenian ini memiliki sarat makna. Dimulai dari warisan leluhur yang menggunakan ondel-ondel sebagai pengusir roh, penolak bala, atau perwujudan leluhur mereka, hingga kini digunakan sebagai ikon kota Jakarta dengan kesenian sebagai induknya. Ondel-ondel tidak akan lekang dimakan zaman, selama warga kota Jakarta atau “suku Betawi” tetap menghargainya. Ada beberapa kesenian yang mirip dengan ondel-ondel, di Bali bernama barong landung, sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama barongan buncis. Meskipun mirip, ondel-ondel Betawi lah yang paling dikenal oleh masyarakat, bahkan menjadi simbol kota Jakarta.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

artikel ondel-ondel Betawi, gamelan ondel ondel jakarta, ondel ondel jelek, simbolisme ondel ondel

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Kesenian Ondel-Ondel, Kesenian Asli Masyarakat Betawi

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya