Home » Serba-Serbi » Biografi » Penemu-Ilmuwan » Anaximandros Pembuat Peta Bumi Pertama
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Anaximandros Pembuat Peta Bumi Pertama

Thursday, December 13th 2012. | Penemu-Ilmuwan

CafeBerita.com – Anaximandros, namanya mungkin kurang begitu terkenal jika dibandingkan dengan Aristoteles, Archimedes atau Plato. Namun karya-karyanya cukup besar dan turut mempengaruhi pemikiran para ilmuwan modern di masa setelahnya. Anaximandros lebih dikenal sebagai seorang “filsuf handal”, namun ia juga merupakan seorang yang ahli dalam bidang “astronomi, geografi”, dan Antropologi. Diperkirakan Anaximandros lahir pada tahun 610 SM, karena tercatat ia sudah berusia 63 tahun saat pagelaran Olimpiade 58 yang dilaksanakan tahun 547-546 SM.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Anaximandros merupakan lulusan dari sekolah filsuf Miletos yang terletak di kota Miletos, Asia kecil dan menganut aliran filsafat Ionia dan filsafat Natural . Para sejarawan membuktikan bahwa Anaximandros adalah orang pertama yang meninggalkan karya tulisnya dalam bentuk prosa, hal yang jarang dilakukan ilmuwan Yunani klasik lain.Anaximandros Pembuat Peta Bumi Pertama

Beberapa karya-karya penting dari Anaximandros diantaranya adalah :

  1. Pembuatan peta bumi : Ini adalah salah satu jasa Anaximandros bagi bangsa Yunani kuno karena membuat peta bumi pertama kali. Pembuatan peta tersebut adalah untuk sebuah ekspedisi dari Miletos ke wlayah Apollonia di sekitar Laut Hitam guna mendirikan kota bagi para perantauan. Meskipun peta Anaximandros sangat sederhana, namun penggambarannya hampir mendekati peta modern yang ada saat ini.  Karya inilah yang kemudian memberi inspirasi bagi Hecataeus seorang sejarawan yang membuat peta dengan versi lebih akurat.
  2. Jam Matahari Gnomon : Anaximandros mempunyai ketertarikan mengenai pengukuran waktu. Hasilnya ia membuat sebuah jam Matahari yang disebut Gnomon, jam tersebut dibuat sangat sederhana karena hanya terdiri dari sebuah pilar vertikal yang dipasang pada bidang horizontal. Posisi bayangan pada arah batang menunjukan waktu hari.
  3. Mendeteksi bencana alam : Entah alat apa yang digunakan oleh Anaximandros untuk mendeteksi gempa bumi. Dalam catatan filsuf Cicero dinyatakan bahwa Anaximandros pernah menghimbau penduduk kota Lacedaemon untuk pergi karena akan datang gempa. Prediksinya tepat, setelah Anaximandros mengucapkan hal tersebut tidak lama kemudian kota tersebut runtuh karena gempa bumi.
  4. Filsafat Apeiron : Apeiron merupakan sebuah prinsip abstrak yang kemudian menjadi prinsip dasar segala sesuatu. Ini adalah sifat ilahi yang tidak terbatas, abadi, tidak terubahkan serta meliputi segalanya. Prinsip Apeiron menjadi dimana segala sesuatu yang ada dalam alam sebagai unsur-unsur berlawanan, seperti panas dan dingin, malam dan terang maupun kering dan basah. Pemikiran ini sebenarnya justru bertentangan dengan konsep prinsip “Arche” dari Thales yang menyatakan bahwa air merupakan prinsip dasar dari segala sesuatu.
  5. Fenomena meteorologi : Anaximandros tidak mempercayai bahwa guntur, petir adalah sesuatu yang disebabkan oleh hal-hal ilahi. Pemikirannya sangat ilmiah karena ia menganggap fenomena tersebut akibat dari intervensi dari elemen. Ia menyatakan bahwa guntur merupakan angin yang terlalu lemah untuk memancarkan sambaran api (petir) sehingga hanya menghasilkan suara saja. Sedangkan petir dianggapnya sebagai hasil aliran udara yang tebal serta lebih keras. Pemikiran ini tentunya sangat jauh berbeda dengan orang-orang di masanya, karena masih banyak yang mengira bahwa fenomena tersebut dihasilkan dari hal-hal gaib.
  6. Teori Evolusi : Jauh sebelum Charles Darwin mengungkapkan teori evolusi manusia yang terkenal itu, Anaximandros juga pernah menyatakan hal yang hampir sama meskipun lebih banyak perbedaannya. Anaximandros mengajukan ide tentang manusia yang awalnya merupakan ikan-ikan yang kemudian berevolusi menjadi manusia. Ide ini dijelaskannya setelah ia berpendapat bahwa bumi asal mulanya terdiri dari air, karena suhunya panas membuat ada wilayah laut yang mengering dan akhirnya menjadi daratan. Ikan-ikan dianggapnya makhluk yang naik ke daratan untuk kemudian lambat laun berubah menjadi bayi.

Anaximandros diperkirakan meninggal pada tahun 546, 2 tahun sebelum kematian Thales.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

bangsapertamapembuat peta, pembuat peta bumi, Bangsa yang pertama kali membuat peta, biografi ilmuan penemu peta, ilmuwan anaximandros, ilmuwan yunani anaximandros, karya anaximandros, penemu peta pertama, penemuan peta pertamakali

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Anaximandros Pembuat Peta Bumi Pertama

Grosir Online Murah