Home » Serba-Serbi » Biografi » Penemu-Ilmuwan » Biografi John Forbes Ilmuwan Matematika Peraih Hadiah Nobel
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Biografi John Forbes Ilmuwan Matematika Peraih Hadiah Nobel

Tuesday, October 23rd 2012. | Penemu-Ilmuwan

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Pria bernama lengkap John Forbes Nash Jr. adalah seorang ilmuwan Matematika yang juga ahli dalam bidang Ekonomi, geometri diferensial, persamaan diferensial parsial dan teori permainan.  Forbes lahir pada tanggal 13 Juni 1928 di Bluefield, Virginia Barat, Amerika Serikat. Dia berasal dari keluarga yang mampu, ayah Fobes adalah seorang teknisi dan insinyur kelistrikan yang bekerja di perusahaan Appalachian Electric Power Company. Sedangkan ibunya, Margareth Virginia Martin bekerja sebagai guru. Sejak masa kecilnya Forbes sudah diajar secara privat oleh kedua orang tuanya di rumah, selain pada sekolah formal. Ayahnya memberi dukungan penuh kepada John Forbes mengenai studinya, ada banyak buku ilmiah dan ensiklopedia yang sudah dibacanya.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

John Forbes

John Forbes mengenyam pendidikan di Carnegie Institute of Technology (Carnegie Mellon University) dan lulus menjadi Sarjana pada tahun 1948 dengan gelar Master matematika. Setelah itu Forbes melanjutkan studinya di Princeton University, dan lulus pada tahun 1950 dengan gelar Doktor. Kemudian ia hijrah ke Boston dan menjadi anggota terkemuka Staf Pengajar di Massachusetts Institute of Technology. Namun sejak masa mudanya Forbes dikenal sebagai orang yang angkuh, sombong dan elit di mata rekan-rekannya, walaupun banyak diantara mereka mentolerir karena kecerdasannya.

Salah satu karya John Forbes yang terkenal adalah Teori Nash Equilibrium (Nash keseimbangan). Teori tersebut adalah konsep dari sebuah solusi permainan yang melibatkan dua orang atau lebih pemain, dimana pada setiap pemain diasumsikan mengetahui strategi masing-masing lawannya. Selain itu setiap pemain juga dilarang mengubah strateginya sendiri secara sepihak. John Forbes mengemukakan Nash Equilibrium tersebut pada tahun 1951 yang ditujukan untuk artikel non koperasi. Sebenarnya inti dari teori Nash Equilibrium difungsikan hanya pada jangka waktu pendek, dan untuk interaksi yang timbul sekali. Selain dalam bidang Ekonomi Nash Equilibrium juga telah banyak diaplikasikan untuk menganalisis situasi yang tidak bersahabat seperti perang, konflik persenjataan, termasuk pula tentang pengaturan lelang, arus lalu lintas, peraturan lingkungan, bahkan untuk tendangan pinalti pada sepak bola.  Teori Nash Equilibrium inilah yang membuat Forbes meraih gelar Ph.D di Universitas Princeton.

Studi John Forbes mengenai Nash Equilibrium kemudian dapat dikembangkan menjadi beberapa artikel yang dapat dipublikasikan, diantaranya adalah:

  • Equilibrium Points in N-person Games, yang diterbitkan tahun 1951 di Proceedings of the National Academy Seciences Amerika Serikat.
  • Two person Cooperative Games, yang diterbitkan tahun 1953. Artikel ini dapat dilihat  pada catatan Econometrica.
  • The Bargaining Problem, yang diterbitkan tahun 1950.

Karya John Forbes yang lain ialah mengenai Geometri Aljabar, yang merupakan cabang penggabungan dari Aljabar Abstrak. Geometri Aljabar sendiri merupakan penyelesaian permasalahan Geometri terhadap persamaan Polinomial. Untuk catatan John Forbes tentang Geometri Aljabar termuat dalam artikel berjudul “Real algebraic manifolds” terbitan tahun 1952.

John Forbes pernah tampil dalam majalah Fortune sebagai ilmuwan matematika yang sukses, namun ia menganggap dirinya masih gagal karena belum meraih medali Field yaitu sebuah gelar tertinggi dalam bidang matematika.

Di sini lain Forbes pernah membuat skandal setelah ia menghamili seorang wanita bernama Eleanor Steir, namun Forbes tidak mau mengakui anak tersebut. Setelah itu Forbes justru menjalin hubungan asmara dengan wanita lain, yaitu seorang mahasiswi fisika dari El Salvador bernama Alicia Lopez Harrison de Larde. Forbes menikahi Alicia pada bulan Februari 1957, dan dikaruniai seorang anak yang dinamai John Charles Martin Nash.

Anehnya setelah pernikahannya, Forbes mengalami gangguan kejiwaan Skizofrenia, yaitu gangguan jiwa psikotik yang diikuti dengan delusi atau keyakinan salah serta halusinasi. Puncaknya adalah ketika ia melihat orang-orang yang memakai dasi merah, hal itu dianggapnya sebagai konspirasi komunis terhadap dirinya. Parahnya, Fobes langsung mengirim surat kepada kedutaan di Washington D.C yang berisi laporan bahwa mereka akan melakukan kudeta dan membentuk pemerintahan komunis baru. Akhirnya Forbes dirawat di rumah sakit McLean, dekat Boston antara bulan April hingga Mei 1959. Setelah itu ia mengundurkan diri sebagai staf pengajar dan menyatakan pension dan kemudian pindah ke Eropa. Ia tinggal di Paris, Perancis, namun disana ia bermasalah sehingga ditangkap oleh Polisi setempat dan kemudian dideportasi kembali ke Amerika Serikat.

Forbes sempat bercerai dengan istrinya pada tahun 1963, namun dikabarkan pada tahun 2001 mereka menikah lagi. Mereka tinggal di wilayah Windsor Township, New Jersey. Salah satu prestasi John Forbes yang tertinggi adalah Hadiah Nobel Ekonomi pada tahun 1994 bersama Reinhard Selten dan John Charles Harsanyi.

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Biografi John Forbes Ilmuwan Matematika Peraih Hadiah Nobel

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya