Home » Serba-Serbi » Biografi » Penemu-Ilmuwan » Biografi Alexander Bain Penemu Mesin Fax
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Biografi Alexander Bain Penemu Mesin Fax

Friday, October 5th 2012. | Penemu-Ilmuwan

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Nama Alexander Bain memang lebih dikenal sebagai penemu mesin Fax (Faksimile) pertama kali. Namun disisi lain ternyata pekerjaan asli dari Bain adalah seorang pembuat jam dan teknisi mesin serba bisa. Alexander Bain lahir pada Oktober 1811 di Watten, Caithness, Negara Skotlandia. Ia berasal dari keluarga yang sederhana, ayahnya hanyalah seorang petani miskin, selain itu Bain juga mempunyai saudara kembar bernama Margaret Bain. Saudara Bain secara total berjumlah 12, yang terdiri dari 6 laki-laki dan 6 perempuan. Sejak masa kecilnya, Alexander Bain tumbuh sebagai seorang bocah yang biasa-biasa saja, ia sama sekali tidak memiliki prestasi di sekolahnya.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Alexander Bain Penemu Mesin Fax

Kemiskinan membuat Alexander Bain harus pergi dari desanya untuk merantau ke kota dan mencari pekerjaan. Setelah belajar seni membuat jam, ia hijrah ke Edinburgh untuk beberapa waktu. Tahun  1837 Bain pergi ke London dimana ia mendapat pekerjaan magang harian di Clerkenwell. Sejak saat itu lambat laun Bain menjadi seorang ahli jam dan teknisi benda-benda elektronik. Bahkan ia juga sering memberi seminar di Lembaga Politeknik dan Galeri Adelaide. Uang yang ia dapatkan dari hasil kerja kerasnya digunakan untuk membangun sebuah bengkel pribadi yang terletak di Hanover street.

Alexander Bain pernah mendapat masalah besar ketika ia berhasil mengembangkan sebuah jam elektrik. Benda ciptaannya tersebut diklaim oleh Sir Charles Wheatstone yang juga merupakan pemilik the Mechanics Magazine (Majalah permesinan). Saat itu Wheatstone mempublikasikan jam elektronik kepada Royal Society, namun jam tersebut sudah terlebih dahulu diajukan hak patennya oleh Bain. Kemudian Bain memberi bukti penemuannya kepada perusahaan elektronik telegraf milik Wheatstone, House of Lords dan memenangkan gugatannya. Hasilnya perusahaan  tersebut harus membayar uang sebesar £ 10.000 kepada Bain, sekaligus menjadikannya sebagai manajer perusahaan.

Alexander Bain melakukan percobaan mengenai mesin Fax antara tahun 1843 sampai 1846. Dia menggunakan bantuan jam untuk sinkronisasi gerakan dua pendulum, baris demi baris untuk menghasilkan scanning sebuah pesan. Untuk bagian transmisinya, Bain menggunakan pin logam yang diterapkan pada sebuah silinder yang terbuat dari bahan isolasi. Bain mempercayai bahwa simbol yang digunakan pada sandi Morse bisa diterapkan secara visual, karenanya akan digunakan untuk mengirim informasi jenis lainnya. Penerapan sinyal-sinyal listrik untuk mesin Fax memanfaatkan dari operator Telegraf. Selanjutnya Pesan yang dikirimkan dari mesin Fax akan direproduksi pada stasiun penerima dan melewati kertas elektrokimia yang sensitif karena sebelumnya telah diberi larutan kimia. Sinyal-sinyal yang ada membuat bahan kimia tersebut menguap serta meninggalkan tanda panjang atau pendek dalam kode morse. Tanda-tanda tersebut memungkinkan pengiriman pesan dengan cara yang lebih cepat dan juga dapat digunakan alat perekam.

Alexander Bain menamakan penemuan mesin Fax tersebut dengan nama “Recording Telegraph” atau Telegraf perekam. Recording Telegraph ini dapat mengirimkan gambar melalui kabel elektrik.

Bain melakukan paten terhadap mesin barunya tersebut pada tanggal 27 Mei 1843, namun ia juga menjelaskan bahwa mesin Fax temuannya masih membutuhkan pengembangan dan perbaikan lebih lanjut. Bain juga menjelaskan bahwa sistem  pemancar dan penerima terhubung dengan lima buah kabel. Beberapa tahun setelahnya ilmuwan lain yang bernama Frederick Bakewell berhasil memperbaiki mesin Fax buatan Bain, dan memperoleh hak paten atasnya dengan nama “Image Telegraf” tahun 1848.

Penggunaan mesin Fax untuk komersil pertama kali dikembangkan oleh seorang biarawan dan ahli fisika dari Italia bernama Giovanni Caselli. Saat itu ia menyediakan layanan Fax antara kota Lyon dan Paris, setidak-tidaknya 11 tahun sebelum penemuan teknologi Telepon. Mesin Fax temuan Caselli tersebut dinamai “Pantelegraf”.

Meskipun sukses dalam pekerjaannya, namun Bain pernah bangkrut dan jatuh miskin. Awalnya ia membuat benda temuannya dalam jumlah yang sangat besar, namun ternyata rugi. Beruntunglah Bain masuk dalam daftar orang-orang sipil yang memperoleh dana pensiun dari perdana menteri William Ewart Gladstone dengan jumlah £ 80 per tahun.

Alexander Bain meninggal pada tanggal 2 Januari 1877 di Broomhill, Kirkintilloch, Skotlandia. Jasadnya dimakamkan di pemakaman Auld Aisle, dan pada batu nisannya ditulis “Inventor of the electric clock and the electric printing telegraph”. Salah satu jam elektrik buatan Alexander Bain dipanjang dalam Deutsches Uhrenmuseum.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

alexander bain adalah ahli, alexander bain berasal dari mana, kisah alexsander penemu mesin waktu, Penemu faksimile, penemu fax dan tahunya, penemu faximile

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Biografi Alexander Bain Penemu Mesin Fax

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya