Home » Serba-Serbi » Biografi » Penemu-Ilmuwan » Biografi Charles Coulumb, Fisikawan Penemu Hukum Coulumb
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Biografi Charles Coulumb, Fisikawan Penemu Hukum Coulumb

Monday, August 27th 2012. | Penemu-Ilmuwan

Grosir Balmut Sprei Murah

Cafeberita.com – Penemuannya sangat berpengaruh besar dalam bidang fisika, matematika dan kelistrikan. Charles-Augustin de Coulomb atau lebih dikenal dengan nama Charles Coulomb, ia adalah seorang fisikawan, ahli matematika dan insinyur asal Perancis. Bagi murid-murid SMA sederajat namanya lebih dikenal sebagai satuan listrik yaitu Coulomb (disingkat C). lahir pada tanggal 14 Juli 1736 di Angouleme, Perancis, Charles Coulomb berlatar belakang sebagai anggota keluarga bangsawan sehingga perekonomian dan pendidikannya cukup terjamin. Coulomb menyelesaikan pendidikannya di Ecole du Jin pada bulan November tahun 1761. Setelah lulus ia justru lebih banyak menggeluti bidang teknik, bahkan ia pernah di kirim ke Martinique wilayah Hindia barat tahun 1764, sebuah wilayah koloni Perancis. Disana Coulomb ditugaskan untuk membangun proyek benteng Fort Bourbon hingga tahun 1772.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Charles Coulumb Penemu Hukum Coulumb

Selesai bertugas di Hindia barat, Charles Coulomb di kirim ke wilayah Bouchain sekitar Perancis utara. Disinilah ia mulai banyak menuliskan karya penting bidang mekanik saat bekerja untuk Academie des Sciences Paris tahun 1773. Proyek lain Coulomb adalah pembuatan benteng menggunakan kayu di Rochefort yang ia kerjakan bersama teman dekatnya Marquis de Montalembert.

Setelah lama berugas Charles Coulomb kembali ke Paris dan diangkat menjadi anggota Akademi ilmiah di tahun 1781. Saat itulah ia mulai melakukan penelitian mengenai elektrostatika dan magnet. Hasilnya di tahun 1785 keluarlah “Hukum Coulomb” yang agak mirip dengan Hukum Gravitasi Newton, dengan teori: “Daya tarik dan tolak kelistrikan antar dua benda yang memiliki muatan listrik adalah perkalian muatannya dengan kuadran terbalik dari jaraknya”. Pada intinya Hukum Coulomb adalah penjelasan hubungan antar gaya yang timbul antara dua titik muatan yang terpisah dalam jarak tertentu. Coulomb dilambangkan C dan menjadi satuan SI (Système International d’Unités) dalam muatan listrik, serta didefinisikan Ampere bahwa: 1 Coulomb adalah banyaknya muatan listrik yang dibawa oleh sebuah arus sebesar 1 Ampere yang mengalir dalam waktu 1 detik. Dalam 1 Coulomb sama dengan 6.24 x 1018 kali muatan elektron. Selain itu dalam percobaannya Coulomb juga melihat bahwa daya magnet mengikuti hukum kuadran terbalik seperti yang terdapat pada daya listrik statis.

Penemuan Hukum Coulomb selanjutnya dikembangkan oleh ilmuwan lain seperti Simeon Poisson dan Hans Christian Ørsted serta menjadi dasar penelitian elektrodinamika yang dilakukan oleh Andre-Marie Ampere.

Selain penemuan Hukum Coulomb dalam bidang kelistrikan, Coulomb juga pernah melakukan percobaan dengan kompas magnet. Ia menyimpulkan bahwa gesekan yang terjadi pada sumbu jarum akan membuat kesalahan. Kemudian ia mengembangkan kompas dengan menggunakan jarum yang tergantung pada benang dengan lembut. Coulomb berpendapat bahwa besarnya puntiran benang harus sama dengan kekuatan yang mengenai jarum dari medan magnet bumi. Percobaan ini pula yang menjadi cikal bakal penemuan Timbangan Puntir, yakni timbangan untuk menimbang benda-benda yang sangat ringan beratnya.

Untuk Timbangan Puntir sendiri dibuat dengan menggerakan dua buah bulatan yang bermuatan listrik. Coulomb membuktikan bahwa kekuatan diantara kedua benda tersebut berbeda jika saling menjauh. Selain itu Coulomb juga merupakan tokoh perintis sistem teori pelumasan yang tujuannya untuk mengurangi gaya gesek. Karya-karya dan teori penemuan Charles Coulomb ditulis dalam sebuah buku berjudul “Teori Tentang Mesin Sederhana” yang diterbitkan pada tahun 1779. Sedangkan penemuannya di bidang kelistrikan baru diterbitkan antara tahun 1785 hingga 1789.

Beberapa lama disaat terjadinya peristiwa Revolusi Perancis, Charles Coulomb hijrah dari Paris ke sebuah wilayah perkebunan kecil di Blois dan tinggal bersama rekannya sesama ilmuwan “Jean-Charles de Borda”. Namun pada masa pemerintahan Revolusi Charles Coulomb dipanggil kembali untuk mengambil bagian dalam penentuan bobot dan ukuran timbangan. Selanjutnya ia diberi jabatan sebagai Inspektur pengintruksi publik pada tahun 1802. Tidak berapa lama kesehatan Coulomb semakin memburuk. Ia meninggal empat tahun kemudian di Paris, tepatnya pada tanggal 23 Agustus 1806, Saat itu Coulomb berusia 70 tahun.

Di Perancis sendiri, saat itu Charles Coulomb justru lebih dikenal dalam bidang tekniknya. Ia meninggalkan warisan sebagai pelopor dalam bidang rekayasa Geoteknik atas kontribusinya untuk mempertahankan design dinding. Sebagai penghormatan, nama Charles Augustin de Coulomb menjadi salah satu dari 72 nama yang ditulis pada Menara Eiffel, Paris.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

Penemu timbangan, riwayat hidup lengkap coulomb, penemuan charles coulumb, penemuan charles coulom, artikel charles coulom, penemu hukum coloumb, nama penemu coulomb, buku yang berjudul hukum coulomb, BIOGRAFI ILMUWAN FISIKA BIDANG KELISTRIKAN, sejarah hukum coulomb

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Biografi Charles Coulumb, Fisikawan Penemu Hukum Coulumb