Home » Serba-Serbi » Biografi » Penemu-Ilmuwan » Tokoh-tokoh Penemu Mesin Jahit
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Tokoh-tokoh Penemu Mesin Jahit

Friday, August 10th 2012. | Penemu-Ilmuwan

Tips Agar Cepat Hamil

Tokoh-tokoh Penemu Mesin JahitCafeBerita.com – Saat anda membutuhkan sebuah baju kemeja untuk acara pernikahan, tentu anda akan pergi kepada seorang penjahit, karena baju buatan penjahit biasanya akan lebih pas dipakai daripada membeli di toko. Seorang penjahit akan mengukur setiap bagian postur tubuh anda agar nantinya baju akan pas dan nyaman dipakai. Saat ini banyak sekali orang-orang yang menyediakan jasa konveksi jahit, mulai dari butik, penjahit rumahan ataupun penjahit keliling, umumnya penjahit keliling hanya melayani jasa jahitan perbaikan pakaian saja, bukan pembuatan.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Ada bermacam-macam mesin jahit yang ada saat ini, diantaranya ialah mesin jahit highspeed, mesin jahit lurus, mesin jahit zigzag, ketiga jenis mesin jahit ini biasanya untuk membuat kemeja, celana dan lain-lain dengan bahan rajutan, kapas, kimia serat, sedangkan mesin jahit obras hanya digunakan untuk overclocking dan overedging pada tepi bahan pakaian, dan mesin bordir yang digunakan untuk melakukan sulaman tanpa menggunakan tangan manual dimana dalam pembuatannya menggunakan pola diatas kain dan hiasan dari bahan benang. Lalu jenis mesin yang lain ialah mesin jahit Overdeck, mesin lubang kancing, dan mesin jahit jarum dua rantai, yang memiliki fungsi masing-masing.

Menurut sejarah penemuan dan pengembangan mesin jahit, ada beberapa tokoh yang turut andil didalamnya. Diawali dari penemuan yang dilakukan oleh Charles Weisenthal, orang Jerman yang menetap di Inggris, dia telah mematenkan jenis jarum yang dirancang untuk sebuah mesin, namun penemuan Charles ini tidak menampilkan rincian mesin yang digunakan untuk jarum tersebut. Penemuan mesin jahit dilanjutkan pada tahun 1790 oleh Thomas Saint, seorang tukang pembuat lemari asal Inggris, dia adalah orang yang pertama kali mematenkan mesin jahit meski tidak diketahui apakah ia benar-benar membuat prototype yang ada saat itu. Mesin temuan Thomas ini dimaksudkan untuk pengerjaan konveksi kulit dan kanvas, ia sangat rinci dalam mematenkan mesin jahitnya.

Akhirnya sempat ada konflik mengenai hak paten diantara para tokoh tokoh penemu mesin jahit, yaitu Balthasar Krems, Thomas Saint, dan Jons Adams serta John Knowles dari Amerika Serikat. Namun penemuan-penemuan mereka banyak yang mengalami kegagalan, seperti mesin yang tidak berfungsi dengan baik maupun mesin yang macet saat digunakan untuk menjahit kain-kain jenis tertentu.

Dan pada akhirnya pada tahun 1830 ditemukan mesin jahit yang dapat berfungsi dengan baik oleh orang Perancis bernama Barthelemy Thimmonier, pria ini lahir di kota Rhone tanggal 19 Agustus 1793, ia memang seorang penjahit dan istrinya turut menjadi penjahit sulaman di kota Saint-Etienne. Setelah penemuan mesin jahit oleh Thimmonier ini, ia bekerja sama dengan perusahaan mesin yang berbasis manufuktur pertama didunia, dalam usahanya ini ia banyak mendapatkan orderan untuk membuat seragam tentara. Mesin jahit buata Thimmonier tersebut hanya menggunakan satu jarum kait dan satu benang atau lebih mirip dengan jarum untuk membordir, sayangnya sebuah bencana terjadi, ia hampir mati setelah dihajar oleh warga dan industri konveksinya dibakar dengan alasan mesin jahit Thimmonier hanya akan menimbulkan banyak pengangguran diantara orang yang sebelumnya bekerja sebagai penjahit manual. Hal ini sama seperti yang dialami oleh Walter Hunt saat ia berhasil merancang sebuah mesin jahit pada tahun 1834, ia tidak mematenkan temuannya dengan alasan akan menimbulkan pengangguran di Amerika.

Dengan alasan keamanan Thimmonier hijrah ke Amplepuis, sembari ia melakukan perbaikan-perbaikan mesin jahitnya. Thimmonier berhasil mengukir prestasi, ia meraih gelar penghargaan dan hadiah pada kontes pameran dunia, ia sangat dipuji oleh pers. Namun sayangnya mesin buatannya tidak kunjung populer dan menyebar dikalangan masyarakat, hingga sang Inovator ini mengalami kebangkrutan dan jatuh miskin. Thimmonier meninggal pada tanggal 5 juli 1857 di Amplepuis.

Setelah pembahasan mesin jahit temuan Barthelemy Thimmonier kini kita beralih pada mesin jahit buatan Elias Howe, dia adalah seorang asal Amerika Serikat yang lahir pada 9 juli 1819. Elias banyak menghabiskan waktunya di sebuah pabrik tekstil di kota Lowell sejak tahun 1835, namun pabrik tersebut ditutup pada tahun 1837 sehingga membuatnya pindah ke Cabridge dan bekerja sebagai montir mesin. Pada tahun 1846 Elias Howe berhasil membuat sebuah rancangan mesin jahit yang lebih baik dari temuan-temuan sebelumnya. Mesin ini menggunakan sejumlah dua benang dari arah berlawanan serta memiliki lubang jarum berlubang untuk digunakan pada benang dibagian ujung dan menggunakan design lockstitch. Pada tahun yang sama Elias mendapat hak paten, tepatnya tanggal 10 September 1846 dengan kode  US patent 4,750, banyak yang memuji Elias karena mesin jahit buatannya adalah yang paling modern.

Elias Howe kemudian mendirikan sebuah perusahaan bernama Howe Machine Company of Bridgeport, yang juga dioperasikan bersama saudara-saudaranya. Dari hasil penjualan dan penghasilannya Elias banyak menyumbangkan uang untuk para relawan Kesatuan Resimen Infantri Angkatan Darat saat terjadinya perang saudara pada 1862. Prestasi lain yang ia dapatkan adalah hadiah medali emas pada sebuah ajang pameran di Paris, serta penganugerahan Legion d’Honneur oleh Napoleon III pada tahun yang sama.  Tanggal 3 Oktober 1867 Elias Howe meninggal dunia dan dimakamkan di Green-wood Brooklyn, New York, saat itu usianya 48 tahun.

Salah satu lawan Elias Howe dalam konflik hak paten mesin jahit adalah Isaac Singer, nama Singer kini dipakai untuk sebuah merk mesin jahit yang banyak digunakan saat ini.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

Ilmuwan yang menemukan mesin jahit pertama kali bernama, nama nama mesin jahit dan dari mana asalnya, Pertama kali penemu mesin obras, penemu mesin jait, penemu mesin jahit bernama, nama tokoh penemu mesin industri, 10 tokoh penemu mesin-mesin industri, mesin jahit di temukan oleh ilmuan, ilmuan yang menemukan mesin jahit pertama kali bernama, Ilmuan yag menemukan mesin jahit pertama kali bernama ?

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Tokoh-tokoh Penemu Mesin Jahit

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya