Home » Serba-Serbi » Biografi » Penemu-Ilmuwan » Tank Tuan Ernest Swington
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Tank Tuan Ernest Swington

Friday, July 20th 2012. | Penemu-Ilmuwan

CafeBerita.com – Pernahkah anda menyaksikan parade militer? Ada banyak peralatan militer yang dipamerkan pastinya, diantaranya adalah Jet tempur, dan kendaraan-kendaraan lapis baja lainnya, termasuk tank. Tank adalah sebuah kendaraan besar untuk bertempur yang bergerak dengan menggunakan roda berbentuk seperti rantai, dan yang menjadi ciri khas Tank adalah bahan pelindungnya yang terbuat dari lapisan baja berat ditambah senjata meriam dibagian depan serta kekuatan mobilitasnya yang luar biasa sehingga membuat Tank dapat bergerak leluasa di segala medan. Pakar kemiliteran dunia banyak yang menyebutkan bahwa Tank merupakan senjata darat tertangguh di dunia dengan kemampuannya yang serba-bisa dan efek keampuhannya menahan serangan artileri.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Tank Tuan Ernest SwingtonNamun dibalik kemampuan Tank yang luar biasa ini, siapakah orang yang mendalangi pembuatan Tank pertama kali di dunia? Berawal dari kebutuhan alat perang pada Perang dunia I untuk memecahkan kebuntuan terhadap sistem perang parit, yaitu perang antara kedua kubu yang bertempur pada posisi bertahan maupun salah satu maju menyerang lawan. Perang parit Inilah yang membuat Angkatan darat Inggris berinovasi menciptakan Tank agar serdadunya dapat menyeberangi parit, merusak pagar kawat berduri sekaligus mementahkan senjata mesin.

Mayor Jenderal Sir Ernest Dunlop Swington, dialah yang sering disebut-sebut sebagai orang yang menemukan Tank, Sir Swington merupakan seorang pengamat militer dan anggota perwira Angkatan Darat Inggris. Pria ini lahir pada tanggal 21 Oktober 1868 di kota Bangalore, India yang saat itu masih menjadi wilayah jajahan Inggris, dan namanya menjadi terkenal setelah ia melakukan terobosan dalam bidang kemiliteran yaitu dengan inovasinya membuat sebuah senjata darat paling ampuh se-dunia. Latar belakang pendidikan ialah di University College School dan berlanjut ke Royal Akademi militer, Woolwich, dan pada tahun 1888 ia diangkat menjadi seorang perwira Angkatan Darat di Korps Royal Engineers. Menjelang perang dunia I dimulai, Swington menjabat sebagai staff periwra sekaligus sebagai Sejarawan resmi tentang perang Rusia dengan Jepang.

Awal ide untuk membuat senjata lapis baja Tank bermula saat ia menerima surat dari temannya Insinyur Hugh Merriot yang bertugas di Afrika Selatan, sang Insinyur mengusulkan untuk membawa traktor baja yang diperkirakan akan sangat berguna dalam peperangan. Percobaan pertama yang dilakukan Inggris adalah membuat sebuah traktor Holt, sayangnya traktor tersebut kurang memuaskan karena tidak sekuat traktor Foster-Daimler yang memiliki kekuatan tenaga kuda 105 (78 KW) dan hanya memiliki kekuatan 75 (56 KW) , kemudian Swington melihat traktor Holt dan berpikir untuk mengembangkan agar mampu digunakan bagi artileri, menurut Swington traktor Holt mampu mengangkut beban berat diatas permukaan tanah yang tidak rata (itulah mengapa Tank sangat berguna dalam Perang parit). Kata Tank sendiri muncul pertama kali diantara para pekerja-pekerja di pabrik pembuatan senjata lapis baja di Inggris. Hasilnya Tank Prototipe yang pertama diuji oleh satuan Angkatan Darat Inggris pada tanggal 6 September 1915, setelah keberhasilan uji coba pertama Kapten H.W. Martimore langsung membawa Tank di medan perang pada pertempuran Somme tanggal 15 September 1916, nama Tank tersebut adalah Tank Mark I.

Setelah melihat kehebatan kendaraan lapis baja ini, Perancis membuat langkah yang sama dengan Inggris yaitu membuat Tank Schneider CA1 yang merupakan pengembangan dari traktor Holt Caterpillar. Inilah yang membuat banyak Negara menggunakan Tank secara besar-besaran yaitu saat pertempuran Cambrai pada tanggal 21 November 1917, pada perang Cambrai Inggris berhasil menggempur garis Hindenburg, Jerman, meski saat itu ada sekitar 179 Tank rusak parah. Atas kepentingan militer pada perang dunia I Tank terus mengalami perkembangan dan hasilnya ialah Tank Mark V yang dibuat sangat panjang agar memungkinkan melewati parit yang luas , kemudian Tank Panzer yang merupakan Tank jenis ringan dan digunakan oleh militer Jerman serta Tank T-34 buatan Uni Soviet. Pada umumnya mesin yang dipakai Tank ialah mesin Diesel yang merupakan rancangan dari Rudolf Diesel, karena Diesel yang tidak mudah terbakar walaupun dalam suhu panas yang tinggi. Namun kelemahannya ialah sulitnya mesin Diesel dinyalakan dan suaranya yang keras serta asap tebal sehingga sulit untuk penyerangan secara diam-diam.

Setelah Perang dunia I usai, tahun 1919 Sir Swington menyatakan pensiun dari kemiliteran, saat itu ia sudah menjabat sebagai Mayor Jenderal dan kemudian ia bekerja di Departemen penerbangan sipil dan menjabat sebagai Dosen sejarah kemiliteran di Universitas Oxford . Tanggal 15 Januari 1951 Sir Swington meninggal dunia, saat itu usianya adalah 83 tahun, saat ini ia sering disebut-sebut sebagai penemu Tank dan jasa-jasanya banyak membuat kemajuan dalam bidang kemiliteran. Salah satu kata-kata Sir Ernest Dulon Swington adalah “No-mans Land”.


Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Tank Tuan Ernest Swington

Grosir Online Murah