Home » Serba-Serbi » Biografi » Penemu-Ilmuwan » Michael Faraday Penemu Listrik Dan Dinamo
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Michael Faraday Penemu Listrik Dan Dinamo

Friday, July 20th 2012. | Penemu-Ilmuwan

Grosir Balmut Sprei Murah

CafeBerita.com – Apa jadinya jika di rumah anda tidak ada lampu? Tentu yang terjadi adalah kegelapan di malam hari. Hampir seluruh rumah saat ini pasti memiliki lampu dan alat-alat elektronik yang kesemuannya itu menggunakan daya listrik, Listrik memang sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi kehidupan manusia modern. listrik sendiri adalah merupakan energi yang tersimpan dalam bentuk magnet , kimia dan muatan elektron, daya listrik dapat mengalir melalui rangkaian hambatan listrik yang menimbulkan kerja.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Michael Faraday Penemu Listrik Dan Dinamo
Ada banyak sekali tokoh-tokoh ilmuwan yang turut menyumbang penemuannya mengenai kelistrikan, diantaranya adalah Andre Marie Ampere, Alessandro Volta, Charles de Coloumb dan lain-lain. Namun siapakah yang pertama kali merintis dan yang meneliti kelistrikan dan daya magnet? Michael Faraday, Ya, dialah yang sering di sebut-sebut sebagai “Bapak Listrik”. Berkat usaha dan eksperimennya , listrik menjadi sesuatu yang sangat berguna untuk teknologi dan perkembangan peradaban manusia. Pria ini lahir di Newington Butts, Inggris pada tanggal 22 September 1791, dia berasal dari sebuah keluarga yang miskin, ayahnya hanyalah seorang pandai besi dan faraday kecil membantu perekonomian keluarganya dengan bekerja sebagai penjilid buku. Dari pekerjaannya inilah Faraday memperoleh banyak pengetahuan tentang ilmu pengetahuan, fisika dan kimia karena Ia sering membaca buku-buku di sela-sela waktu bekerja.

Faraday memang sudah terlihat ketertarikannya dengan dunia fisika dan kimia, saat-saat usia remaja ia seringkali mengikuti seminar-seminar dan kuliah umum bidang kimia, dan salah satunya adalah seminar yang di adakan oleh seorang Dosen ahli Kimia yang menjabat sebagai kepala Laboratorium Royal Institution Sir Humphy Davy. Dengan teliti Faraday menyimak apa yang di ucapkan oleh Sir Davy dan kemudian ia mengirimkan berkas lamaran kepada sang dosen, Sir Davy pun menerimanya sebagai asistennya, kala itu Faraday menginjak usia 21. Awalnya Faraday hanya di tugaskan untuk mencuci botol dan gelas yang ada di ruang laborat, namun ia juga seringkali melakukan eksperimen-eksperimennya sendiri, dan hasilnya ialah ia menemukan ada dua senyawa klorokarbon serta berhasil mencairkan gas klorin.

Faraday mengembangkan penelitian yang di lakukan oleh Hans Oersted tentang jarum magnet pada kompas dapat beringsut jika arus listrik di alirkan dengan kawat yang berjarak dekat, dari penelitian inilah Faraday berpendapat bahwa jika magnet di ketatkan maka terjadi pergerakan pada kawatnya yang akhirnya membuatnya berhasil membuat skema di mana kawat akan terus berputar berdekatan dengan magnet di saat arus listrik di alirkan melalui kawat. Walaupun pada awal penemuannya masih sangat sederhana bentuknya namun dari penemuan Faraday inilah yang menjadi cikal bakal motor listrik yang saat ini banyak di gunakan. Penelitiannya dalam bidang kelistrikan di barengi dengan kepercayaan bahwa energy listrik merupakan kekuatan alam seperti cahaya, panas, kecenderungan kimia dan magnet.

Pendapat Faraday mengenai konsep garis gaya pada suatu percobaan elektromagnetik sempat di bantah oleh banyak ilmuwan-ilmuwan dan ahli-ahli fisika saat itu, karena dianggapnya bahwa muatan listrik yang tarik menarik dan tolak menolak satu sama lain hanya di pengaruhi oleh jarak sehingga garis gaya menjadi tidak penting. Namun tidak semua para ilmuwan membantah teori yang di kemukakan Faraday, salah satunya ialah James Clerk Maxwell seorang ahli fisika yang setuju tentang pendapat nya.

Pada tahun 1831 dalam eksperimennya Faraday kembali menemukan hal baru, yaitu tentang magnet yang di lalui kawat maka arus listrik akan mengalir dengan sendirinya sedangkan magnet akan bergerak. Inilah yang di sebut dengan “pengaruh elektromagnetik” dari sinilah di kenal dengan “hukum Faraday” yang berhubungan dengan pengertian teoteris tentang elektromagnetik. Elektromagnetik ini dapat di gunakan sebagai alat penggerak secara terus-menerus yang akhirnya di kembangkan menjadi dynamo listrik.

Tak berhenti di situ saja, Faraday masih terus melakukan penelitiannya dan menemukan hal baru, kali ini ialah penemuan tentang intensitas medan magnet yang bisa memutar bidang cahaya yang terpolarisasi, dari inilah di kenal dengan nama “efek Faraday”. Penemuannya ini sering di gunakan untuk menentukan sebuah struktur molekul serta memberi statistik medan magnet galaksi. Ada banyak sekali sumbangsih Michael Faraday dalam bidang kelistrikan dan elektromagnetik, penemuan-penemuannya yang lain diantaranya adalah Transformer listrik dan hukum induksi pada tahun 1831.

Michael Faraday di kenal sebagai ilmuwan dengan metode belajar autodidak, dan seorang yang sederhana, bahkan karena kesederhanaannya dia menolak di beri gelar bangsawan dan menjadi ketua British Royal Society. Di masa tuanya kesehatan Faraday semakin memburuk, inilah yang membuatnya berhenti meneliti dan pada tahun 1867 ia meninggal dunia, saat itu usianya adalah 75 tahun. Namun sebelum meninggal ia sempat membukukan tentang penelitiannya yang di buat dalam tarikh Experimental Researches in Chemistry & Physics pada tahun 1858. Sejak penemuan besarnya Faraday selalu menjadi buah bibir bagi banyak orang dan karyanya menjadi sangat berguna bagi peradaban dan perkembangan manusia.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

penemu listrik, biodata penemu dianomo, penemu listrik pertama kali di dunia, foto ilmuwan penemu listrik, Michael Faraday lampu 1858, michael faraday dan penemuannya, penemu listrik pertama di dunia michael faraday, penemuan michael faraday, siapakah nama orang penemu lampu?, tokoh penemu listrik

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Michael Faraday Penemu Listrik Dan Dinamo