Home » Pengembangan Diri » 7 Langkah Kreatif Memecahkan Masalah
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

7 Langkah Kreatif Memecahkan Masalah

Sunday, April 22nd 2012. | Pengembangan Diri

Tips Agar Cepat Hamil

memecahkan masalah secara kreatifPernahkah anda merasa berada dalam sebuah masalah yang seakan tidak ada jalan keluarnya ? Semua alternatif seperti tertutup dan akhirnya hanya kebuntuan yang ada didepan mata. Berbagai cara telah anda lakukan, tapi tetap sama hasilnya, menabrak dinding yang tebal. Buntu. Mentok. Tak ada jalan keluar.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Saat anda berada dalam kondisi seperti ini, apakah hal terbaik yang bisa anda lakukan ? Mundur beberapa langkah, tarik nafas perlahan dan selalu ingat bahwa harapan masih dan akan tetap ada selama kita mau berusaha.

Jika anda mampu mempertahankan api kecil dalam pikiran anda yang bernama harapan, niscaya ujung dari setiap problema akan kita temukan.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah JANGAN MENUTUP MATA atas segala kemungkinan. Seribu jalan yang terhampar didepan mata takkan terlihat jika anda menutup mata. Bukalah mata hati dan pikiran. Itulah langkah pertama menuju berfikir kreatif.

Setelah itu silakan baca beberapa poin tentang berpikir kreatif dibawah ini :

  1. Pahami masalah secara konkrit hingga ke akarnya. Buatlah daftar atau catatan mengenai hal apa saja yang berada didalam permasalahan, adakah hubungan diantara hal-hal tersebut. Dengan memahami masalah secara utuh, berarti kita telah siap untuk memecahkannya.
  2. Buatlah daftar asumsi dan kendala yang mungkin dalam upaya memecahkan masalah tersebut. Sortir mana yang masih mungkin, mana yang tidak mungkin dilakukan.
  3. Cobalah pecahkan masalah secara bertahap, dimulai dari yang umum hingga ke hal yang lebih khusus dan spesifik. Pendekatan ini biasa dikenal dengan istilah top-down.
  4. Berfikir kritis perlu, akan tetapi berpikir kreatif lebih bermanfaat dalam situasi seperti ini. Jika anda mendengar pendapat orang lain, pikirkan lah bagaimana agar pendapat itu bisa direalisasikan dalam memecahkan masalah yang anda hadapi. Carilah celah sekecil apapun yang bisa anda gunakan untuk problema anda.
  5. Ingatlah bahwa solusi dari suatu problema tidak hanya satu, ada banyak solusi untuk satu masalah.
  6. Dua kepala lebih baik dari satu; bersikaplah selalu terbuka untuk pendapat, opini, masukan dari orang lain. Pendapat orang selalu berharga. Apalagi dari mereka yang pernah mengalami problema yang sama seperti yang sedang anda hadapi.
  7. Bersabar, waktu dan kesabaran adalah hal terbaik yang dapat anda lakukan. Bersabar bukan berarti menunggu diam, melainkan menanti sambil tetap berkreasi.

Masalah adalah ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan. Berbahagialah jika anda masih memiliki masalah, itu artinya anda masih punya harapan. Dengan membiasakan enam langkah diatas, apapun masalah yang anda hadapi mudah-mudahan tidak lagi menjadi beban, melainkan tantangan untuk menjadi insan yang lebih berkualitas !

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 7 Langkah Kreatif Memecahkan Masalah

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya