Home » Otomotif » Tips Perawatan » Cara Merawat Radiator Mobil
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Cara Merawat Radiator Mobil

Saturday, July 28th 2012. | Tips Perawatan

CafeBerita.com – Pernahkah anda menonton film barat, dimana ada adegan mobil mogok dan saat kap mesin dibuka asap putih menyembul keluar dengan hebatnya? Ya, itu adalah adegan dimana air radiator menguap dan mobil over heat. Banyak orang yang kurang perhatian terhadap perawatan radiator mobil padahal fungsinya cukup penting lho. Fungsi utama radiator adalah pengaturan suhu mesin mobil anda. Didalam radiator terdapat air yang berkerja dalam water cooling system yang berguna untuk mendinginkan mesin. Radiator motor yang tidak dirawat rawan berkerak dan karat. Selain itu kotoran dapat terendap. Hal ini akan menyebabkan mesin susah distarter, sering mengalami overheat dan jika sudah parah, radiator bisa bocor. Jika radiator bocor, selain kehilangan fungsinya, air dalam radiator bisa masuk ke bagian pelumasan dan merubah warna oli menjadi putih susu. Berikut adalah tips-tips merawat radiator mobil .
Tips Merawat Radiator Mobil


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Idealnya, air radiator harus dikuras tiap akhir minggu. Namun ini hanya berlaku pada mobil dengan tingkat mobilitas tinggi. Untuk menguras air radiator lakukan langkah berikut. Pertama, panaskan mesin selama 10 menit lalu matikan mesin. Selanjutnya, buka lubang pembuangan dan biarkan air terbuang sempurna.Setelah keluar semua, alirkan lagi air bersih melalui selang supaya kotoran / kerak yang tersisa hanyut. Setelah dirasa bersih, tutup lubang pembuangan dan masukan air bersih lalu tutup radiator. Panaskan lagi selama 5 menit dan selesai. Alternatif lain adalah dengan menggunakan radiator flush(sebuah cairan kimia pekat untuk mengangkat kotoran dan kerak) yang bisa dibeli ditoko aksesoris mobil. Caranya, campurkan radiator flush dengan air radiator saat mesin dingin. Lalu panaskan mobil kurang lebih 10 menit dan matikan. Buka lubang pembuangan dan biarkan air campuran tadi keluar sempurna. Lalu alirkan air lagi untuk menjamin kotoran bersih dan sisa bahan kimia keluar sempurna. Tutup lubang pembuangan, isi dengan air bersih, panaskan 5 menit. Namun, pemakaiaan bahan kimia ini jangan terlalu sering, karena memiliki tingkat keasaman cukup tinggi. Pemanasan ini cukup penting karena akan memutar air dan menyesuaikan suhu air. Jika ingin lebih awet lagi, campurkan cairan radiator coolant dalam air radiator untuk membuat suhu mudah dingin, dan radiator tidak mudah panas.

Selain perawatan air radiator, rumah tawon didepan radiator juga perlu diperhatikan. Idealnya, cara perawatan radiator mobil ini dilakukan setahun sekali. Lepaskan sarang tawon radiator. Bersihkan kepala radiator dengn air bersih. Bersihkan juga selang pada sarang tawon dengan plat baja tipis dengan cara menyodok-nyodoknya. Setelah bersih, bersihkan dengan air atau alat steam(jika ada). Pastikan tutup radiator dan juga selang yang ada tidak retak atau pecah. Pasang tutup radiator dengan sempurna. Selamat mencoba tips diatas.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

perawatan mobil, cara merawat radiator mobil bahan alumunium, cara guna radiator cleaner, merawat radiator, gambaran radiator mobil dan fungsinya, fungsi radiator flush, cara membersihkan radiator mobil, cara memasarkan radiator ke mana saja, cara kerja dan fungsi radiator flush, perawatan radiator mobil

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Cara Merawat Radiator Mobil

Grosir Online Murah