Home » Otomotif » Tips Perawatan » Memahami dan Merawat Kopling Mobil
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Memahami dan Merawat Kopling Mobil

Thursday, July 26th 2012. | Tips Perawatan

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Pada mobil-mobil manual, kopling menjadi elemen penting bagi sistem mobil. Fungsi kopling secara umum adalah sebagai fasilitas pemindah antar gigi. Koplinglah yang menghubungkan antara perputaran mesin dengan sisi transmisi saat mobil bergerak. Beberapa pemilik mobil yang awam dan kurang pemahaman pada elemen ini menyebabkan kopling menjadi kurang terawat. Hal ini memicu beberapa masalah yang sering muncul pada kopling.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Memahami dan Merawat Kopling Mobil
Masalah umum yang terjadi pada kopling adalah kopling yang mengalami selip. Hal ini membuat mobil kurang responsif , tarikan terasa berat atau perpindahan gigi yang kasar dan berakibat pada pemborosan bahan bakar. Karena kopling yang selip menghambat penyaluran tenaga dari mesin ke transmisi. Selanjutnya adalah kopling yang lengket. Kopling lengket terjadi karena ada kotoran yang menumpuk pada area kopling seperti lumpur atau air yang berkorosi. Efek dari kopling lengket adalah tuas perseneleng yang macet atau bahkan tidak bisa dipindahkan. Masalah lainnya adalah kopling jeblos. Kopling jeblos / blong adalah kondisi dimana piringan kopling dengan mesin tidak tersambung sempurna bahkan terpisah.

Beberapa masalah diatas sering timbul dari penggunaan kopling yang salah oleh pengendaranya. Misalnya saja adalah kebiasaan memposisikan kaki diatas pedal kopling sepanjang perjalanan. Hal ini akan menyebabkan aus-nya piringan kopling dan release bearing. Kebiasaan lainnya adalah penggunaan setengah kopling pada kondisi berhenti di tanjakan (antri keluar dari parkiran basement. Hal ini ditandai denga bergetarnya mesin. Kebiasaan ini menyebabkan karet penahan mesin mudah rusak . Pada kondisi diatas alangkah bijaknya jika menggunakan rem tangan. Kebiasaan yang sering dilakukan pemula adalah cara menginjak dan melepas kopling yang kasar. Padahal kebiasaan ini akan mengganggu hubungan antara roda gila dengan piringan kopling.

Perawatan rutin juga harus kita lakukan. Pemilihan dan perawatan oli transmisi adalah langkah awal merawat kopling. Pilihlah oli sesuai jenis transmisi anda (matic atau manual). Untuk mobil bertransmisi matic biasanya penggantian oli transmisi dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin, yaitu sekitar jarak tempuh 5.000 km. Sedang setiap 20.000 km kami sarankan untuk menguras dan ganti oli transmisi disertai dengan pengantian filternya. Hal ini untuk mengeluarkan kotoran yang ditimbulkan dari gesekan kampas kopling. Pergantian ini berlaku untuk kedua jenis transmisi. Pergantian piringan kopling juga perlu diperhatikan. Dalam kondisi wajar, piringan dapat  digunakan sejauh 100.000 km. Selalu cek kondisi piringan saat servis rutin untuk  mengetahui kelayakan piringan. Jika sudah aus segera ganti.  Terakhir yang paling penting adalah perbaikan kebiasaan dan cara memperlakukan kopling. Jika perlakuan dan teknik menginjak kopling benar rasanya umur kopling juga bisa bertahan lama. Selamat mencoba

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

kopling mobil, cara mengetahui kanvas kopling mobil matic aus, Tips merawat dan mengawetkan kopling mibil, servis mobil tarikan berat, permasalahan koupling mobil kurang respon, perawatan kopling pada mobil, perawatan kampas kopling mobil, oli kopling dan persenelang pada mobil, menginjak kopling mobil, masalah pada kopling mobil

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Memahami dan Merawat Kopling Mobil

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya