Home » Otomotif » Tips Perawatan » Tips Perawatan Motor Injeksi
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Tips Perawatan Motor Injeksi

Wednesday, July 25th 2012. | Tips Perawatan

Tips Perawatan Motor InjeksiCafeBerita.com – Munculnya beberapa motor-motor bersistem injeksi pabrikan Honda atau Yamaha semakin memperkaya varian motor di Indonesia. Namun sistem yang tergolong baru ini belum bisa dipelajari secara luas. Bahkan sistem ini bisa dikontrol melalui sistem komputer. Karena ekslusifitas-nya inilah, banyak pendapat mengatakan bahwa perawatan motor Injeksi lebih mahal dari motor karbu biasanya. Beberapa produsen mengklaim jika perawatan motor injeksi jauh lebih murah daripada motor berkarbu pada umumnya jika dilakukan dengan tepat dan pada bengkel yang benar. Motor injeksi adalah motor berteknologi terbaru yang memiliki sistem injeksi dengan kontrol elektrik sebagai penghidup mesin, dan pengkabutan bahan bakar kedalam mesin. Karena teknologi baru inilah, perawatannya cukup berbeda dari motor biasa. . Berikut adalah tips perawatan motor injeksi.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Inti dari sistem injeksi adalah tentang bagaimana manajemen injeksi bahan bakar ke mesin agar terbakar sempurna yang diatur dari piranti Electronic Control Unit(ECU). Nah, selain sistem cangih diatas, komponen pendukungnya juga harus diberi perawatan. Pertama adalah periksa selang bahan bakar. Pastikan selang bahan bakar tidak kotor atau terendap kotoran. Pastikan pula selang tidak bocor. Hal ini harus diperiksa setiap 2.000 km. Selanjutnya, cek pompa bahan bakar. Untuk mendeteksi komponen ini sederhana. Bawa motor keruangan yang sepi dan nyalakan motor. Dengarkan dengan seksama pada tangki bahan bakar apakah ada suara mendesing. Jika ada, berarti tandanya tangki harus dikuras dan dibersihkan. Biasanya hal ini dilakukan tiap 50.000 km sekali.

Langkah selanjutnya adalah periksa klep injektor. Secara sistemik, tekanan dan tempo klep injektor diatur ECU namun ada kalanya posisi klep bergeser karena faktor luar. Tidak ada salahnya kita memeriksa dan memposisikan klep injektor pada posisi yang pas. Tidak rapat dan tidak terlalu renggang juga. Posisi klep injektor menentukan ke idealan semprotan kabut bahan bakar kedalam mesin. Jika tidak pas, maka pembakaran tidak sempurna dan mesin menjadi kurang tenaga bahkan bisa boros. Selanjutnya, periksa filter udara dan busi. Sebagai “pemantik” ruang pembakaran, pastikan jarak sumbu dan kutub busi ideal. Sedang filter udara harus dibersihkan dari kotoran yang mengendap. Udara juga dibutuhkan untuk pembakaran, jika tertutup kotoran udara yang masuk tidak maksimal. Periksa juga bagian Injektor.

Langkah selanjutnya adalah cek aki motor anda. Karena menggunakan ECU sebagai penghidup motor dan pengatur sistem ECU, beban listrik menjadi lebih dari motor biasa. Pastikan aki anda selalu Fit. Lalu pilihlah bahan bakar yang bagus, misal Pertamax. Bahan bakar yang tidak sesuai standar pabrik akan mengganggu sistem injeksi. Terakhir, selalu servis di bengkel resmi yang memiliki sistem komputer untuk pemeriksaan ECU dan memiliki tenaga ahli yang paham untuk memeriksa kondisi injector.Semoga Tips singkat perawatan motor injeksi ini bisa menambah pengetahuan anda

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

tips merawat motor injeksi, perawatan motor injeksi, perawatan motor beat injeksi, perawatan motor baru, honda beat injeksi perawatan, Ecu motor injeksi, ecu injeksi motor, cara perawatan motor injection, cara perawatan motor beat injection, cara merawat motor injeksi

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Tips Perawatan Motor Injeksi

Grosir Online Murah