Home » Otomotif » Tips Perawatan » Tips Memperbaiki Aki (Basah) Motor yang Soak
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Tips Memperbaiki Aki (Basah) Motor yang Soak

Monday, June 25th 2012. | Tips Perawatan

Grosir Balmut Sprei Murah

Tips Memperbaiki Aki (Basah) Motor yang SoakCafeBerita.com – Aki adalah elemen penting dalam motor atau mobil yang bertugas mensuplai daya listrik satu arah untuk menyalakan instrumen-instrumennya. Namun aki juga menjadi sangat rapuh jika tidak dirawat dan diberi perhatian khusus. Terkadang aki benar-benar terlihat sudah rusak padahal belum tentu sepenuhnya rusak. Bisa jadi hanya kehabisan air aki atau kehabisan setrum. Kali ini kami akan bahas bagaimana memperbaiki aki (basah)motor yang soak.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Sebelumnya kami ingin menyampaikan bahwa tips ini tidak akan sepenuhnya berhasil tergantung dari kondisi dan kerusakan aki anda. Jika aki anda masih bagus, elemennya tidak rusak dan tidak bisa menyimpan listrik maka mungkin tips ini akan membantu. Ciri aki yang tidak bisa menyimpan listrik misalnya lampu rem dan lampu utama menyala redup atau tidak menyala. Klakson tidak berbunyi. Jika sudah begini maka anda tidak perlu lagi mencoba menyalakan motor dengan elektrik starter karena sia-sia. Nah, inilah langkah-langkah untuk mencoba memperbaikinya.

Bahan yang dibutuhkan adalah air panas, alat pelindung tangan dan aki Zuur. Setelah semua siap, langkah pertama adalah buka semua tutup aki. Setelah semua tutup terbuka, carilah tempat yang aman dan buang air di dalam aki secara perlahan dan hati-hati. Inilah fungsi pelindung tangan karena meskipun tidak merusak kulit seperti air keras, namun jika terkena tangan akan menimbulkan rasa gatal yang lumayan. Bahkan berbahaya jika terkena luka terbuka. Setelah semua air didalam aki habis, siapkan air panas. Masukan air panas sampai setengahnya, lalu kembali tutup semua lubang. Kocok-kocok aki. Anda akan melihat air menjadi hitam. Hal ini menandakan kotoran hasil reaksi dalam aki terangkat oleh air panas. Selain itu, air panas juga bisa menyegarkan elemen aki. Setelah dirasa cukup kotor, buka dan buang air tersebut. Lakukan hingga air didalam dirasa cukup bersih tanpa kotoran menumpuk di dasar aki.

Setelah aki dirasa cukup bersih anda bisa masukan aki Zuur yang telah disediakan. Perbedaan dengan air aki biasa adalah aki Zuur adalah campuran antara air murni dengan sulfat(H2SO4). Nah, jika anda ingin mengisi air aki yang kurang, isilah dengan air aki atau air suling bukan air aki Zuur. Karena aki Zuur hanya digunakan pada aki yang baru(pengisian aki kosong). Nah, hal yang sama juga kita gunakan pada tips ini. Setelah mengisi aki Zuur pastikan tidak kurang dan tidak lebih dari ambang yang ada pada indikator aki. Pasang aki anda kembali. Jangan langsung digunakan, melainkan diamkan atau nyalakan motor dan berkelilinglah kompleks perumahan anda. Hal ini untuk mengisi listrik dulu kedalam aki. Jika setelah tips diatas aki masih saja rusak, berarti komponen dan elemen aki sudah rusak, anda harus menggantinya dengan yang baru. Selamat mencoba.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

aki kehabisan air, aki basah motor, kehabisan air aki, aki basah kehabisan air, cara perawatan aki basah, ciri aki basah rusak, cara perbaiki aki mobil yang kehabisan air, ciri2 aki soak motor, batre motor air habis, Cara penanganan aki yg kehabisan air

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Tips Memperbaiki Aki (Basah) Motor yang Soak