Home » Otomotif » Tips Perawatan » Cara Merawat Aki Basah Pada Motor
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Cara Merawat Aki Basah Pada Motor

Wednesday, June 6th 2012. | Tips Perawatan

Tips Agar Cepat Hamil

Aki BasahCafeBerita.com – Motor memerlukan daya listrik satu arah untuk mengoperasikan beberapa instrumen yang dimilikinya. Instrumen itu misalnya electric starter, lampu indikator, klakson dan lampu utama. Sumber daya listrik itu biasa kita sebut Aki Motor. Namun beberapa pemilik sepeda motor kurang memperhatikan hal ini. Tiba-tiba saja pada suatu hari electric starter mereka tidak berfungsi atau klakson yang tak berbunyi lagi. Saat itulah diketahui kondisi aki yang tidak terawat. Perawatan rutin pada aki motor dapat memperpanjang usia dan fungsi aki tersebut.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Perlu diketahui bahwa aki motor juga terbagi menjadi 2 macam, yaitu aki kering dan aki basah. Masing-masing aki memiliki teknik perawatan yang berbeda. Dalam tulisan ini saya akan mencoba mengulas bagaimana cara merawat aki motor,terutama aki basah.

Aki basah mengandung cairan aki dan elemen didalamnya. Nah cara pertama yang harus diperhatikan adalah kuantitas cairan aki dalam aki itu sendiri. Aki memiliki sebuah indikator cairan aki berupa dua macam garis, ambang atas dan ambang bawah. Nah, cairan aki harus berada dalam kisaran antara ambang atas dan bawah. Tidak boleh lebih apalagi kurang. Periksalah kondisi ini minimal 2 bulan sekali. Jika dirasa kurang anda bisa menambahkan air aki secukupnya. Selanjutnya adalah cek cara pemasangan kabel dari instrumen ke aki. Pemasangan yang tidak benar atau tidak pas akan membuang daya listrik secara percuma. Cara merawat aki selanjutnya adalah dahulukan menggunakan kick starter sebelum electric starter saat menghidupkan mesin motor yang masih dingin (mati lebih dari 8 jam). Hal ini selain untuk membuat aki menjadi awet,dan dapat menghemat penggunaan aki. Tidak jarang, dalam keadaan dingin, penggunaan electric starter tidak selalu lancar dan jika dipaksakan akan menguras daya listrik dari aki.

Meskipun dalam beberapa kasus khusus, instrumen-instrumen motor masih berfungsi meskipun aki motor tidak ada daya, namun alangkah mudahnya bila aki motor kita rawat dengan baik demi kenyamanan berkendara. Jika dirawat dengan baik dan telaten, aki motor basah bisa bertahan hingga 2 sampai 4 tahun. Selamat mencoba.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

cara merawat aki basah, cara memperbaiki aki basah, aki motor terbaik, cara servis aki basah, Cara menguras battery basah pada sepeda motor, servis aki basah, cara menguras aki motor yang benar, cara menguras aki motor, perawatan aki basah, PEMELIHARAAN BATERAI MOTOR

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Cara Merawat Aki Basah Pada Motor

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya